Inilah Tips dan Cara Booking Tiket Kereta Api Secara Online

Oleh : Hariyanto | Minggu, 20 Mei 2018 - 09:37 WIB

Chek in Kereta Api (ist)
Chek in Kereta Api (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tiket kereta memang masih menjadi kebutuhan yang terbilang cukup favorit bagi masyarakat. Diantara sekian banyaknya jenis alat transportasi, kereta api memang masih menjadi pilihan masyarakat untuk melakukan perjalanan dari suatu kota ke kota lainnya. 

Terlebih lagi, sampai dengan detik ini pemerintah juga masih berusaha untuk terus meningkatkan alat transportasi kereta ini.

Kelebihan Booking Tiket Kereta Api Secara Online

Jaman memang sudah mengalami banyak sekali perkembangan. Saat ini semua hal berkaitan dengan digital dimana hampir semua aktifitas selalu berkaitan dengan kecanggihan teknologi dan juga internet. 

Termasuk juga dengan memesan tiket kereta api. Jika dahulu untuk bisa pesan tiket kereta anda harus rela antri, maka berbeda dengan sekarang dimana anda bisa membeli tiket kereta api dengan cara yang lebih mudah dan praktis yaitu secara online.

Tentunya ada banyak aalasan mengapa masyarakat lebih menyukai memesan tiket kereta secara online, antara lain sebagai berikut :

Praktis

Segala hal yang berkaitan dengan internet memang terasa lebih praktis. Sama halnya dengan aktifitas pemesanan tiket kereta api secara online ini dimana anda bisa memesan tiket dimanapun anda inginkan. Yang anda butuhkan hanyalah gadget serta koneksi internet saja.

Efisien Waktu

Selain praktis, tentu saja juga efisien waktu. Asalkan anda memiliki PC, tablet maupun smartphone serta koneksi internet maka anda bisa melakukan pemesanan tiket kereta api ini kapanpun anda inginkan.

Proses yang Cepat

Semua hal yang dilakukan melalui internet memang terbilang cepat. Hanya klik dan mengikuti semua langkah yang ada, maka semua proses bisa berjalan dengan singkat bahkan tanpa harus keluar rumah sekalipun.

Proses Reservasi Dibuka Jauh – jauh Hari

Ketika anda akan melakukan suatu perjalanan menggunakan alat transportasi kereta ini, memang lebih baik jika dilakukan sejak jauh – jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Namun anda tak perlu merasa khawatir karena umumnya tiket kereta api yang dipesan secara online ini bisa dipesan lebih awal, bahkan sejak 80 hari sebelum keberangkatan.

Cara Pembayaran Mudah

Untuk maslaha pembataran, anda tak perlu risau karena anda bisa membayar tiket yang sudah anda booking tersebut secara online juga seperti transfer via m – banking, e – banking juga bisa transfer mealui ATM maupun melalui merchant – merchant yang memang menjadi rekannya.

Cara Melakukan Pemesanan Tiket Kereta Api Secara Online

Meskipun pesan tiket secara online sudah tidak asing lagi, namun mungkin masih saja ada beberapa orang yang belum begitu memahami dan mengerti tentang bagiaman cara atau langkah dalam melakukan pemesanan tiket kereta api secara online ini. Oleh sebab itu, ada baiknya anda menyimak beberapa step atau langkah dibawah ini.

Pertama, buka situs website resmi PT KAI yaitu https://tiket.kereta-api.co.id/. Selanjutnya,  mengisi Kolom yang Tersedia. Pada halaman ini anda akan menemukan beberapa form yang waiib anda isi seperti : Tanggal keberangkatan, Stasiun asal, Stasiun tujuan dan Jumlah penumpang.

Setelah itu pilih jenis kereta api yang anda inginkan, pilih jam keberangkatan, pilih harga tiket, klik tombol menuju pembayaran
dan mengisi identitas diri, pilih jenis pembayaran yang akan anda gunakan, dan terakhir tunggu konfirmasi yang berisi notifikasi pembayaran atas tiket anda.

Namun ada baiknya bahwa anda hanya menggunakan satu tipe pembayaran saja. jangan lupa juga untuk segera melakukan pembayaran sebelum batas waktu yang ditentukan agar proses pemesanan tiket yang anda lakukan segera dikonfirmasi. Sehingga perjalanan anda akan berjalan lancar sesuai dengan aa yang anda harapkan.

Setelah melihat beberapa penjelasan diatas ternyata memang cukup mudah sekali untuk memesan tiket secara online ini. Bahkan hanya dalam hitungan menit saja anda bisa memilih jenis kereta dan memilih tanggal maupun jam keberangkatan sesuka hati. 

Dan hal seperti inilah yang cukup menjadi alasan mengapa metode booking tiket secara online ini memang kian diminati oleh masyarakat. Karena bagaiamanapun juga pemerintah selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanannya sehingga kebutuhan masyarakat akan tiket kereta api ini akan terpenuhi dengan baik dan layak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).