Karena Manfaat Sehat Ini Kurma Dianjurkan untuk Berbuka Puasa

Oleh : Anisa Triyuli | Senin, 21 Mei 2018 - 15:00 WIB

Kurma (Foto : iStock)
Kurma (Foto : iStock)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kurma buah asal timur tengah ini punya segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Rasanya yang manis membuat banyak orang menyukainya. Buah ini juga indentik dengan bulan Ramadan.

Biasanya, dibulan Ramadan saat berbuka dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa buah kurma dan segelas air putih. Ini karena kurma memiliki manfaat kandungan seperti vitamin, zat besi dan juga kalsium. Kandungan itu sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa.

Dikutip dari Lagizi, berikut ini manfaat mengkonsumsi kurma setiap hari di bulan ramadan.

Pasokan energi

Kurma mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa yang bermanfaat sebagai pemasok energi sesaat setelah berbuka. Dalam sebutir kurma mengandung 23 kalori. Sementara itu, untuk 100 gram kurma (sekitar 8-10 butir) mengandung karbohidrat sebanyak 73,5 gr, serat 7,5 gr, gula 66 gr, protein 2 gr dan lemak 0,45 gr.

Selain itu, Selain itu, kurma juga mengandung banyak mineral dan vitamin. Selain itu, kurma juga mengandung kalsium 32 mg, magnesium 35 mg, selenium 1,9 gr, fosfor 40 mg dan potassium 652 gr. Disarankan mengonsumsi 1-3 butir kurma saat berbuka.

Menguatkan Tulang

Kandungan mineral yang tinggi pada buah kurma bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan memperkuat tulang, sehingga mencegah penyakit seperti osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga dan magnesium yang seluruhnya merupakan komponen dari pertumbuhan dan kekuatan tulang.

Melancarkan Pencernaan

Kurma memiliki kandungan serat yang tinggi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, memperlancar buang air besar, mencegah konstipasi, dan berbagai masalah pencernaan lainnya. Konsumsi buah kurma secara rutin juga dapat membantu menghambat pertumbuhan organisme patogen dan membantu menstimulasi bakteri baik pada usus. Kandungan serat larut dan tidak larut, serta asam amino bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan dan membuat pencernaan lebih efisien sehingga lebih banyak nutrisi yang akan diserap oleh sistem pencernaan.

Mencegah Anemia

Kurma juga mengandung zat besi yang bisa jadi pencegah anemia. Kandungan zat besi yang ada dalam buah ini bisa membantu atasi anemia yang memiliki gejala seperti perasaan lelah dan lesu. Dengan rajin makan kurma tentu pasokan energi dan kekuatan akan kembali.

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Kurma jadi salah satu buah kering yang sehat untuk jantung. Kurma juga jadi sumber pottasium yang sangat baik untuk kurangi risiko stroke dan penyakit yang berhubungan dengan jantung. Tak hanya itu, konsumsi kurma juga akan menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh yang sebabkan kenaikan berat badan dan penyakit kardiovaskular.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI Syariah

Senin, 15 Oktober 2018 - 21:37 WIB

Produk Halal BRIsyariah Sukses Gaet Milenial Jogja

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Jogja Halal Fest 2018 yang digelar di Yogyakarta pada tanggal 11 sd 14 Oktober lalu, menjadi bukti besarnya animo masyarakat terhadap produk…

Japan Airlines (JAL) (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 21:00 WIB

Japan Airlines Beroperasi di Terminal 3 Bandara Soetta

Japan Airlines (JAL) beroperasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai 26 Oktober 2018 mendatang.

Christine Lagarde Terkesan dengan Paviliun Indonesia (Foto Humas BUMN)

Senin, 15 Oktober 2018 - 20:45 WIB

Indonesia Pavilion Pukau Ribuan Peserta Annual Meeting IMF-WB 2018

Kehadiran Indonesia Pavilion sebagai wajah pembangunan dan budaya Indonesia yang digagas oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sejak 8 Oktober - 14 Oktober 2018, mendapat banyak perhatian…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 20:15 WIB

Pemerintah Usulkan Asumsi Rupiah 2019 Rp15.000

Pemerintah mengusulkan perubahan asumsi nilai tukar rupiah dalam RAPBN 2019 menjadi Rp15.000 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.500 per dolar AS.

Board Member of Sinar Mas Franky O. Widjaja (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 20:00 WIB

Eka Tjipta Foundation Galang Restorasi Bagi Korban Bencana Alam

Di usianya yang menginjak tahun ke-80, Sinar Mas berupaya untuk tak hanya tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan bersama masyarakat, tapi juga peduli serta berbagi dengan sekitar.