Menhub Budi Pastikan Persiapan Mudik Sudah Cukup Baik

Oleh : Herry Barus | Minggu, 20 Mei 2018 - 18:00 WIB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Cirebon- Menteri Perhubungan (Mebhub) Budi Karya Sumadi mengatakan untuk persiapan arus mudik Lebaran 2018 sudah cukup baik dan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan kementerian terkait dan juga pihak keamanan.

"Persiapan mudik alhamdulillah sudah cukup baik, saya sudah berkoordinasi dengan para menteri dan Kapolri," kata Budi di Cirebon, Jawa Barat, Minggu (20/5/2018_ , setelah memberikan Kuliah Umum di Universitas Swadaya Gunung Jati.

Budi mengatakan persiapan mudik seperti sarana jalan, baik tol maupun jalan nasional sudah dipersiapkan cukup bagus.

Seperti halnya jalan tol yang saat ini dari Jakarta sampai Surabaya sudah bisa dilalui kendaraan, meskipun masih ada beberapa yang difungsionalkan selama arus mudik.

"Untuk jalan tol dari Jakarta sampai Surabaya sudah bagus dan sudah bisa jalan dan hanya beberapa yang menggunakan jalan fungsional," ujarnya.

"Selain jalan tol, juga ada jalan nasional yang kami sudah cek bagus sekali," lanjutnya.

Budi juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik, harus memerhatikan kendaraannya juga, agar bisa selamat sampai tujuan.

"Saya menganjurkan bagi mereka yang mau mudik lebaran harus memperhatikan kendaraannya harus siap," katanya.

Selain itu juga harus ada pengecekan kendaraan seperti bus, angkot, truk dan kendaraan lainnya, terutama yang sangat vital, seperti rem, ban, klakson, spion dan yang berhubungan dengan keselamatan.

"Namanya rem cek, mulai dari rem, ban, klakson, spion dan yang lainnya, karena kalau tidak baik maka bisa terjadi kecelakaan," kata Budi kepada awak media.

"Saya minta tolong Dishub dan Polri untuk melakukan pengecekan dan kalau ada mobil tidak ram chek, maka tidak boleh jalan atau tidak boleh beroperasi," ujar Budi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut LPDB Braman Setyo (Foto Fadli)

Senin, 25 Juni 2018 - 22:00 WIB

Pajak Turun, Kompetisi Bisnis UKM Lebih Bergairah

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM), Braman Setyo menyambut gembira kebijakan penurunan PPh final UMKM menjadi 0,5 persen oleh…

Tokoh nasional Rizal Ramli (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 25 Juni 2018 - 21:30 WIB

Rizal Ramli: Lima Hal Ini Jadi Faktor Meruginya Garuda Indonesia

Ekonom sekaligus mantan Menko Kemaritiman DR Rizal Ramli membeberkan kasus keuangan yang melilit maskapai PT Garuda Indonesia akibat Miss Manajemen dan ketidakmampuan serta ketidakprofesionalan…

Cawagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum

Senin, 25 Juni 2018 - 21:25 WIB

Isu Poligami Empat Istri Uu Ruhzanul Ulum Marak, Begini Tanggapan Bawaslu

INDUSTRY.co.id - Bandung-Sehari jelang Pilgub Jabar, calon wakil gubernur pasangan Ridwan Kamil, Uu Ruzhanul Ulum diterpa isu tak sedap soal perilaku poligaminya sejak menjabat sebagai Bupati…

Ilustrasi Sawah (Dok. Kementan)

Senin, 25 Juni 2018 - 21:18 WIB

Ketua DPR RI Apresiasi dan Dukung Kementan Blacklist Importir Bawang Nakal

INDUSTRY.co.id - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo memberikan apresiasi kepada Kementerian Pertanian (Kementan) serta mendukung langkah-langkah yang diambil terkait dimasukannya 5 perusahaan importir…

Ilustrasi Pemudik Motor (Ist)

Senin, 25 Juni 2018 - 20:50 WIB

Menhub Klaim Pemudik Dengan Sepeda Motor Turun sebesar 18,2 Persen Tahun Ini

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pada masa angkutan lebaran tahun ini jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor turun sebesar 18,2% dibandingkan pada masa angkutan lebaran…