Kementerian PU PR Hibahkan Rusunawa Kepada ITS

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 22 Mei 2018 - 07:41 WIB

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI menghibahkan pembangunan rumah susun sewa (rusunawa) untuk asrama mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya (Foto: Humas ITS)
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI menghibahkan pembangunan rumah susun sewa (rusunawa) untuk asrama mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya (Foto: Humas ITS)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI menghibahkan pembangunan rumah susun sewa (rusunawa) untuk asrama mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Peletakan batu pertama rusunawa itu sendiri dilakukan pada Senin (21/5/2018).

Ridwan Dibya Sudartha SE, Kepala Satuan Kerja (Kasatker) dari Satker Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Timur mengatakan, pembangunan rusunawa yang berupa asrama mahasiswa ITS ini merupakan program yang ketiga mereka tangani. “Ini setelah proyek di Pemda Kediri dan STIKIP Tulungagung,” ujarnya.

Ridwan menjelaskan bahwa bantuan ini diberikan langsung oleh Kementerian PUPR kepada ITS melalui SNVT. “Dalam proyek ini PT Mitra Utama Jasa akan menjadi kontraktornya dan PT Ciriajasa akan menjadi konsultan teknik dan manajemennya,” terang Ridwan lagi.

Direncanakan dalam pembangunannya nanti, menurut Ridwan, rusun ini mampu dihuni hingga 200 mahasiswa dengan tinggi bangunan terdiri dari empat lantai. “Kami juga melengkapi instalasi listrik, air, dan memberikan furnitur kamar juga seperti lemari, meja belajar dan tempat tidur,” ungkapnya.

Sehingga, lanjut Ridwan, diharapkan ketika bangunan asrama mahasiswa hasil hibah Kementerian PUPR ini telah selesai dikerjakan, mahasiswa bisa langsung menempatinya tanpa memikirkan furnitur, listrik dan air. “Mahasiswa nanti tinggal membawa koper saja dan bisa langsung menempatinya,” katanya.

Proyek yang menelan anggaran Rp 8,9 miliar ini ditargetkan akan rampung pada bulan November 2018 mendatang.  “Semoga proyek ini akan selesai tepat waktu, untuk itu kami meminta kerjasama dari pihak ITS untuk mengurus dan mempermudah urusan administrasi seperti IMB (izin mendirikan bangunan, red) misalnya,” tutur Ridwan.

Sementara itu, Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD mengatakan, sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Kementerian PUPR ini. Pasalnya, selama ia menjabat sebagai Rektor ITS selama tiga tahun terakhir baru kali ini pihak ITS menerima bantuan langsung dari pemerintah. “Bantuan ini seperti oase dalam padang pasir. Alhamdulillah atas berkah-Nya di bulan Ramadan ini menggerakan kementerian untuk memberikan program ini kepada ITS,” ungkap Joni bersyukur.

Saat ini, ITS telah memiliki delapan tower asrama mahasiswa dengan kapasitas tampung 1.200 orang. Sedangkan saat ini yang sedang dalam taraf pembangunan ada dua gedung yaitu asrama mahasiswa dalam program hibah alumni Teknik Sipil dan hibah dari Kementerian PUPR ini. Masing-masing gedung ini nantinya akan berkapasitas 200 orang.

“Jadi jika keduanya sudah jadi nanti, maka ITS akan memiliki asrama mahasiswa dengan daya tampung total 1.600 orang,” jelas Guru Besar Teknik Lingkungan ITS ini.

Joni juga menjelaskan bahwa ITS akan kooperatif dalam menjalankan proyek ini bersama SNVT. “Kami akan dampingi untuk urusan K3, pengawasan dan urusan adminstrasinya, mudah-mudahan lancar semua. Karena Walikota Surabaya juga lulusan ITS, pasti lancar semoga,” ujarnya dengan sedikit candaan.

Ia juga menjelaskan, ITS tidak akan menuntut macam-macam atas program hibah ini, pihak ITS hanya meminta proyek ini dikerjakan sesuai spesifikasi bangunan yang telah direncanakan. “Saya sampaikan terima kasih banyak kepada Kementerian PUPR, mudah-mudahan ini jadi percontohan bagaimana membuat kualitas bangunan yang baik,” tutup Joni.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi industri keramik

Kamis, 25 April 2024 - 10:53 WIB

Antidumping Keramik, FOSBBI: Tak Perlu Dijalankan, Penjulan Lesu

Ketua Umum Forum Suplier Bahan Bangunan Indonesia (FOSBBI), Antonius Tan menyebut bahwa saat ini, para produsen maupun importir keramik masih melihat secara mendalam terkait Peraturan Menteri…

Ditinjau Presiden Jokowi, Hutama Karya Optimis Bendungan Bulango Ulu Rampung 2024

Kamis, 25 April 2024 - 10:49 WIB

Ditinjau Presiden Jokowi, Hutama Karya Optimis Bendungan Bulango Ulu Rampung 2024

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau proyek Bendungan Bulango Ulu Paket I garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) yang berlokasi di Kabupaten Bone Bolango sebagai rangkaian…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 10:12 WIB

Kemenperin Bahas Langkah Strategis Kurangi Emisi Industri di Business Forum Hannover Messe 2024

Sektor industri merupakan salah satu kontributor besar penghasil emisi. Karenanya, kebijakan transisi energi Indonesia dalam mengurangi emisi di sektor industri harus dilaksanakan dengan mengutamakan…

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Kamis, 25 April 2024 - 10:08 WIB

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen penting dalam kehidupan sehari-hari. POLYTRON memahami hal ini dengan…

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

Kamis, 25 April 2024 - 10:02 WIB

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

PT Hartadinata Abadi Tbk (kode saham: ‘’HRTA’’), perusahaan manufaktur perhiasan emas dan emas batangan terintegrasi Indonesia, dengan bangga mengumumkan kinerja yang gemilang di tahun…