Tempaan Jamkrindo Sukseskan UMKM Ini Go Internasional

Oleh : Wiyanto | Senin, 21 Mei 2018 - 12:09 WIB

Stephen lesmana salah satu UMKM binaan Perum Jamkrindo paling kanan.
Stephen lesmana salah satu UMKM binaan Perum Jamkrindo paling kanan.

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) dalam berkiprah tidak selalu berfikir profit oriented.  Maka tidaklah heran Jamkrindo bertekad mendampingi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk maju.

Salah satu UMKM binaan Perum Jamkrindo, adalah usaha olahan jadi dari bahan-bahan kakao, kopi dan teh. Bahkan tidak tanggung-tanggung, Jamkrindo memboyong UMKM ini sampai mancanegara untuk sekedar bisa ikut pameran ke Jepang.

Stephen lesmana salah UMKM binaan Perum Jamkrindo, mengungkapkan pihaknya banyak terbantu oleh BUMN plat merah ini.
 

" Kontribusi Jamkrindo, mengenalkan produk ke masyarakat baik nasional atau internasional seperti pameran produk ke Jepang serta pengarahan KUR," kata dia kepada Industry.co.id di Jakarta, Senin (21/5/2018).

Ia merintis usaha olahan makanan dan minuman jadi sejak 2011. Dengan peras keringat dan banting tulang, kesuksesan akhirnya dapat digapai juga.

Usahanya terletak di Cengkareng, Jakarta, dengan modal awal Rp140 juta, pria yang berkacama mata ini mantap mengolah bahan baku asli Indonesia menjadi bahan jadi, seperti coklat batangan, souvernir, makananan dan minuman.

Ia sadar persaingan bisnis bukanlah hambatan, strategi jitu ia jalani guna menang di medan bisnis. Tentunya semua ini, tidak lepas  dari tangan lembut Jamkrindo yang selalu membina usahanya terus maju.

Untuk soal harga produknya, sambung dia, membuat produk dengan rasa yang nikmat dengan harga terjangkau sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Secara konsep bisnisnya, ia bilang Indonesia punya bahan baku yang baik seperti teh, kopi, coklat maka ia mengolahnya hingga menjadi produk jadi. lalu dipasarkan ke konsumen ataupun private label.

Terkait dengan pemasaran, tambah dia, penjualan dilaksanakan dengan metode online seperti di herocafe.co.id dan offline.

"Kita rutin membuat produk-produk yang unik dengan rasa yang enak, sehingga bisa mendapatkan tempat di tengah ketatnya pasar," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:52 WIB

Produktivitas Pertanian Hingga Berantas Mafia Pangan Jadi Bahasan Dialog Mentan Saat Kuliah Umum di IPB

Permintaan Presiden Joko Widodo agar diwujudkannya kesejahteraan petani menjadi landasan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam melakukan berbagai capaian terobosan kinerjanya. Arahan Presiden…

PT Unilever Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:47 WIB

IHSG Melemah Momentum Beli

Diharapkan IHSG selanjutnya dapat bertahan di atas support 5725-5747 dan Resisten diharapkan dapat menyentuh kisaran 5788-5801. Pergerakan IHSG yang terus tertekan mengurangi peluang IHSG untuk…

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto B1.com)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:39 WIB

Pelantikan Menpan-RB Baru, Bamsoet akan Hadir

Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo membenarkan bahwa dirinya diundang menghadiri pelantikan Komjen Pol Syafruddin sebagai Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada…

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:32 WIB

Tinggalkan Jabatan Menteri, Asman Abnur Ingin Ekses di DPR

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur berharap dapat kembali eksis menjadi anggota legislatif di parlemen pada periode berikutnya, setelah tidak menjadi menteri.

Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri) Komisaris Jenderal Polisi, Syafruddin (makassar.tribunnews.com)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:21 WIB

Wakapolri Benarkan Dirinya Duduki Posisi Mentan-RB

Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin membenarkan dirinya diangkat menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi…