Unilever Berencana Divestasi Aset Dengan Nilai Mencapai Rp2,914 Triliun

Oleh : Hariyanto | Rabu, 16 Mei 2018 - 13:38 WIB

Unilever
Unilever

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) berencana menjual aset dari kategori baking, cooking, dan spreads, yang diperkirakan mencapai Rp2,914 triliun. 

Berdasarkan prospektus ringkat yang diterbitkan Rabu (16/5/2018), penjualan aset dari kategori ini mencakup penjualan aset tidak berwujud yang termasuk namun tidak terbatas pada hak untuk mendistribusikan produk yang menggunakan merek dagang global Frytol, Blue Band Master dan Blue Band, serta merek dagang lokal Minyak Samin dan Blue Bland Gold.

Selanjutnya, penjualan aset berwujud termasuk namun tidak terbatas pada aet produksi, perlengkapan, persediaan, dan barang dagang. Kemudian, penyewaan sebagian dari tanah dan bangunan pabrik Cikarang yang digunakan untuk pengoperasian aset kategori Spreads, serta penjualan mereka dagang lokal, kepada Sigma Bidco B.V atau afiliasinya di Indonesia.

Karena nilai total penjualan aset dari kategori Spreads yang merupakan transaksi material sehingga membutuhkan persetujuan RUPS Luas Biasa.

Perseroan memiliki perjanjian lisensi dengan Unilever N.V. untuk penggunaan berbagai merek global di Indonesia yang dimiliki oleh Unilever N.V. termasuk merek dagang global.

Berdasarkan perjanjian lisensi, Unilever N.V. dapat setiap saat menambah atau mengurangi merek global yang dapat digunakan oleh Perseroan di Indonesia. Selain itu, sebagai bagian dari Grup Unilever yang memiliki operasi di seluruh dunia, perseroan selalu menyelaraskan strategi maupun kebijakan global dari Grup Unilever untuk merek-merek yang dikomersialisasi oleh perusahaan di Indonesia.

Pada 15 Desember 2017, Unilever N.V. dan Unilever Plc menerima tawaran mengikat dari Sigma Bidco B.V., sehubungan dengan pembelian bisnis spreads global milik Grup Unilever, termasuk aset kategori Spreads di Indonesia yang dimiliki oleh perseroan.

Dengan memisahkan aset kategori Spreads ini, maka perseroan akan lebih fokus kepada produk kategori Home and Personal Care serta Foods and Refreshments sesuai dengan rencana pertumbuhan jangka panjang perseroan dan Grup Unilever.

Unilever N.V., Unilever Plc dan Sigma Bidco B.V. akan menandatangani Share and Business Sale Agreement terkait dengan jual beli perusahaan dan bisnis yang merupakan bagian dari bisnis Baking, Cooking dan Spreads global milik Grup Unilever. 

Sehubungan dengan penjualan tersebut, Pperseroan akan mengadakan perjanjian pengalihan dengan Sigma Bidco B.V. atau afiliasinya di Indonesia atau di yurisdiksi lain untuk bagian dari bisnis Spreads di Indonesia.(imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)

Senin, 20 Agustus 2018 - 22:00 WIB

Wisman Tiongkok Dominasi Kedatangan Bandara Ngurah Rai Bali

PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat wisman asal Tiongkok mendominasi kedatangan penumpang mancanegara di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, yakni mencapai 23,6 persen dari total keseluruhan…

Atlet Wushu Indonesia, Lindswell Kwok Raih Medali Emas di Ajang Asian Games 2018

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:25 WIB

Raih Medali Emas, Lindswell Kwok Nikmati Bonus Rp 1,5 Miliar Plus Mobil

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi mengaku telah menyiapkan 3 (Tiga) mobil dan uang sebesar Rp 1,5 miliar sebagai bonus peraih medali emas di ajang Asian Games 2018.

Ketua Umum Parmusi Usamah Hisyam (Foto Anto)

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:08 WIB

Parmusi Disegani Penguasa Dicintai Ulama

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) berkiprah di Indonesia sudah cukup lama. Era reformasi 1999, Parmusi lahir dari sebelumnya Muslimin…

Ilustrasi Balap Sepeda (Foto Ist)

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Balap Sepeda Berkibar, Andini dan Khoiful Kawinkan Emas Downhill

Setelah Taekwondo dan Wushu, kini giliran balap sepeda Indonesia berkibar. Kali ini, pasukan Raja Sapta Oktohari tidak tanggung-tanggung meraup dua medali emas pada hari pertama perlombaan balap…

Menpora Imam Nahrawi menyerahkan secara simbolik bonus Rp 1,5 miliar kepada Defia Rosmaniar (Foto: Dok. Kemenpora)

Senin, 20 Agustus 2018 - 20:40 WIB

Menpora Serahkan Bonus Rp 1,5 Miliar kepada Dara Manis Asal Bogor, Defia Rosmaniar

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi secara simbolik menyerahkan bonus medali emas sebesar Rp 1,5 miliar kepada atlet Taekwondo Defia Rosmaniar.