Ramadan Ini, Ternate Gelar Festival Ramadan Ma Parada 2018

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 22 Mei 2018 - 10:15 WIB

Masjid Kesultanan Ternate di Kawasan Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Soa Sio, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. (Foto: galeriwisata.wordpress.com)
Masjid Kesultanan Ternate di Kawasan Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Soa Sio, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. (Foto: galeriwisata.wordpress.com)

INDUSTRY.co.id, Ternate - Menyambut bulan suci Ramadan, Ternate menggelar Festival Ramadan Ma Parada 2018 pada minggu, (20/5/2018). Digelar di kawasan Jembatan Dodoku Ali, wilayah Soa-Sio, Kota Ternate Tengah, Maluku Tengah (Malut) kegiatan ini akan berlangsung hingga menjelang malam Lailatul Qadar.

"Festival ini untuk menyambut Ramadan juga melestarikan kearifan lokal. Dengan penyelenggaraan Festival Ramadan Ma Parada 2018 ini, diharapkan suasana Ramadan semakin meriah di Ternate. Festival ini juga jadi bagian dari wisata religi," kata tua Panitia Festival Ramadan Ma Parada 2018 Farida Abbas,dikutip dari facebook Kemenpar, Selasa (22/5/2018).

Festival ini dimeriahkan oleh berabagai kegiatan seperti lomba busana muslim, lomba kaligrafi, cita rasa moloku kie raha, Tarian Smrah, Kasidah, hingga Gendang Sahur hingga fotografi.

“Ada juga lomba Da’i Cilik di sini. Kami ingin member ruang tumbuh bagi talenta anak-anak Ternate yang luar biasa. Khusus lomba Fotografi, peserta harus memotret nuansa Ramadan di Malut. Foto-foto itu harus di posting pada media sosial. Nantinya foto juara dilihat dari respon di media sosial,” tambahnya.

Tema yang dipilih adalah ‘Cahaya Untuk Semua’ ini, tak hanya perlombaan saja yang dilakukan tetapi juga mengajak buka bersama dengan seribu anak yatim dan kaum duafa.

Secara umum, rangkaian agendanya panjang. Berbagai latar belakang dilibatkan. Kalau melihat respons wisatawan, festival ini bisa menjadi agenda tahunan. Kami akan terus dorong ke sana. Tujuannya tentu agar jumlah kunjungn wisatawan ke Ternate terus naik,” jelasnya.

Usai Festival Ramadan Ma Parada 2018, Ternate sudah menyiapkan Festival Kemerdekaan yang digelar 18 Agustus.

“Menggelar event-event besar sepanjang tahun menjadi komitmen kami untuk memajukan pariwisata Ternate. Kami juga harus membuka peluang beragam prodak di sini mendapatkan promosi yang cukup. Dengan begitu, ada banyak lini bisnis di Ternate yang bergerak,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…