Tahun Ini Jumlah Pemudik Diprediksi Tembus 20 Juta Jiwa

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 21 Mei 2018 - 10:54 WIB

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan dan memeriksa pelayanan yang terdapat di Stasiun Tugu, Yogyakarta (Humas Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan dan memeriksa pelayanan yang terdapat di Stasiun Tugu, Yogyakarta (Humas Kemenhub)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Perhubungan memprediksikan lebih dari 20 juta orang akan melakukan mudik lebaran 2018. Dimana jumlah pemudik melalui transportasi udara mencapai 8 juta orang, jalur darat sekitar 7 juta orang dan jalur laut sekitar 1,5 juta pemudik.

“Kami perkirakan ada lebih dari 20 juta pemudik pada Lebaran 2018. Pemudik jalur udara diperkirakan ada delapan juta pemudik, jalur darat sekitar tujuh hingga delapan juta pemudik, jalur laut sekitar 1,5 juta pemudik,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika mengecek kesiapan arus mudik di Stasiun Tugu, Yogyakarta dalam siaran persnya di akhir pekan.

Ia merinci ada sekitar 6 juta pemudik yang memakai jalur perjalanan kereta api. Angka ini, katanya, mengalami peningkatan 5 persen dibanding tahun sebelumnya.

Dia menambahkan pihaknya mengimbau kepada para pemudik pengguna jalur darat agar tak semuanya menggunakan jalan tol. Menteri Budi Karya menyarankan agar pemudik lewat jalur darat bisa juga menggunakan jalur selatan Jawa.

Selain itu, Menteri Budi Karya juga menyarankan agar pemudik tidak menggunakan sepeda motor. Dia lebih menyarankan menggunakan bus maupun kereta.

"Kami mengimbau, masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor, karena 70 persen kecelakaan dalam dua tahun belakangan didominasi motor," paparnya.

Menteri Budi Karya menambahkan pihaknya juga meminta kesadaran organisasi angkutan darat (Organda) dan pengusaha transportasi darat agar bisa memastikan kelaikan armadanya.

 "Bus atau mobilnya semestinya ada ramp check. Tidak ada ramp check, tak boleh beroperasi. Jika tidak (ramp check), kendaraan sangat berisiko. Ini jadi keharusan," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Jiwasraya (Foto Industry.co.id)

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:14 WIB

Terkait Produk JS Saving Plan, Pemegang Polis Jiwasraya Berharap Solusi dari OJK

Para pemegang polis Jiwasraya berharap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat membuat keputusan maupun solusi terhadap penundaan pembayaran produk JS Saving Plan. Pasalnya, OJK yang memberikan izin…

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:11 WIB

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth Dengan FiturRobo Advisory

Bank Commonwealth meluncurkan CommBank SmartWealth, aplikasiwealth managementkomprehensifpertama di Indonesiadengan fiturrobo-advisoryyang dapat membantu nasabah mengoptimalkan investasi mereka…

Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau Pembangungan Jaringan Gas

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:04 WIB

Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 799 Miliar Bangun Jargas di 17 Kabupaten

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pembangunan jaringan gas (jargas) sambungan rumah tangga di 17 kabupaten dan kota untuk tahun anggaran 2019. Total estimasi biaya…

TIBCO dan XL Axiata

Kamis, 17 Januari 2019 - 16:46 WIB

TIBCO Gandeng XL Axiata Dukung Proyek Data Science

TIBCO Software Inc., pemimpin global di bidang integrasi, manajemen API, dan analitik, bersama dengan XL Axiata, operator layanan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia mengumumkan aliansi…

Menkominfo Uji Coba Jaringan Palapa Ring Tengah

Kamis, 17 Januari 2019 - 16:20 WIB

Menkominfo dan Menkeu Akan Uji Coba Jaringan Palapa Ring Tengah untuk Layanan Pajak dan Kesehatan

Menkominfo Rudiantara dan Menkeu Sri Mulyani Indrawati akan melakukan uji coba jaringan Palapa Ring Paket Tengah untuk layanan pajak dan kesehatan.