Bandara Baru Yogyakarta Masuk Tahap Konstruksi

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 26 Januari 2017 - 16:53 WIB

Ilustrasi Bandara
Ilustrasi Bandara

INDUSTRY.co.id, Yogyakarta - Groundbreaking bandara baru, New Yogyakarta International Airport (NYIA) akan dilaksanakan besok. Sejumlah pihak sangat berharap pembangunan bandara baru di Kulonprogo, Yogyakarta ini membawa dampak positif bagi pembangunan perekonomian di Yogyakarta.

Tokoh masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang juga adik raja Yogyakarta, GBPH Prabukusumo ketika berbicara di depan para banker saat grand opening Kantor Cabang MNC Bank Yogyakarta yang baru mengungkapkan, bandara baru, NYIA menjadi tonggak baru bagi DIY.

Harapannya mampu menjadi pengungkit perekonomian di wilayah ini. Berbagai sektor ekonomi dapat ditingkatkan dengan keberadaan bandara baru ini.

 “NYIA diharapkan mampu menambah lagi tingkat pertumbuhan ekonomi di DIY,” tuturnya di Yogyakarta, Kamis (26/1/2017).

Adik dari Sultan ini menuturkan, dia sebenarnya sudah pernah mengusulkan untuk pembangunan bandara di Kulonprogo pada 1983. Karena saat itu, dia melihat ada keterbatasan ruang gerak sektor pembangunan di DIY ketika bandara masih menggunakan bandara saat ini, Bandara Adisutjipto.

Sebab, Bandara Adisutjipto berada di pusat kota dan juga merupakan bandara sipil militer. Karena di pusat kota, maka ada batasan tertentu ketika akan melakukan pembangunan infrastruktut. Contoh yang paling sering menjadi kendala adalah batasan tinggi maksimal dari pembangunan gedung.

Contohnya, ketika kantor ataupun apartemen yang ingin berkembang tentu akan membangun gedung yang cukup tinggi sekitar 30 lantai. Tetapi karena adanya bandara tersebut, pada 1983 batas maksimal dari gedung tingginya hanya 4 lantai.

Meskipun saat ini tinggi maksimum sudah ditambah, tetapi tetap saja menjadi batasan. “Tentu ini membatasi pembangunan infrastruktur,” ucapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Indonesia

Jumat, 15 Februari 2019 - 21:00 WIB

Utang Luar Negeri Naik Menjadi Rp5.312 Triliun

Utang luar negeri Indonesia naik 6,9 persen secara tahun ke tahun pada akhir triwulan IV 2018 menjadi 376,8 miliar dolar AS atau setara dengan Rp5.312 triliun (asumsi kurs Rp14.100 per dolar…

Ilustrasi Nyamuk Demam Berdarah

Jumat, 15 Februari 2019 - 20:40 WIB

Hati-Hati! Anak yang Terinfeksi Kedua Kali oleh Virus Dengue dapat Berakibat Fatal

Jumlah kasus DBD tertinggi di Indonesia terjadi di Jawa Timur, yakni2.657kasus dan47 orang diantaranya meninggal dunia.

CEO &Founder; Pintro Syarif Hidayat

Jumat, 15 Februari 2019 - 20:37 WIB

Pintro Hadirkan Platform Digital Layanan Pendidikan Terintegrasi

Satu lagi platform aplikasi berbasis pendidikan turut meramaikan dunia pendidikan tanah air yaitu Pintro. Pintro merupakan platform digital aplikasi sistem tata kelola administrasi dan manajemen…

BMW Indonesia Gelar BMW Exhibition

Jumat, 15 Februari 2019 - 20:02 WIB

BMW Indonesia Gelar BMW Exhibition Hadirkan Program Khusus

BMW Indonesia menggelar BMW Exhibition selama 3 hari pada tanggal 15-17 Februari 2019 di Plaza Senayan Atrium. Beberapa program khusus diperkenalkan lebih luas seperti program khusus Drive to…

All New Suzuki Ertiga

Jumat, 15 Februari 2019 - 19:03 WIB

Terbukti Makin Diminati, Suzuki Tambah Fitur All New Ertiga

Untuk terus memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen akan kendaraan multiguna yang modern, All New Ertiga kini tampil lebih menarik dengan beberapa perubahan signifikan.