Kue Perahu, Kuliner Khas Kota Jambi Saat Berbuka Puasa

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 21 Mei 2018 - 09:00 WIB

Kue Perahu Khas Jambi (Foto: cookpad.com)
Kue Perahu Khas Jambi (Foto: cookpad.com)

INDUSTRY.co.id, Jambi - Selain memiliki keindahan alam yang indah, Jambi juga mempunyai kuliner khas disaat bulan Ramadan yakni Kue Perahu atau yang biasa disebut Pedamaran. Kuliner ini, merupakan menu khas tradisional warga Jambi untuk berbuka puasa.

Salah seorang warga Jambi, Aisah ditemui Antara di salah satu lokasi penjualan takjil di Kota Jambi, Minggu (20/5/2018), mengatakan kue pedamaran cocok untuk santapan berbuka puasa apalagi kue tersebut banyak dijual di bulan Ramadan dan kue ini lembut untuk pencernaan dengan rasanya yang manis.

"Kalau lagi malas di dapur yang enak untuk santapan buka puasa yang kue perahu, rasanya yang manis dan lembut cocok untuk melepas dahaga," katanya.

Menurutnya, kue pedamaran itu dibuat dengan tepung beras, santan kelapa dan gula merah yang dikukus dengan daun pisang. Umumnya di Jambi bentuk cetakan daun pisang lebih mirip perahu, sebab itu di Jambi lebih identik disebut kue perahu. Namun kue ini juga ada di daerah lain di Indonesia.

"Di daerah Seberang Kota Jambi khususnya, kue pedamaran disebut kue perahu karena bentuk kue yang dikukus di daun pisang itu berbentuk perahu," kata Aisah.

Bagi warga Jambi untuk mendapatkan kue perahu itu sangat mudah, karena rerata di pasar-pasar takjil bahkan lapak-lapak di pinggir jalan dalam bulan Ramadhan banyak yang menjual kue tersebut.

Harganya pun cukup bersahabat yakni kisaran Rp5-10 ribu untuk satu kue, harga tergantung bentuk unik dan besaran kue tersebut. Kue tersebut memang paling banyak dicari. Selain kue pedamaran, kue-kue khas Jambi lainnya juga banyak dijajakan di pasar takjil yang biasanya dijajakan pedagang musiman atau hanya pada momen bulan puasa saja.

Ardi salah satu pedagang es buah dan beraneka ragam kue di pasar Mendalo, Muarojambi, mengatakan berjualan di bulan Ramadhan menjadi berkah tersendiri karena banyak pangan untuk berbuka puasa laris terjual.

Dia mengatakan berjualan menu berbuka puasa dilakoni sejak beberapa tahun lalu, kesehariannya adalah pekerja swasta. Jualan pangan kuliner buka puasa diakuinya adalah pekerjaan musiman.

"Kue-kue yang dijual ada yang dibuat sendiri dan ada yang dibeli kemudian dijual lagi. Jualan hanya di bulan puasa saja," kata Ardi salah satu pedagang kuliner di depan Kampus Unja Mendalo.

Sementara untuk memastikan pangan-pangan yang dijual di bulan puasa terjamin dari sisi kesehatan, maka BPOM Jambi terus melakukan pengawasan ke lapangan.

BPOM juga mengingatkan produsen, distributor dan pedagang untuk tidak menggunakan bahan berbahaya dalam pembuatan makanan.

"Untuk pelaku usaha jadilah produsen yang bertanggung jawab dengan tidak menggunakan bahan berbahaya. Dan untuk konsumen jadilah konsumen cerdas," kata Kepala BPOM Jambi, Ujang Suprayitna. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut LPDB Braman Setyo (Foto Fadli)

Senin, 25 Juni 2018 - 22:00 WIB

Pajak Turun, Kompetisi Bisnis UKM Lebih Bergairah

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM), Braman Setyo menyambut gembira kebijakan penurunan PPh final UMKM menjadi 0,5 persen oleh…

Tokoh nasional Rizal Ramli (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 25 Juni 2018 - 21:30 WIB

Rizal Ramli: Lima Hal Ini Jadi Faktor Meruginya Garuda Indonesia

Ekonom sekaligus mantan Menko Kemaritiman DR Rizal Ramli membeberkan kasus keuangan yang melilit maskapai PT Garuda Indonesia akibat Miss Manajemen dan ketidakmampuan serta ketidakprofesionalan…

Cawagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum

Senin, 25 Juni 2018 - 21:25 WIB

Isu Poligami Empat Istri Uu Ruhzanul Ulum Marak, Begini Tanggapan Bawaslu

INDUSTRY.co.id - Bandung-Sehari jelang Pilgub Jabar, calon wakil gubernur pasangan Ridwan Kamil, Uu Ruzhanul Ulum diterpa isu tak sedap soal perilaku poligaminya sejak menjabat sebagai Bupati…

Ilustrasi Sawah (Dok. Kementan)

Senin, 25 Juni 2018 - 21:18 WIB

Ketua DPR RI Apresiasi dan Dukung Kementan Blacklist Importir Bawang Nakal

INDUSTRY.co.id - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo memberikan apresiasi kepada Kementerian Pertanian (Kementan) serta mendukung langkah-langkah yang diambil terkait dimasukannya 5 perusahaan importir…

Ilustrasi Pemudik Motor (Ist)

Senin, 25 Juni 2018 - 20:50 WIB

Menhub Klaim Pemudik Dengan Sepeda Motor Turun sebesar 18,2 Persen Tahun Ini

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pada masa angkutan lebaran tahun ini jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor turun sebesar 18,2% dibandingkan pada masa angkutan lebaran…