Bos Crown Group Sebut Kebijakan Pemerintah di Bidang Infrastruktur Dorong Kenaikan Harga Hunian

Oleh : Ridwan | Senin, 21 Mei 2018 - 17:30 WIB

CEO Crown Group, Iwan Sunito (Foto Ridwan/Industry.co.id)
CEO Crown Group, Iwan Sunito (Foto Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, CEO Ctown Group, Iwan Sunito menegaskan bahwa sangat penting bagi para pengembang untuk melihat arah kebijakan pembangunan dari pemerintah sebelum memutuskan untuk membangun sebuah proyek hunian atau kawasan.

"Sebagai contoh adalah dengan melihat apa yang kami lakukan di Parramatta pada tahun 2012. Kami melihat arah kebijakan pembangunan pemerintah NSW mengarah ke kawasan barat Sydney, itulah sebabnya kami memutuskan untuk membangun kampung vertikal di Parramatta, yaitu V by Crown Group, dan terbukti bahwa peningkatan harga yang terjadi sangatlah signifikan," ujar Iwan melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (21/5/2018).

Dari harga jual pada saat itu adalah Rp5,75 miliar untuk apartemen dengan tipe 2 kamar tidur, saat ini sudah mencapai kisaran Rp11,73 miliar atau mengalami peningkatan harga sebanyak 104%, tambah Iwan

Sementara itu, lanjut Iwan, untuk apartemen tipe 1 tempat tidur, harga pada saat diluncurkan adalah Rp4,67 miliar saat ini harganya sudah mencapai AUS$ 7,62 milyar atau mengalami peningkatan harga sebanyak 63% dalam kurun waktu 5 tahun

Hal itulah yang mendorong kami untuk membangun ulang Eastlakes Town Centre menjadi Eastlakes Live by Crown Group yang akan menjadi sebuah hub baru yang ikonik di kawasan tersebut," terangnya.

Menurutnya, perusahaan juga melihat arah kebijakan pemerintah untuk membangun sarana transportasi baru. Inner West Light Rail Train di area Kensington/Kingsford sudah dimulai proses pembangunannya pada bulan Januari 2018, dan hal ini nantinya yang akan semakin membuat warga Eastlakes semakin mudah bergerak dan semakin terhubung dengan kawasan lainnya termasuk CBD.

Saat ini kisaran harga hunian vertikal di kawasan tersebut berada di Rp6 miliar untuk apartemen 1 kamar tidur, dan tidak menutup kemungkinan ketika sistem Light Rail sudah terealisasi, harga tersebut dipastikan akan melonjak," katanya.

Ia menambahkan, informasi seperti ini menjadi sangat penting khususnya bagi para calon investor asal Indonesia yang memang menghendaki pertumbuhan nilai hunian dari setiap investasi yang mereka lakukan.

"Satu hal yang juga penting bagi para investor asal Indonesia tersebut adalah, kawasan Eastlakes juga sangat dekat dengan Kampung Indonesia, yaitu area dengan banyak restoran Indonesia yang tersebar di sekitar kawasan KingsfordRandwick seperti Ayam Goreng 99, Shalom Indonesian Restaurant, Jimbaran Restraurant dan Ubud imbuh Iwan Sunito.

Pembangunan proyek senilai Rp10 triliun ini dirancang oleh arsitek yang berbasis di Sydney, fjmt, Eastlakes Live by Crown Group bertujuan untuk menetapkan standar baru untuk keunggulan ritel dengan dua supermarket besar yang menawarkan makanan segar, mencerminkan keragaman lingkungan, pusat kuliner, kafe jalanan, pusat medis, serta taman-taman yang rindang dan area bermain anak-anak.

Desain fjmt telah dianugerahi beberapa penghargaan industri paling bergengsi termasuk; Penghargaan UDIA NSWs award for Excellence in High Density Development untuk proyek Anadara, Barangaroo, the City of Sydney Lord Mayor's Prize for Liberty Place in Sydney, dan NSW Master Builders Award untuk 'Public Building' Paviliun Waterfront.

Eastlakes Live by Crown Group akan terletak di atas Eastlakes Town Centre yang baru, sebuah area restoran dan ritel yang baru, menawarkan para penghuni dengan berbagai ruang dan pengalaman untuk berinteraksi atau bersantai.

Town Centre yang baru akan dirancang sebagai tempat bersantai modern yang menjadi akan menjadi tolok ukur dengan keunggulan ritel yang memiliki supermarket besar, makanan segar, restoran, kafe jalanan, dan pusat medis serta taman yang hijau.

Tahap pertama dari pembangunan Eastlakes Live akan menampilkan 134 unit apartemen mewah mulai dari tipe satu kamar hingga ke griya tawang dan 12 gerai ritel yang berada di lantai bawah.

Tahap kedua dari Eastlakes Live akan melengkapi town center baru dengan gabungan dari komponen hunian dan ritel.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…