Karena Manfaat Sehat Ini Kurma Dianjurkan untuk Berbuka Puasa

Oleh : Anisa Triyuli | Senin, 21 Mei 2018 - 15:00 WIB

Kurma (Foto : iStock)
Kurma (Foto : iStock)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kurma buah asal timur tengah ini punya segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Rasanya yang manis membuat banyak orang menyukainya. Buah ini juga indentik dengan bulan Ramadan.

Biasanya, dibulan Ramadan saat berbuka dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa buah kurma dan segelas air putih. Ini karena kurma memiliki manfaat kandungan seperti vitamin, zat besi dan juga kalsium. Kandungan itu sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa.

Dikutip dari Lagizi, berikut ini manfaat mengkonsumsi kurma setiap hari di bulan ramadan.

Pasokan energi

Kurma mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa yang bermanfaat sebagai pemasok energi sesaat setelah berbuka. Dalam sebutir kurma mengandung 23 kalori. Sementara itu, untuk 100 gram kurma (sekitar 8-10 butir) mengandung karbohidrat sebanyak 73,5 gr, serat 7,5 gr, gula 66 gr, protein 2 gr dan lemak 0,45 gr.

Selain itu, Selain itu, kurma juga mengandung banyak mineral dan vitamin. Selain itu, kurma juga mengandung kalsium 32 mg, magnesium 35 mg, selenium 1,9 gr, fosfor 40 mg dan potassium 652 gr. Disarankan mengonsumsi 1-3 butir kurma saat berbuka.

Menguatkan Tulang

Kandungan mineral yang tinggi pada buah kurma bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan memperkuat tulang, sehingga mencegah penyakit seperti osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga dan magnesium yang seluruhnya merupakan komponen dari pertumbuhan dan kekuatan tulang.

Melancarkan Pencernaan

Kurma memiliki kandungan serat yang tinggi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, memperlancar buang air besar, mencegah konstipasi, dan berbagai masalah pencernaan lainnya. Konsumsi buah kurma secara rutin juga dapat membantu menghambat pertumbuhan organisme patogen dan membantu menstimulasi bakteri baik pada usus. Kandungan serat larut dan tidak larut, serta asam amino bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan dan membuat pencernaan lebih efisien sehingga lebih banyak nutrisi yang akan diserap oleh sistem pencernaan.

Mencegah Anemia

Kurma juga mengandung zat besi yang bisa jadi pencegah anemia. Kandungan zat besi yang ada dalam buah ini bisa membantu atasi anemia yang memiliki gejala seperti perasaan lelah dan lesu. Dengan rajin makan kurma tentu pasokan energi dan kekuatan akan kembali.

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Kurma jadi salah satu buah kering yang sehat untuk jantung. Kurma juga jadi sumber pottasium yang sangat baik untuk kurangi risiko stroke dan penyakit yang berhubungan dengan jantung. Tak hanya itu, konsumsi kurma juga akan menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh yang sebabkan kenaikan berat badan dan penyakit kardiovaskular.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ruas tol yang akan beroperasi

Rabu, 20 Juni 2018 - 22:19 WIB

Waskita Karya Akan Mengkaji Ulang 200 Km Ruas Jalan Tol

PT Waskita Karya (Persero) Tbk menyatakan hanya mampu mengoperasikan sekitar 1.100 kilometer ruas jalan tol pada tahun ini dari target 1.315 km

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Rabu, 20 Juni 2018 - 21:45 WIB

Dwi Guna Laksana Ditargetkan Pasok Lima Juta Ton Batu Bara ke PLN

PT Dwi Guna Laksana Tbk (DWGL), emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berbisnis di bidang pertambangan dan perdagangan batu bara, ditargetkan dapat memasok 5 juta ton batu bara ke PT Perusahaan…

IHSG (Foto/Rizki Meirino)

Rabu, 20 Juni 2018 - 21:00 WIB

Buana Lintas Lautan Incar Dana Segar Sekitar Rp351 Miliar Lewat Rights Issue

PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL), emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berbisnis di bidang angkutan minyak, gas dan kimia untuk pasar domestik dan internasional, akan melakukan penerbitan…

Ilustrasi Irigasi (ist)

Rabu, 20 Juni 2018 - 19:50 WIB

Pola Tanam Secara Tepat dan Akurat dengan MAPDAS

INDUSTRY.co.id - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian kini telah menghasilkan lagi aplikasi teknologi Model Aliran Permukaan Daerah Aliran Sungai (MAPDAS).

Indosat

Rabu, 20 Juni 2018 - 19:32 WIB

Libur Lebaran, Layanan Internet Indosat Alami Kenaikan 73 Persen

PT Indosat Tbk (ISAT) pada masa libur panjang mengalami kenaikan trafik yang signifikan. Indosat Ooredoo mampu menjaga kualitas jaringannya demi kenyamanan pelanggan menikmati perjalanan mudik…