Pelni-BUMN Sediakan 23.908 Tiket Mudik Gratis

Oleh : Dina Astria | Jumat, 18 Mei 2018 - 15:13 WIB

Pelni siapkan 26 armada kapal untuk mudik lebaran 2018
Pelni siapkan 26 armada kapal untuk mudik lebaran 2018

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) bersinergi dengan 23 badan usaha milik negara (BUMN) menyediakan 23.908 tiket mudik gratis dengan kapal laut ke berbagai jurusan pada masa angkutan Lebaran 2018.

"Kami bekerja sama dengan BUMN, seperti Bank Mandiri, Pelindo, Jasa Raharja, dan lainnya, untuk memberangkatkan pemudik gratis ke seluruh Indonesia, dengan memakai kapal ini salah satunya," kata Direktur Armada Pelni Tukul Harsono pada kunjungan media ke KM Gunung Dempo di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis.

BUMN yang terlibat dalam program "Mudik Gratis Bareng BUMN" untuk pengangkutan menggunakan kapal laut di antaranya BRI, BNI, Bank Mandiri, Pupuk Indonesia, Jasa Marga, Jasa Raharja, Askrindo, Jiwasraya, Pelindo I, Pelindo III, RNI, Telkom, Pertamina, Jasindo, Jamkrindo, dan Bulog.

Selain dengan BUMN, Pelni dipercaya Kementerian Perhubungan untuk mengangkut pemudik sepeda motor dari Jakarta ke Semarang pergi dan pulang.

Mudik gratis sepeda motor dimulai 9 Juni hingga 22 Juni 2018. Pendaftaran mudik sepeda motor telah dibuka sejak 23 Maret akan berakhir 2 Juni 2018.

Pemudik sepeda motor dapat mendaftar melalui aplikasi, selanjutnya diverifikasi waktu kepastian keberangkatan.

"Mudik gratis untuk kendaraan motor, sekali angkut bisa muat 1.250 dari Tanjung Priok menuju Semarang," kata Tukul.

Pada masa puncak arus mudik (peak season), Pelni akan memberangkatkan kapal angkutan sepeda motor setiap hari dengan frekuensi keberangkatan empat kali sehari.

"Dalam 'peak season' ini ada empat keberangkatan ke Semarang dan empat ke Jakarta. Ditambah lagi dengan kapal-kapal perintis yang direkomendasikan Kementerian Perhubungan," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…