Banda Aceh Siap 'Jagokan' Kuliner Unggulan ke Dunia Internasional

Oleh : Dina Astria | Senin, 21 Mei 2018 - 13:58 WIB

Kuliner khas Banda Aceh, mi dan kopi Aceh. (Foto: BeritaAceh)
Kuliner khas Banda Aceh, mi dan kopi Aceh. (Foto: BeritaAceh)

INDUSTRY.co.id - Aceh - Pemerintah Banda Aceh baru-baru ini telah memutuskan untuk fokus mempromosikan kuliner unggulan kepada dunia internasional. Hal ini dikarenakan ingin menjadikan Kota Banda Aceh sebagai destinasi pariwisata dunia.

Beragam kuliner khas Banda Aceh disebut memiliki cita rasa tinggi yang akan disukai dunia internasional.

Kuliner yang siap dijagokan itu yakni mi dan kopi Aceh, ayam tangkap, kuah beulangong (kari daging), timpan (lepat), asoe kaya (srikaya), dan roti cane.

"Kuliner ini sudah menjadi ikon Aceh dan Banda Aceh pada khususnya. Promosi ini untuk lebih mengenalkan kuliner tersebut kepada masyarakat dunia," jelas Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman di Banda Aceh beberapa waktu lalu, seperti yang dikutip dari Antara.

Aminulla juga menambahkan, bahwa sudah mengusulkan daftar kuliner yang diunggulkan itu ke Komite Ekonomi dan Industri RI. Lembaga ini nantinya akan membantu promosikan kuliner Banda Aceh ke kancah internasional.

"Dengan promosi ini diharapkan kuliner Aceh dikenal masyarakat dunia. Tujuannya agar masyarakat dunia berkunjung ke Aceh dan Banda Aceh pada khususnya," tambah Aminullah.

Selain kuliner, Banda Aceh juga akan memberi perhatian lebih kepada para pengembangan usaha ekonomi kreatif untuk mendukung kemajuan sektor pariwisata.

Aminulla menilai, usaha ekonomi kreatif tersebut juga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi semua masyarakat. Ia pun berharap para pelaku usaha kreatif di Banda Aceh dapat menghasilkan produk berkualitas sekaligus mempromosikannya.

"Promosi paling mudah sekarang ini bisa melalui media sosial, karena itu manfaatkan media sosial untuk mengenalkan produk. Dan paling penting adalah produk yang dihasilkan harus berkualitas," tutup Aminullah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Jaringan 5G

Senin, 21 Januari 2019 - 20:50 WIB

China Unicom dan ZTE Selesaikan Panggilan Telepon 5G Pertama di Dunia dengan Smartphone Prototipe 5G ZTE

ZTE Corporation, penyedia solusi telekomunikasi, perusahaan, dan teknologi terkemuka untuk internet seluler, mengumumkan bahwa China Unicom cabang Guangdong dan ZTE telah melakukan panggilan…

ACE Hardware

Senin, 21 Januari 2019 - 20:25 WIB

Tawarkan Solusi Kebutuhan Produk Harian, ACE Hadirkan Program Your Everyday Solutions

Terus manjakan konsumen dengan berbagai pilihan produk inovatif dan berkualitas, ACE tawarkan promo menarik untuk berbagai produk yang memudahkan kegiatan keseharian melalui program Your Everyday…

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)

Senin, 21 Januari 2019 - 20:10 WIB

Menperin Pastikan Produksi Massal AMMDes Akan Dimulai pada 2019

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terus memacu peningkatan produktivitas dan daya saing alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) agar mampu kompetitif di pasar domestik hingga ekspor.…

Kemenperin serahkan AMMDes Pengolahan Air Jernih ke Sulteng (Foto: Kemenperin)

Senin, 21 Januari 2019 - 19:45 WIB

Kemenperin Salurkan Lima Unit AMMDes Pengolah Air Jernih ke Sulteng

Kementerian Perindustrian akan menyalurkan lima unit alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) yang berfungsi sebagai pengolah air jernih untuk tiga wilayah yang terkena dampak gempa di Provinsi…

Ilustrasi buku bacaan

Senin, 21 Januari 2019 - 18:08 WIB

Dua Belas Penulis Indonesia Hadir di London Fair 2019

Jakarta - British Council dan Komite Nasional menyeleksi penulis yang akan ditampilkan di London Book Fair 2019 dalam sejumlah acara yang bertujuan memperkenalkan kekayaan literasi Indonesia.