Banda Aceh Siap 'Jagokan' Kuliner Unggulan ke Dunia Internasional

Oleh : Dina Astria | Senin, 21 Mei 2018 - 13:58 WIB

Kuliner khas Banda Aceh, mi dan kopi Aceh. (Foto: BeritaAceh)
Kuliner khas Banda Aceh, mi dan kopi Aceh. (Foto: BeritaAceh)

INDUSTRY.co.id - Aceh - Pemerintah Banda Aceh baru-baru ini telah memutuskan untuk fokus mempromosikan kuliner unggulan kepada dunia internasional. Hal ini dikarenakan ingin menjadikan Kota Banda Aceh sebagai destinasi pariwisata dunia.

Beragam kuliner khas Banda Aceh disebut memiliki cita rasa tinggi yang akan disukai dunia internasional.

Kuliner yang siap dijagokan itu yakni mi dan kopi Aceh, ayam tangkap, kuah beulangong (kari daging), timpan (lepat), asoe kaya (srikaya), dan roti cane.

"Kuliner ini sudah menjadi ikon Aceh dan Banda Aceh pada khususnya. Promosi ini untuk lebih mengenalkan kuliner tersebut kepada masyarakat dunia," jelas Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman di Banda Aceh beberapa waktu lalu, seperti yang dikutip dari Antara.

Aminulla juga menambahkan, bahwa sudah mengusulkan daftar kuliner yang diunggulkan itu ke Komite Ekonomi dan Industri RI. Lembaga ini nantinya akan membantu promosikan kuliner Banda Aceh ke kancah internasional.

"Dengan promosi ini diharapkan kuliner Aceh dikenal masyarakat dunia. Tujuannya agar masyarakat dunia berkunjung ke Aceh dan Banda Aceh pada khususnya," tambah Aminullah.

Selain kuliner, Banda Aceh juga akan memberi perhatian lebih kepada para pengembangan usaha ekonomi kreatif untuk mendukung kemajuan sektor pariwisata.

Aminulla menilai, usaha ekonomi kreatif tersebut juga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi semua masyarakat. Ia pun berharap para pelaku usaha kreatif di Banda Aceh dapat menghasilkan produk berkualitas sekaligus mempromosikannya.

"Promosi paling mudah sekarang ini bisa melalui media sosial, karena itu manfaatkan media sosial untuk mengenalkan produk. Dan paling penting adalah produk yang dihasilkan harus berkualitas," tutup Aminullah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KKP Dorong Industri Mutiara Nasional Bersaing di Kancah Dunia

Selasa, 25 September 2018 - 18:00 WIB

Investor Tiongkok akan Berinvestasi Budi Daya Mutiara di Flores Timur

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Flores Timur Yohanes Kopong mengatakan sebanyak lima perusahaan berminat menamamkan modalnya atau berinvestasi…

Presiden Jokowi hUT Kadin (Foto Herlambang)

Selasa, 25 September 2018 - 18:00 WIB

Bergabungnya Rosan ke TKN Tak Pengaruhi Netralitas Pengusaha

Bergabungnya Ketua Umum Kamar Dagang dan Indonesia (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani dalam Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf tidak memengaruhi netralitas pengusaha, kata Ketua Bidang Organisasi…

Triawan Munaf, kepala Badan Ekonomi Kreatif (Foto: Hitsss)

Selasa, 25 September 2018 - 17:40 WIB

Ekonomi Kreatif Masa Depan Dunia

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan ekonomi kreatif merupakan sektor andalan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat baik di Indonesia maupun dunia.

Ilustrasi Migas

Selasa, 25 September 2018 - 17:20 WIB

SKK Migas Nilai Lapangan Sukowati Potensial Produktif

Deputi Perencanaan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Jaffee Arizon Suardin menilai unit Asset 4 Sukowati Field merupakan salah satu blok migas…

Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso

Selasa, 25 September 2018 - 17:01 WIB

Proses Akuisisi 51 Persen Saham Pertagas Selesai September

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus melaksanakan komitmennya untuk menyelesaikan proses akuisisi PT Pertamina Gas (Pertagas) sebagai tahap lanjutan usai induk BUMN Migas (Holding BUMN Migas)…