Karena Manfaat Sehat Ini Kurma Dianjurkan untuk Berbuka Puasa

Oleh : Anisa Triyuli | Senin, 21 Mei 2018 - 15:00 WIB

Kurma (Foto : iStock)
Kurma (Foto : iStock)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kurma buah asal timur tengah ini punya segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Rasanya yang manis membuat banyak orang menyukainya. Buah ini juga indentik dengan bulan Ramadan.

Biasanya, dibulan Ramadan saat berbuka dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa buah kurma dan segelas air putih. Ini karena kurma memiliki manfaat kandungan seperti vitamin, zat besi dan juga kalsium. Kandungan itu sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa.

Dikutip dari Lagizi, berikut ini manfaat mengkonsumsi kurma setiap hari di bulan ramadan.

Pasokan energi

Kurma mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa yang bermanfaat sebagai pemasok energi sesaat setelah berbuka. Dalam sebutir kurma mengandung 23 kalori. Sementara itu, untuk 100 gram kurma (sekitar 8-10 butir) mengandung karbohidrat sebanyak 73,5 gr, serat 7,5 gr, gula 66 gr, protein 2 gr dan lemak 0,45 gr.

Selain itu, Selain itu, kurma juga mengandung banyak mineral dan vitamin. Selain itu, kurma juga mengandung kalsium 32 mg, magnesium 35 mg, selenium 1,9 gr, fosfor 40 mg dan potassium 652 gr. Disarankan mengonsumsi 1-3 butir kurma saat berbuka.

Menguatkan Tulang

Kandungan mineral yang tinggi pada buah kurma bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan memperkuat tulang, sehingga mencegah penyakit seperti osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga dan magnesium yang seluruhnya merupakan komponen dari pertumbuhan dan kekuatan tulang.

Melancarkan Pencernaan

Kurma memiliki kandungan serat yang tinggi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, memperlancar buang air besar, mencegah konstipasi, dan berbagai masalah pencernaan lainnya. Konsumsi buah kurma secara rutin juga dapat membantu menghambat pertumbuhan organisme patogen dan membantu menstimulasi bakteri baik pada usus. Kandungan serat larut dan tidak larut, serta asam amino bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan dan membuat pencernaan lebih efisien sehingga lebih banyak nutrisi yang akan diserap oleh sistem pencernaan.

Mencegah Anemia

Kurma juga mengandung zat besi yang bisa jadi pencegah anemia. Kandungan zat besi yang ada dalam buah ini bisa membantu atasi anemia yang memiliki gejala seperti perasaan lelah dan lesu. Dengan rajin makan kurma tentu pasokan energi dan kekuatan akan kembali.

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Kurma jadi salah satu buah kering yang sehat untuk jantung. Kurma juga jadi sumber pottasium yang sangat baik untuk kurangi risiko stroke dan penyakit yang berhubungan dengan jantung. Tak hanya itu, konsumsi kurma juga akan menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh yang sebabkan kenaikan berat badan dan penyakit kardiovaskular.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…