Bandara Baru Yogyakarta Masuk Tahap Konstruksi

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 26 Januari 2017 - 16:53 WIB

Ilustrasi Bandara
Ilustrasi Bandara

INDUSTRY.co.id, Yogyakarta - Groundbreaking bandara baru, New Yogyakarta International Airport (NYIA) akan dilaksanakan besok. Sejumlah pihak sangat berharap pembangunan bandara baru di Kulonprogo, Yogyakarta ini membawa dampak positif bagi pembangunan perekonomian di Yogyakarta.

Tokoh masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang juga adik raja Yogyakarta, GBPH Prabukusumo ketika berbicara di depan para banker saat grand opening Kantor Cabang MNC Bank Yogyakarta yang baru mengungkapkan, bandara baru, NYIA menjadi tonggak baru bagi DIY.

Harapannya mampu menjadi pengungkit perekonomian di wilayah ini. Berbagai sektor ekonomi dapat ditingkatkan dengan keberadaan bandara baru ini.

 “NYIA diharapkan mampu menambah lagi tingkat pertumbuhan ekonomi di DIY,” tuturnya di Yogyakarta, Kamis (26/1/2017).

Adik dari Sultan ini menuturkan, dia sebenarnya sudah pernah mengusulkan untuk pembangunan bandara di Kulonprogo pada 1983. Karena saat itu, dia melihat ada keterbatasan ruang gerak sektor pembangunan di DIY ketika bandara masih menggunakan bandara saat ini, Bandara Adisutjipto.

Sebab, Bandara Adisutjipto berada di pusat kota dan juga merupakan bandara sipil militer. Karena di pusat kota, maka ada batasan tertentu ketika akan melakukan pembangunan infrastruktut. Contoh yang paling sering menjadi kendala adalah batasan tinggi maksimal dari pembangunan gedung.

Contohnya, ketika kantor ataupun apartemen yang ingin berkembang tentu akan membangun gedung yang cukup tinggi sekitar 30 lantai. Tetapi karena adanya bandara tersebut, pada 1983 batas maksimal dari gedung tingginya hanya 4 lantai.

Meskipun saat ini tinggi maksimum sudah ditambah, tetapi tetap saja menjadi batasan. “Tentu ini membatasi pembangunan infrastruktur,” ucapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Analisis Berbasis Lokasi Esri Indonesia

Selasa, 23 Oktober 2018 - 13:52 WIB

Bantu Pemulihan Bencana Pasca Gempa Tsunami Sulawesi, Esri Indonesia Kembangkan Analisis Berbasis Lokasi

Emergency Spatial Support Centre yang berada di bawah naungan Esri Indonesia, penyedia solusi geospasial terkemuka, telah mengembangkan portal pemetaan cerdas dengan teknologi canggih yang dirancang…

Penghargaan yang diperoleh Daffam Teraskita Jakarta pada 2018 (Foto Ist)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 12:14 WIB

Dafam Teraskita Jakarta Raih Penghargaan Traveloka Hotel Awards 2018

Hotel Dafam Teraskita Jakarta memperoleh penghargaan The Best Guest Experience in Cleanliness Premium pada acara Traveloka Hotel Awards 2018 se-Asia Tenggara.

Konferensi Pers Empat Tahun Kerja Pemerintahan Jokowi-JK (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 11:12 WIB

4 Tahun Kerja Pemerintahan Jokowi-JK, Pertumbuhan Ekonomi Nasional Relatif Stabil

Empat tahun kerja Pemerintahan Joko Widodo- Jusuf Kalla pertumbuhan ekonomi stabil di kisaran 5 persen. Selain itu, secara makro ekonomi dalam kurun waktu empat tahun dikelola dengan baik dan…

Sari Roti

Selasa, 23 Oktober 2018 - 10:48 WIB

Sari Roti Bukukan Penjualan Sebesar Rp 1,98 Triliun Hingga September 2018

Produsen Sari Roti, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. membukukan penjualan senilai Rp1,98 triliun hingga September 2018, tumbuh 8,79% dari posisi Rp1,82 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.…

Kredit Pintar Gandeng Komunitas Jendela Dukung Minat Baca Anak-Anak Sejak Dini

Selasa, 23 Oktober 2018 - 10:30 WIB

Kredit Pintar Gandeng Komunitas Jendela Dukung Minat Baca Anak-Anak Sejak Dini

Kredit Pintar memberikan pembekalan pengetahuan dasar dan membagikan buku-buku di Perpustakaan Komunitas Jendela di Kawasan Manggarai, Jakarta.