Budi Karya: 8 Juta Orang Mudik Lebaran Lewat Udara

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 21 Mei 2018 - 10:32 WIB

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan dan memeriksa pelayanan yang terdapat di Stasiun Tugu, Yogyakarta (Humas Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan dan memeriksa pelayanan yang terdapat di Stasiun Tugu, Yogyakarta (Humas Kemenhub)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, ada lonjakan yang cukup tinggi dari dua jalur transportasi yaitu udara dan darat yang dipilih para pemudik Lebaran tahun 2018. Bahkan, jalur udara jadi yang terbanyak pemudiknya tahun ini.

"Pemudik paling besar itu udara, kira-kira delapan juta," kata Budi saat mengecek pelayanan di Stasiun Tugu Yogyakarta, dalam keterangan resminya, Minggu (20/5/2018)

Selain itu, ia menerangkan, untuk jumlah pemudik darat kira-kira sebanyak tujuh hingga delapan juta. Jumlah pemudik laut kira-kira satu hingga satu 1,5 juta, dan kereta api kira-kira enam juta. "Total, ada sekitar 30 jutaan pemudik tahun ini dari semua moda transportasi," katanya.

Ia menekankan, kenaikan yang cukup signifikan terjadi pada transportasi udara dan darat. Sedangkan, untuk jumlah pemudik transportasi kereta api mengalami kenaikan sekitar lima persen dari tahun lalu. "Kereta api bukan tidak ada peminat, tapi kapasitasnya terbatas," ujar Budi.

Budi menjelaskan, kunjunganya kali ini memang untuk melihat kesiapan stasiun-stasiun di seluruh Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Ia mengungkapkan, Yogyakarta tetap menjadi destinasi favorit, sehingga praktis semua tiketnya habis terjual. "Secara umum KAI sudah melakukan tugas dengan baik," kata Budi.

Terkait itu, ia merasa, terdapat sejumlah alasan penumpang ingin menggunakan kereta api dibandingkan angkutan lain. Selain harga kompetitif, nyaman, petugasnya ramah, ada satu kepastian waktu yang dimiliki kereta api.

Menurut Budi, itu merupakan satu komitmen pemerintah melalui KAI yaitu pelayanan yang memang harus diberikan secara maksimal. Untuk itu, ia mengapresiasi KAI atas pelayanan yang sudah, sedang dan akan diberikan. "Saya appreciate dengan direksi, dengan karyawan KAI, semoga saya datang ke sini bisa menyemangati," ujar Budi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Indonesia

Jumat, 15 Februari 2019 - 21:00 WIB

Utang Luar Negeri Naik Menjadi Rp5.312 Triliun

Utang luar negeri Indonesia naik 6,9 persen secara tahun ke tahun pada akhir triwulan IV 2018 menjadi 376,8 miliar dolar AS atau setara dengan Rp5.312 triliun (asumsi kurs Rp14.100 per dolar…

Ilustrasi Nyamuk Demam Berdarah

Jumat, 15 Februari 2019 - 20:40 WIB

Hati-Hati! Anak yang Terinfeksi Kedua Kali oleh Virus Dengue dapat Berakibat Fatal

Jumlah kasus DBD tertinggi di Indonesia terjadi di Jawa Timur, yakni2.657kasus dan47 orang diantaranya meninggal dunia.

CEO &Founder; Pintro Syarif Hidayat

Jumat, 15 Februari 2019 - 20:37 WIB

Pintro Hadirkan Platform Digital Layanan Pendidikan Terintegrasi

Satu lagi platform aplikasi berbasis pendidikan turut meramaikan dunia pendidikan tanah air yaitu Pintro. Pintro merupakan platform digital aplikasi sistem tata kelola administrasi dan manajemen…

BMW Indonesia Gelar BMW Exhibition

Jumat, 15 Februari 2019 - 20:02 WIB

BMW Indonesia Gelar BMW Exhibition Hadirkan Program Khusus

BMW Indonesia menggelar BMW Exhibition selama 3 hari pada tanggal 15-17 Februari 2019 di Plaza Senayan Atrium. Beberapa program khusus diperkenalkan lebih luas seperti program khusus Drive to…

All New Suzuki Ertiga

Jumat, 15 Februari 2019 - 19:03 WIB

Terbukti Makin Diminati, Suzuki Tambah Fitur All New Ertiga

Untuk terus memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen akan kendaraan multiguna yang modern, All New Ertiga kini tampil lebih menarik dengan beberapa perubahan signifikan.