Wamen ESDM: Pengelolaan Sumber Daya Alam Harus Berkeadilan

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 19 Mei 2018 - 15:32 WIB

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar
Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Wakil Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menegaskan bahwa pengelolaan sumber daya alam (SDA) harus memberikan keadilan bagi masyarakat, pengusaha, investor dan tentunya rakyat Indonesia. Pengelolaan SDA menempatkan pemerintah sebagai "the guardian public interest". 

"Agar dapat mengelola amanah sumber daya alam ini maka diperlukan konsistensi dalam memutuskan sebuah kebijakan yang adil bagi semua, itu yang dinamakan energi berkeadilan, adil buat siapa, ya ada buat masyarakat karena diamanatkan dalam undang-undang, adil buat pengusaha, dan adil untuk investornya, jangan sampai salah satu pihak menyatakan dia yang menang sisanya gagal," ujar Arcandra saat menjadi pembicara dalam acara Inspirasi Ramadhan di salah satu TV swasta, Jumat (18/5/2018).

"Kuncinya adalah bagaimana masyarakat menerima manfaat dari keputusan yang kita ambil dan Jika pemerintah membuat sebuah kebijakan maka masyarakat dapat merasakan manfaatnya," lanjut Arcandra.

Membuat kebijakan yang bisa dirasakan oleh rakyat menunjukkan bahwa pemerintah mendukung penuh yang pro rakyat. "Pemerintah itu the guardian of public interest, nah kalau benar kita mengatakan kita guardian, interest public, maka ini harus bisa terlihat dari kebijakan-kebijakan yang kita buat," jelas Arcandra.

Mengeluarkan kebijakan harus berkeadilan, yang dapat menjangkau semuanya dari Pulau terujung di Aceh hingga ujung Pulau Papua. Beberapa contoh program kebijakan pro rakyat adalah, Program BBM Satu Harga dan pembagian Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) di lokasi-lokasi yang belum terlistriki.

"Program BBM Satu Harga yang saat ini sudah tersebar hingga akhir Mei 2018 ini, telah dibangun empat lembaga penyalur BBM Satu Harga yaitu: titik ke 58 di Kec. Sei Menggaris Kab. Nunukan-Kalimantan Utara; titik ke 59 di Kec. Liang Kab. Banggai Kepulauan-Sulawesi Tenggah; titik ke 60 di Kec. Banggai Tengah Kab. Banggai Laut-Sulawesi Tenggah, dan titik ke 61 di Distrik Prime Kab. Lanny Jaya-Papua," jelasnya.

Dalam mengelola sumber daya alam, Arcandra menjelaskan bahwa dirinya lebih banyak mendengar dan belajar. "Karena itu saya ingin banyak lebih belajar lagi bagaimana pengelolaan sumber daya alam kita bisa dirasakan manfaatnya sebesar-besarnya tidak hanya bagi umat islam saja, tapi juga untuk seluruh rakyat Indonesia," tutup Arcandra.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…