Tahun Ini Jumlah Pemudik Diprediksi Tembus 20 Juta Jiwa

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 21 Mei 2018 - 10:54 WIB

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan dan memeriksa pelayanan yang terdapat di Stasiun Tugu, Yogyakarta (Humas Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan dan memeriksa pelayanan yang terdapat di Stasiun Tugu, Yogyakarta (Humas Kemenhub)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Perhubungan memprediksikan lebih dari 20 juta orang akan melakukan mudik lebaran 2018. Dimana jumlah pemudik melalui transportasi udara mencapai 8 juta orang, jalur darat sekitar 7 juta orang dan jalur laut sekitar 1,5 juta pemudik.

“Kami perkirakan ada lebih dari 20 juta pemudik pada Lebaran 2018. Pemudik jalur udara diperkirakan ada delapan juta pemudik, jalur darat sekitar tujuh hingga delapan juta pemudik, jalur laut sekitar 1,5 juta pemudik,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika mengecek kesiapan arus mudik di Stasiun Tugu, Yogyakarta dalam siaran persnya di akhir pekan.

Ia merinci ada sekitar 6 juta pemudik yang memakai jalur perjalanan kereta api. Angka ini, katanya, mengalami peningkatan 5 persen dibanding tahun sebelumnya.

Dia menambahkan pihaknya mengimbau kepada para pemudik pengguna jalur darat agar tak semuanya menggunakan jalan tol. Menteri Budi Karya menyarankan agar pemudik lewat jalur darat bisa juga menggunakan jalur selatan Jawa.

Selain itu, Menteri Budi Karya juga menyarankan agar pemudik tidak menggunakan sepeda motor. Dia lebih menyarankan menggunakan bus maupun kereta.

"Kami mengimbau, masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor, karena 70 persen kecelakaan dalam dua tahun belakangan didominasi motor," paparnya.

Menteri Budi Karya menambahkan pihaknya juga meminta kesadaran organisasi angkutan darat (Organda) dan pengusaha transportasi darat agar bisa memastikan kelaikan armadanya.

 "Bus atau mobilnya semestinya ada ramp check. Tidak ada ramp check, tak boleh beroperasi. Jika tidak (ramp check), kendaraan sangat berisiko. Ini jadi keharusan," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wisata Kapal Layar (Foto ist)

Selasa, 20 November 2018 - 11:29 WIB

Nias Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Sail Indonesia 2019

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Budaya Maritim menunjuk Nias, Sumatra Utara, sebagai kandidat tuan rumah Sail Indonesia 2018.

Logo Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) (hukumonline)

Selasa, 20 November 2018 - 11:06 WIB

YLKI Terima 72 Aduan Terkait Fintech

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengaku telah menerima 72 pengaduan konsumen terkait layanan finansial teknologi sepanjang tahun 2018. Dan tercatat ada 29 Fintech yang diadukan kepada…

CEO Bank Sleman, Muhammad Sigit (tengah), menerima Penghargaan Bank Terbaik, yang diserahkan Pendiri Indonesia-Asia Institute - Economic Review Hj.RAy. Irlisa Rachmadiana,S.Sn,MM dan disaksikan oleh Ketua Dewan Juri-APBI-VII-2018 Prof.Dr.Ir.Marsudi W

Selasa, 20 November 2018 - 11:02 WIB

Inilah Perbankan Terbaik Indonesia Peraih APBI-VII-2018 & ABPRI-VI-2018

Era Disrupsi digital membuat bank harus mengubah cara berpikir, sehingga lebih dinamis dalam dan aktif mencari konsumen, untuk terus berinovasi dalam menghadapi disrupsi Digital. Inilah perusahaan…

Kemenpar branding Wonderful Indonesia melalui bus double decker jurusan City-Mona Vale Sydney.

Selasa, 20 November 2018 - 10:37 WIB

Makin Agresif, Bus Wisata Wonderful Indonesia Keliling Australia

Promosi Wonderful Indonesia tidak henti-hentinya dilakukan Kementerian Pariwisata. Kali ini Australia menjadi target. Caranya, dengan mem-branding bus double decker jurusan City-Mona Vale Sydney.…

Di ajang Indonesia Modification Expo 2018, Suzuki pamerkan Suzuki All New Ertiga berjiwa muda dan dinamis

Selasa, 20 November 2018 - 10:26 WIB

Suzuki All New Ertiga Tampil Trendi dan Berjiwa Muda di Ajang Modifikasi Expo

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali hadir dalam ajang Indonesia Modification Expo 2018. Dalam ajang kali ini Suzuki berkolaborasi dengan Jakarta Sneaker Day untuk menyulap tampilan All New…