Bandara Baru Yogyakarta Masuk Tahap Konstruksi

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 26 Januari 2017 - 16:53 WIB

Ilustrasi Bandara
Ilustrasi Bandara

INDUSTRY.co.id, Yogyakarta - Groundbreaking bandara baru, New Yogyakarta International Airport (NYIA) akan dilaksanakan besok. Sejumlah pihak sangat berharap pembangunan bandara baru di Kulonprogo, Yogyakarta ini membawa dampak positif bagi pembangunan perekonomian di Yogyakarta.

Tokoh masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang juga adik raja Yogyakarta, GBPH Prabukusumo ketika berbicara di depan para banker saat grand opening Kantor Cabang MNC Bank Yogyakarta yang baru mengungkapkan, bandara baru, NYIA menjadi tonggak baru bagi DIY.

Harapannya mampu menjadi pengungkit perekonomian di wilayah ini. Berbagai sektor ekonomi dapat ditingkatkan dengan keberadaan bandara baru ini.

 “NYIA diharapkan mampu menambah lagi tingkat pertumbuhan ekonomi di DIY,” tuturnya di Yogyakarta, Kamis (26/1/2017).

Adik dari Sultan ini menuturkan, dia sebenarnya sudah pernah mengusulkan untuk pembangunan bandara di Kulonprogo pada 1983. Karena saat itu, dia melihat ada keterbatasan ruang gerak sektor pembangunan di DIY ketika bandara masih menggunakan bandara saat ini, Bandara Adisutjipto.

Sebab, Bandara Adisutjipto berada di pusat kota dan juga merupakan bandara sipil militer. Karena di pusat kota, maka ada batasan tertentu ketika akan melakukan pembangunan infrastruktut. Contoh yang paling sering menjadi kendala adalah batasan tinggi maksimal dari pembangunan gedung.

Contohnya, ketika kantor ataupun apartemen yang ingin berkembang tentu akan membangun gedung yang cukup tinggi sekitar 30 lantai. Tetapi karena adanya bandara tersebut, pada 1983 batas maksimal dari gedung tingginya hanya 4 lantai.

Meskipun saat ini tinggi maksimum sudah ditambah, tetapi tetap saja menjadi batasan. “Tentu ini membatasi pembangunan infrastruktur,” ucapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta (Foto Dok Industry.coid)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:15 WIB

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta

Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, berkolaborasi dengan Facebook untuk menggelar kelas lanjutan dari Kampus Shopee di salah satu komunitas penjual terbesar di…

 Achmad Zaki selaku CEO Bukalapak (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:58 WIB

Bukalapak Medan Rayakan Tiga Tahun Ngelapak Bersama Masyarakat

Komunitas Bukalapak Medan kemarin menggelar puncak perayaan ulang tahun yang ke-3 dengan meriah di Taman Hairos, Deli Serdang. Genap 3 tahun ngelapak bersama, pada perayaan ulang tahun kali…

Kerja sama BRI dan IDI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:40 WIB

Garuda dan BRI Ajak Penumpang Berikan Donasi Terbangkan Relawan IDI

Maskapai Nasional Garuda Indonesia berkerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menerbangkan sedikitnya 23 tenaga medis yang berasal dari "Ikatan Dokter Indonesia" (IDI) dalam sinergi misi…

Ilustrasi Industri Baja

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:22 WIB

Pemerintah Ingin Mahasiswa Siap Hadapi Era Industri 4.0

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin menginginkan mahasiswa mempersiapkan diri menghadapi era revolusi industri 4.0 seperti yang telah…

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada. (Dok:INDUSTRY.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:12 WIB

Lebih Efesien, Kini Lazada Terapkan Cashless bagi UMKM

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada.