Kowani Minta Masyarakat Tak Diskriminasi Perempuan Bercadar

Oleh : Herry Barus | Kamis, 17 Mei 2018 - 09:54 WIB

Perempuan bercadar (Foto Dok Industry.co.id)
Perempuan bercadar (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo meminta masyarakat untuk tidak mendiskriminasi perempuan bercadar pascaledakan bom di Surabaya,Jatim.

"Masyarakat sebaiknya tidak takut dan melakukan diskriminasi terhadap perempuan bercadar," ujar Giwo di Jakarta, Rabu (16/5/2018)

Menurut dia, dengan kasus peledakan di sejumlah rumah ibadah di Surabaya tersebut, masyarakat harus tetap waspada dan saling menjaga lingkungan dalam artian jika ada hal-hal yang mencurigai perlu segera dilaporkan.

"Jika ada orang baru yang belum dikenal perlu adanya komunikasi , jadi kerukunan tetangga di lingkungan RT dan RW perlu diguyubkan lagi, terutama pasca bom ini, di semua wilayah".

Giwo menambahkan pemakaian cadar oleh perempuan merupakan hak azasi mereka dalam menjalan perintah agama.

"Yang penting dari sisi pakaian tidak merugikan dan membuat perhatian orang lain," kata mantan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Sebelumnya, beredar sebuah video berdurasi 30 detik tentang perempuan bercadar digiring keluar dari bus di Terminal Gayatri, Tulungagung, Jawa Timur.

Video menjadi perbincangan karena perempuan bercadar tersebut digiring keluar dari bus.

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Gayatri Tulungagung, Ony Suryanto, memastikan tidak ada pengusiran terhadap perempuan bercadar seperti yang beredar di media sosial.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vivo V15 Pro

Rabu, 20 Maret 2019 - 18:10 WIB

Sebelum Beli Smartphone, Ini Keunggulan Vivo V15 Pro yang Harus Kamu Tau

Vivo V15 Pro bukan hanya mengintegrasikan fitur kamera terbaru untuk selfie atau portrait saja, namun juga semakin eksploratif untuk berbagai kebutuhan mobile photography lainnya dengan fitur-fitur…

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…