Clear Dorong Ribuan Generasi Milenial Indonesia Wujudkan Mimpi Besar Mereka melalui Gerakan Clear Ayo! Indonesia Bisa

Oleh : Dina Astria | Rabu, 16 Mei 2018 - 20:02 WIB

Agnezmo dan Hamish Daud dalam jumpa pers Gerakan Clear Ayo! Indonesia Bisa
Agnezmo dan Hamish Daud dalam jumpa pers Gerakan Clear Ayo! Indonesia Bisa

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Terlepas dari jumlah generasi milenial yang tinggi hingga diprediksi akan mendominasi angkatan kerja di Indonesia , realitanya belum semua milenial sudah mantap tentang mimpi besar mereka. Perkembangan media sosial digital yang terbuka dan cenderung menghakimi berpotensi membentuk generasi milenial menjadi mudah terpengaruh dan ‘ikut-ikutan’, tanpa mendengar kata hatinya. Memahami hal tersebut, Clear mendorong perwujudan mimpi besar generasi muda melalui gerakan Ayo! Indonesia Bisa. Berkolaborasi dengan Ideafest dan dibantu oleh para Agen Perubahan Clear, gerakan ini sukses menginspirasi ribuan milenial di 5 kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Makassar.

Asima Haq selaku Head of Marketing Hair Care PT Unilever Indonesia Tbk menyatakan, “Setelah secara rutin hadir mendukung dunia olah raga Indonesia sejak tahun 2011, tahun ini Clear Ayo! Indonesia Bisa kembali dengan tujuan lebih besar, yaitu untuk menginspirasi dan menggerakkan milenial Indonesia dalam menemukan dan mulai mewujudkan mimpi besarnya. Kami memilih generasi milenial karena mereka akan menentukan masa depan Indonesia. Sejak dimulai awal tahun 2018, sudah ada ribuan milenial Indonesia yang telah berbagi cerita dengan kami mengenai mimpi besarnya serta langkah pertama untuk mewujudkannya.”

Dalam menggerakkan para generasi milenial Indonesia, Clear menghadirkan para Agen Perubahan Clear atau Clear Agent of Change yang merupakan perwakilan generasi muda dari berbagai latar belakang yang berbagi cerita inspiratif tentang mimpi besar yang ingin mereka wujudkan dalam hidup, dan bagaimana mereka berupaya mewujudkannya dengan sebuah langkah awal. Adapun para Agen Perubahan Clear Ayo! Indonesia Bisa adalah Hamish Daud (surfer dan presenter acara travelling), Alinka Hardianti (drifter wanita), Kimberly Ryder (aktris muda), Dhea Annisa (chef), Chandra Liow (entrepreneur & komedian), Agung Hapsah (Video maker & Youtuber) dan dr. Gamal Albinsaid (dokter dan founder Asuransi Sampah).

Hamish Daud Wyllie, sebagai seorang surfer dan presenter acara travelling, mengungkapkan, “Buat saya, mimpi besar bisa terinspirasi dari hal-hal sederhana, sesederhana melakukan hal yang kita cintai. Seperti contohnya saya yang sudah cinta surfing dan laut sejak kecil, kemudian tergerak untuk melakukan sesuatu yang lebih berguna untuk menyelamatkan kondisi laut Indonesia yang semakin menurun drastis. We are in code red. Saat itu, saya merasa, sudah saatnya kita mengubah sikap, kalau kita ingin melihat lautan Indonesia kembali sehat dan indah. Menjadi seorang presenter acara travelling adalah salah satu cara saya agar bisa didengar. This has made me realize; you have to love what you do. It has to have a purpose. If you do things based on a foundation that is full of love, it’d be hard to call it work.”

Alinka Hardianti, yang merupakan seorang Drifter Wanita, menambahkan, “Banyak pihak yang awalnya meragukan keputusan saya saat memilih untuk menjadi seorang drifter, karena adanya anggapan bahwa drifting merupakan olahraga ekstrim yang diperuntukkan bagi laki-laki, termasuk orang tua saya sendiri. Mempunyai latar belakang pendidikan di bidang bisnis, saya tetap merasa bahwa menjadi seorang drifter merupakan mimpi besar yang saya ingin lakukan seumur hidup saya. Hati saya melonjak-lonjak bahagia setiap latihan, dan kini, seluruh pencapaian dan penghargaan yang saya terima adalah sebuah pembuktian untuk menunjukkan bahwa tidak ada satupun hal yang dapat mematahkan mimpi besar kita apabila kita bersungguh-sungguh dalam memperjuangkan mimpi kita, semesta akan turut mendukung mewujudkannya.”

Konferensi yang diisi oleh para sosok Agen Perubahan Clear dan tokoh-tokoh muda inspiratif lainnya hadir dalam bentuk orasi dan talkshow, yang terinspirasi dari gerakan para pejuang kebangkitan nasional. Selain itu, gerakan Clear Ayo! Indonesia Bisa juga menyuguhkan mini pop-up museum yang memamerkan karya seniman muda Indonesia yang bertujuan untuk menenampilkan sejarah perjalanan pemuda Indonesia, serta menyampaikan pesan mengenai bergantungnya masa depan dan kebangkitan bangsa pada milenial Indonesia. Selain itu, terdapat pula aktivasi street art yang merupakan hasil dari goresan dan karya musik seniman muda Indonesia.

Sebagai puncak gerakan Clear Ayo! Indonesia Bisa, Clear mengajak generasi milenial menyanyikan mimpi besar mereka dengan lantang di konser yang didukung oleh jajaran artis muda inspiratif Indonesia di antaranya Agnez Mo, Sheila on 7, Disco Pantera, dan kolaborasi dari musisi muda berbakat Indonesia yang terdiri dari Gita Gutawa, Vidi Aldiano, Eka Gustiwarna, Chandra Liow. Lagu Ayo! Indonesia Bisa, sebagai salah satu aset dari gerakan ini, juga akan dinyanyikan pada konser ini.

Agnez Mo selaku Brand Ambassador Clear Indonesia sejak tahun 2011 yang juga akan turut mengisi Konser Clear Ayo! Indonesia Bisa mengatakan, “Sejak awal, saya sudah tau bahwa mimpi besar saya adalah untuk go international, and I wasn’t afraid to say it out loud. Meskipun banyak pihak yang berkomentar dan meragukan mimpi besar saya, saya tetap merasa yakin kepada kemampuan saya. Karena itu, saya tahu bahwa yang harus saya lakukan pada saat itu adalah mengambil langkah pertama, karena semua pencapaian dimulai dengan satu langkah. Perjalanan saya belum selesai, saya masih akan melakukan ribuan langkah untuk mewujudkan mimpi besar saya. Kalau Saya Bisa, Kamu Juga Bisa! Kenapa Ga Bisa? Ayo! Indonesia Bisa!

“Gerakan Clear Ayo! Indonesia Bisa adalah bentuk komitmen Clear untuk mendukung generasi muda Indonesia, yang diharapkan bisa terus memberikan pengaruh positif bagi kemajuan mereka,” tutup Asima.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…