Budi Karya: 8 Juta Orang Mudik Lebaran Lewat Udara

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 21 Mei 2018 - 10:32 WIB

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan dan memeriksa pelayanan yang terdapat di Stasiun Tugu, Yogyakarta (Humas Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan dan memeriksa pelayanan yang terdapat di Stasiun Tugu, Yogyakarta (Humas Kemenhub)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, ada lonjakan yang cukup tinggi dari dua jalur transportasi yaitu udara dan darat yang dipilih para pemudik Lebaran tahun 2018. Bahkan, jalur udara jadi yang terbanyak pemudiknya tahun ini.

"Pemudik paling besar itu udara, kira-kira delapan juta," kata Budi saat mengecek pelayanan di Stasiun Tugu Yogyakarta, dalam keterangan resminya, Minggu (20/5/2018)

Selain itu, ia menerangkan, untuk jumlah pemudik darat kira-kira sebanyak tujuh hingga delapan juta. Jumlah pemudik laut kira-kira satu hingga satu 1,5 juta, dan kereta api kira-kira enam juta. "Total, ada sekitar 30 jutaan pemudik tahun ini dari semua moda transportasi," katanya.

Ia menekankan, kenaikan yang cukup signifikan terjadi pada transportasi udara dan darat. Sedangkan, untuk jumlah pemudik transportasi kereta api mengalami kenaikan sekitar lima persen dari tahun lalu. "Kereta api bukan tidak ada peminat, tapi kapasitasnya terbatas," ujar Budi.

Budi menjelaskan, kunjunganya kali ini memang untuk melihat kesiapan stasiun-stasiun di seluruh Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Ia mengungkapkan, Yogyakarta tetap menjadi destinasi favorit, sehingga praktis semua tiketnya habis terjual. "Secara umum KAI sudah melakukan tugas dengan baik," kata Budi.

Terkait itu, ia merasa, terdapat sejumlah alasan penumpang ingin menggunakan kereta api dibandingkan angkutan lain. Selain harga kompetitif, nyaman, petugasnya ramah, ada satu kepastian waktu yang dimiliki kereta api.

Menurut Budi, itu merupakan satu komitmen pemerintah melalui KAI yaitu pelayanan yang memang harus diberikan secara maksimal. Untuk itu, ia mengapresiasi KAI atas pelayanan yang sudah, sedang dan akan diberikan. "Saya appreciate dengan direksi, dengan karyawan KAI, semoga saya datang ke sini bisa menyemangati," ujar Budi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut LPDB Braman Setyo (Foto Fadli)

Senin, 25 Juni 2018 - 22:00 WIB

Pajak Turun, Kompetisi Bisnis UKM Lebih Bergairah

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM), Braman Setyo menyambut gembira kebijakan penurunan PPh final UMKM menjadi 0,5 persen oleh…

Tokoh nasional Rizal Ramli (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 25 Juni 2018 - 21:30 WIB

Rizal Ramli: Lima Hal Ini Jadi Faktor Meruginya Garuda Indonesia

Ekonom sekaligus mantan Menko Kemaritiman DR Rizal Ramli membeberkan kasus keuangan yang melilit maskapai PT Garuda Indonesia akibat Miss Manajemen dan ketidakmampuan serta ketidakprofesionalan…

Cawagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum

Senin, 25 Juni 2018 - 21:25 WIB

Isu Poligami Empat Istri Uu Ruhzanul Ulum Marak, Begini Tanggapan Bawaslu

INDUSTRY.co.id - Bandung-Sehari jelang Pilgub Jabar, calon wakil gubernur pasangan Ridwan Kamil, Uu Ruzhanul Ulum diterpa isu tak sedap soal perilaku poligaminya sejak menjabat sebagai Bupati…

Ilustrasi Sawah (Dok. Kementan)

Senin, 25 Juni 2018 - 21:18 WIB

Ketua DPR RI Apresiasi dan Dukung Kementan Blacklist Importir Bawang Nakal

INDUSTRY.co.id - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo memberikan apresiasi kepada Kementerian Pertanian (Kementan) serta mendukung langkah-langkah yang diambil terkait dimasukannya 5 perusahaan importir…

Ilustrasi Pemudik Motor (Ist)

Senin, 25 Juni 2018 - 20:50 WIB

Menhub Klaim Pemudik Dengan Sepeda Motor Turun sebesar 18,2 Persen Tahun Ini

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pada masa angkutan lebaran tahun ini jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor turun sebesar 18,2% dibandingkan pada masa angkutan lebaran…