Kue Perahu, Kuliner Khas Kota Jambi Saat Berbuka Puasa

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 21 Mei 2018 - 09:00 WIB

Kue Perahu Khas Jambi (Foto: cookpad.com)
Kue Perahu Khas Jambi (Foto: cookpad.com)

INDUSTRY.co.id, Jambi - Selain memiliki keindahan alam yang indah, Jambi juga mempunyai kuliner khas disaat bulan Ramadan yakni Kue Perahu atau yang biasa disebut Pedamaran. Kuliner ini, merupakan menu khas tradisional warga Jambi untuk berbuka puasa.

Salah seorang warga Jambi, Aisah ditemui Antara di salah satu lokasi penjualan takjil di Kota Jambi, Minggu (20/5/2018), mengatakan kue pedamaran cocok untuk santapan berbuka puasa apalagi kue tersebut banyak dijual di bulan Ramadan dan kue ini lembut untuk pencernaan dengan rasanya yang manis.

"Kalau lagi malas di dapur yang enak untuk santapan buka puasa yang kue perahu, rasanya yang manis dan lembut cocok untuk melepas dahaga," katanya.

Menurutnya, kue pedamaran itu dibuat dengan tepung beras, santan kelapa dan gula merah yang dikukus dengan daun pisang. Umumnya di Jambi bentuk cetakan daun pisang lebih mirip perahu, sebab itu di Jambi lebih identik disebut kue perahu. Namun kue ini juga ada di daerah lain di Indonesia.

"Di daerah Seberang Kota Jambi khususnya, kue pedamaran disebut kue perahu karena bentuk kue yang dikukus di daun pisang itu berbentuk perahu," kata Aisah.

Bagi warga Jambi untuk mendapatkan kue perahu itu sangat mudah, karena rerata di pasar-pasar takjil bahkan lapak-lapak di pinggir jalan dalam bulan Ramadhan banyak yang menjual kue tersebut.

Harganya pun cukup bersahabat yakni kisaran Rp5-10 ribu untuk satu kue, harga tergantung bentuk unik dan besaran kue tersebut. Kue tersebut memang paling banyak dicari. Selain kue pedamaran, kue-kue khas Jambi lainnya juga banyak dijajakan di pasar takjil yang biasanya dijajakan pedagang musiman atau hanya pada momen bulan puasa saja.

Ardi salah satu pedagang es buah dan beraneka ragam kue di pasar Mendalo, Muarojambi, mengatakan berjualan di bulan Ramadhan menjadi berkah tersendiri karena banyak pangan untuk berbuka puasa laris terjual.

Dia mengatakan berjualan menu berbuka puasa dilakoni sejak beberapa tahun lalu, kesehariannya adalah pekerja swasta. Jualan pangan kuliner buka puasa diakuinya adalah pekerjaan musiman.

"Kue-kue yang dijual ada yang dibuat sendiri dan ada yang dibeli kemudian dijual lagi. Jualan hanya di bulan puasa saja," kata Ardi salah satu pedagang kuliner di depan Kampus Unja Mendalo.

Sementara untuk memastikan pangan-pangan yang dijual di bulan puasa terjamin dari sisi kesehatan, maka BPOM Jambi terus melakukan pengawasan ke lapangan.

BPOM juga mengingatkan produsen, distributor dan pedagang untuk tidak menggunakan bahan berbahaya dalam pembuatan makanan.

"Untuk pelaku usaha jadilah produsen yang bertanggung jawab dengan tidak menggunakan bahan berbahaya. Dan untuk konsumen jadilah konsumen cerdas," kata Kepala BPOM Jambi, Ujang Suprayitna. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT. ESSA Industries Indonesia Tbk

Rabu, 24 April 2024 - 10:15 WIB

PT. ESSA Industries Indonesia Tbk. Catatkan Kinerja Solid di Kuartal Pertama 2024

PT. ESSA Industries Indonesia Tbk. (dahulu PT Surya Esa Perkasa Tbk.) (“ESSA”), perusahaan tercatat yang bergerak di sektor Energi dan Kimia melalui kilang LPG (Liquefied Petroleum Gas)…

Schneider Electric Tekankan Pentingnya Perangkat Lunak, Otomasi & Elektrifikasi

Rabu, 24 April 2024 - 10:09 WIB

Schneider Electric Raksasa Teknologi Industri Otomasi Pamer Inovasi Terbaru di Hannover Messe 2024

Schneider Electric, pemimpin teknologi industri dalam manajemen energi dan otomasi, akan memamerkan inovasi terbaru dalam portofolionya di Hannover Messe, yang mencakup perangkat lunak industri,…

Holding perkebunan PTPN III

Rabu, 24 April 2024 - 10:02 WIB

Bikin Tenang Masyarakat! Pabrik Gula SGN Siap Giling Tebu Tahun Ini

Sinyal kelangkaan gula konsumsi di dalam negeri mulai membuat masyarakat khawatir. Defisit produksi gula konsumsi nasional, tekanan geopolitik yang semakin meningkat serta penguatan mata uang…

Honda Motor Co. Ltd

Rabu, 24 April 2024 - 09:51 WIB

Wow, Penjualan Mobil Honda Melesat pada Maret 2024

PT Honda Prospect Motor mencatat penjualan retail sebanyak 10.706 unit pada bulan Maret 2024, atau meningkat sebesar 19% dibandingkan bulan sebelumnya. Penjualan Honda tersebut didukung peningkatan…

Optimalkan PMN 2024, Hutama Karya Pastikan Keberlangsungan Perusahaan Jalan Tol Trans Sumatera

Rabu, 24 April 2024 - 09:27 WIB

Optimalkan PMN 2024, Hutama Karya Pastikan Keberlangsungan Perusahaan Jalan Tol Trans Sumatera

Selama satu dekade terakhir, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) berhasil menghubungkan konektivitas 8 provinsi di Sumatra melalui ketersediaan infrastruktur jalan tol. Pencapaian ini tidak…