Perajin Kopiah Pariaman Sumbar Banjir Pesanan

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 19 Mei 2018 - 17:12 WIB

Pengrajin Kopiah (Foto Tribunnews)
Pengrajin Kopiah (Foto Tribunnews)

INDUSTRY.co.id - Pariaman- Perajin kopiah nasional atau peci di Kota Pariaman, Sumatera Barat, menerima banyak pesanan memasuki bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah dari berbagai daerah di provinsi itu hingga ke wilayah tetangga.

"Peningkatan pesanan sampai 100 persen saat bulan puasa karena kebutuhan masyarakat cukup tinggi," kata Nasril (55), salah seorang perajin peci nasional di Kota Pariaman, Sabtu (19/5/2018)

Akibat tingginya pesanan, dia terpaksa menolak sebagian permintaan konsumen karena terkendala waktu dan tenaga kerja.

Dia mengaku saat ini harus menyelesaikan pesanan konsumen dari berbagai daerah sebanyak 25 kodi atau 500 peci sebelum hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Pesanan tersebut di antaranya datang dari Palembang, Batam, Pekanbaru, Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Pariaman dan pedagang lokal di Kota Pariaman.

"Jumlah pesanan pedagang bervariasi, ada yang dua kodi hingga lima kodi untuk satu kali pemesanan," katanya.

Bahkan sebelum memasuki Ramadhan 1439 Hijriah, pihaknya terlebih dahulu harus menyelesaikan sebanyak 25 kodi pesanan konsumen.

Pada hari biasanya produksi peci nasional hanya berkisar sekitar satu kodi atau 20 buah yang dijual ke berbagai toko di Pariaman dengan harga bervariasi sesuai kualitas bahan yang digunakan, ujar dia.

Untuk kualitas terbaik yang menggunakan bahan beludru dijual seharga Rp100 ribu, kemudian kualitas menengah Rp50 ribu dan kualitas biasa Rp35 ribu, katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Pariaman, Gusniyetti Zaunit mengatakan produksi peci nasional terus mengalami peningkatan di masyarakat terutama saat bulan Suci Ramadhan.

Pihaknya mengaku juga telah menyarankan kepada perajin peci agar membuka toko atau cabang di Pasar Produksi Jati Kecamatan Pariaman Tengah agar lebih mudah menjangkau konsumen.

"Tujuannya jika ditempatkan di Pasar Jati, konsumen akan lebih mudah tahu sehingga jual beli pun mengalami peningkatan kepada pedagang," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.