Kue Bungkul, Kuliner Khas Bengkulu Saat Ramadan

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 20 Mei 2018 - 12:10 WIB

Kue Bungkul Khas Bengkulu (Foto: Istimewa)
Kue Bungkul Khas Bengkulu (Foto: Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Bengkulu - Berbagai olahan kuliner untuk berbuka mulai bermunculan, seperti Bungkul, yang merupakan kuliner khas khas Kabupaten Bengkulu Tengah yang menjadi favorit warga setempat.

"Inilah kue bungkul, menu favorit buka puasa masyarakat Bengkulu Selatan," ujar Yurdaini (62), pembuat kue bungkul di Bengkulu Selatan baru-baru ini.

Identitas kue bungkul dikaitkan dengan pertanian sebagai komoditas unggulan. Beras dan santan menjadi bahan utama dalam pembuatan beragam kuliner lokal di daerah itu.

"Bahannya sederhana hanya?tepung beras, santan kelapa dan gula aren. Tambahkan pula daun suji sebagai pewarna hijau dan daun pandan untuk mengharumkan.Kemudian dikukus," paparnya.

Ketika Ramadhan, anjuran mengonsumsi makanan manis saat berbuka puasa mendongkrak penjualan kue bungkul. Pembeli tidak hanya warga lokal, tetapi juga luar daerah karena teksturnya yang lembut mirip bubur sumsum mudah diterima.

Lebih lanjut, Yurdaini menjelaskan, hal yang membedakannya kue bungkul dengan bubur sumsum adalah posisi gula merah.

"Untuk bubur sumsum, cairan gula merah disiram di bagian atas. Kalau bungkul, gulanya ada di posisi bawah dengan wadah yang terbuat dari daun pisang," jelasnya.

Tika Hijria (19), seorang pembeli, mengaku menyukai bungkul sebagai menu berbuka puasa karena rasanya yang gurih dan manis.

"Teksturnya lembut mirip bubur sumsum dengan citarasa gurih dan manis. Ini enak jika dikonsumsi saat buka puasa," ungkapnya.

Kue bungkul banyak dijual di pasar Ramadhan di wilayah Bengkulu Selatan dengan harga bervariasi yakni Rp5.000 untuk empat hingga lima bungkul.  (ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wisata Kapal Layar (Foto ist)

Selasa, 20 November 2018 - 11:29 WIB

Nias Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Sail Indonesia 2019

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Budaya Maritim menunjuk Nias, Sumatra Utara, sebagai kandidat tuan rumah Sail Indonesia 2018.

Logo Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) (hukumonline)

Selasa, 20 November 2018 - 11:06 WIB

YLKI Terima 72 Aduan Terkait Fintech

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengaku telah menerima 72 pengaduan konsumen terkait layanan finansial teknologi sepanjang tahun 2018. Dan tercatat ada 29 Fintech yang diadukan kepada…

CEO Bank Sleman, Muhammad Sigit (tengah), menerima Penghargaan Bank Terbaik, yang diserahkan Pendiri Indonesia-Asia Institute - Economic Review Hj.RAy. Irlisa Rachmadiana,S.Sn,MM dan disaksikan oleh Ketua Dewan Juri-APBI-VII-2018 Prof.Dr.Ir.Marsudi W

Selasa, 20 November 2018 - 11:02 WIB

Inilah Perbankan Terbaik Indonesia Peraih APBI-VII-2018 & ABPRI-VI-2018

Era Disrupsi digital membuat bank harus mengubah cara berpikir, sehingga lebih dinamis dalam dan aktif mencari konsumen, untuk terus berinovasi dalam menghadapi disrupsi Digital. Inilah perusahaan…

Kemenpar branding Wonderful Indonesia melalui bus double decker jurusan City-Mona Vale Sydney.

Selasa, 20 November 2018 - 10:37 WIB

Makin Agresif, Bus Wisata Wonderful Indonesia Keliling Australia

Promosi Wonderful Indonesia tidak henti-hentinya dilakukan Kementerian Pariwisata. Kali ini Australia menjadi target. Caranya, dengan mem-branding bus double decker jurusan City-Mona Vale Sydney.…

Di ajang Indonesia Modification Expo 2018, Suzuki pamerkan Suzuki All New Ertiga berjiwa muda dan dinamis

Selasa, 20 November 2018 - 10:26 WIB

Suzuki All New Ertiga Tampil Trendi dan Berjiwa Muda di Ajang Modifikasi Expo

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali hadir dalam ajang Indonesia Modification Expo 2018. Dalam ajang kali ini Suzuki berkolaborasi dengan Jakarta Sneaker Day untuk menyulap tampilan All New…