Kementerian ESDM Harus Bisa Pertanggung Jawabkan Barang Modal yang Dibeli

Oleh : Herry Barus | Jumat, 27 Januari 2017 - 03:50 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan meminta agar seluruh jajarannya, baik unit layanan pengadaan (ULP) hingga eselon I untuk memahami rincian harga dan biaya kontrak pengadaan yang ditangani.

Menurut dia, Kementerian ESDM sebagai pengguna anggaran harus bisa mempertanggungjawabkan jenis barang modal yang dibeli melalui APBN.

"Saya minta rekan-rekan semua, terutama ULP sampai eselon I jangan tidak dijawab ya kalau saya tanya (harga). Kalau menteri ngertinya 50 persen, kalau dirjen harus 99 persen," kata Menteri Jonan pada penandatanganan kontrak barang dan jasa di Jakarta, Kamis (26/1/2017).

Jonan menjelaskan ULP harus bisa menjelaskan setiap harga untuk pengadaan barang dan jasa untuk kemudian ia laporkan kepada Presiden.

Dari pengalaman yang ia ceritakan, Presiden Joko Widodo tentu akan menanyakan rincian setiap barang yang dibeli.

"Kalau saya ditanya Pak Presiden, itu PLTS di NTT harga satuannya berapa, ouputnya berapa. Kalau pakai offgrid, baterainya merek apa dan daya tahannya berapa tahun, saya harus bisa jawab," kata Jonan seperti dilansir Antara.

Mantan Menteri Perhubungan itu juga menekankan badan usaha untuk mengambil keuntungan sewajarnya agar asas dasar manfaat untuk rakyat terlaksana.

"Saya paham bahwa usaha itu cari keuntungan, tapi kalau saya liat ESDM kontrak detailnya tidak ada 'invention' yang luar biasa. Artinya, keuntungannya juga harus biasa saja," ungkapnya.

Seperti diketahui, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kamis, menandatangani 134 paket kontrak pengadaan barang dan jasa tahap pertama senilai Rp284,02 miliar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong Industri Tenun dan Batik Gunakan Benang Bemberg

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) terus mendorong penyediaan bahan baku untuk industri tenun dan batik nasional.

Titiek Soeharto (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:00 WIB

Titiek Soeharto: Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Pasti Menang

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Titiek Soeharto, optimistis pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 itu akan menang dalam…