Unilever Berencana Divestasi Aset Dengan Nilai Mencapai Rp2,914 Triliun

Oleh : Hariyanto | Rabu, 16 Mei 2018 - 13:38 WIB

Unilever
Unilever

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) berencana menjual aset dari kategori baking, cooking, dan spreads, yang diperkirakan mencapai Rp2,914 triliun. 

Berdasarkan prospektus ringkat yang diterbitkan Rabu (16/5/2018), penjualan aset dari kategori ini mencakup penjualan aset tidak berwujud yang termasuk namun tidak terbatas pada hak untuk mendistribusikan produk yang menggunakan merek dagang global Frytol, Blue Band Master dan Blue Band, serta merek dagang lokal Minyak Samin dan Blue Bland Gold.

Selanjutnya, penjualan aset berwujud termasuk namun tidak terbatas pada aet produksi, perlengkapan, persediaan, dan barang dagang. Kemudian, penyewaan sebagian dari tanah dan bangunan pabrik Cikarang yang digunakan untuk pengoperasian aset kategori Spreads, serta penjualan mereka dagang lokal, kepada Sigma Bidco B.V atau afiliasinya di Indonesia.

Karena nilai total penjualan aset dari kategori Spreads yang merupakan transaksi material sehingga membutuhkan persetujuan RUPS Luas Biasa.

Perseroan memiliki perjanjian lisensi dengan Unilever N.V. untuk penggunaan berbagai merek global di Indonesia yang dimiliki oleh Unilever N.V. termasuk merek dagang global.

Berdasarkan perjanjian lisensi, Unilever N.V. dapat setiap saat menambah atau mengurangi merek global yang dapat digunakan oleh Perseroan di Indonesia. Selain itu, sebagai bagian dari Grup Unilever yang memiliki operasi di seluruh dunia, perseroan selalu menyelaraskan strategi maupun kebijakan global dari Grup Unilever untuk merek-merek yang dikomersialisasi oleh perusahaan di Indonesia.

Pada 15 Desember 2017, Unilever N.V. dan Unilever Plc menerima tawaran mengikat dari Sigma Bidco B.V., sehubungan dengan pembelian bisnis spreads global milik Grup Unilever, termasuk aset kategori Spreads di Indonesia yang dimiliki oleh perseroan.

Dengan memisahkan aset kategori Spreads ini, maka perseroan akan lebih fokus kepada produk kategori Home and Personal Care serta Foods and Refreshments sesuai dengan rencana pertumbuhan jangka panjang perseroan dan Grup Unilever.

Unilever N.V., Unilever Plc dan Sigma Bidco B.V. akan menandatangani Share and Business Sale Agreement terkait dengan jual beli perusahaan dan bisnis yang merupakan bagian dari bisnis Baking, Cooking dan Spreads global milik Grup Unilever. 

Sehubungan dengan penjualan tersebut, Pperseroan akan mengadakan perjanjian pengalihan dengan Sigma Bidco B.V. atau afiliasinya di Indonesia atau di yurisdiksi lain untuk bagian dari bisnis Spreads di Indonesia.(imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Speaker HomePod milik Apple versi harga murah.

Rabu, 23 Mei 2018 - 14:19 WIB

Speaker HomePod Versi Murah Milik Apple Tengah Dipersiapkan

Apple Inc. saat ini tengah mempersiapkan HomePod baru dengan harga yang lebih terjangkau. HomePod versi murah milik Apple ini akan diberi nama Beats. Sebelumnya, HomePod Apple sedikit tertinggal…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 23 Mei 2018 - 14:15 WIB

BI: Kebutuhan Uang Tunai Lebaran Rp188,2 Triliun

Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi memperkirakan kebutuhan uang tunai selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 2018 mencapai Rp188,2 triliun secara nasional.

Klappertaart (Foto : Galena)

Rabu, 23 Mei 2018 - 14:00 WIB

Ini Dia, Resep Klappertaart Kurma Hidangan Manis untuk Berbuka Puasa

INDUSTRY.co.id - Jakarta Klappertaart merupakan kue khas Manado, Sulawesi Utara, yang berbahan dasar tepung terigu, telur, dan susu. Biasanya klappertaart menjadi makan penutup hidangan. Rasanya…

Kabupaten Garut, Jawa Barat memiliki jumlah usaha mikro yang cukup banyak mencapai 53.431 unit. Omzet yang diperoleh usaha mikro tersebut hingga Rp1,79 triliun pada 2017 naik dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp1,56 triliun.

Rabu, 23 Mei 2018 - 13:51 WIB

Kinerja Usaha Mikro Kabupaten Garut Capai Rp 1,79 triliun

Kabupaten Garut, Jawa Barat memiliki jumlah usaha mikro yang cukup banyak mencapai 53.431 unit. Omzet yang diperoleh usaha mikro tersebut hingga Rp1,79 triliun pada 2017 naik dari tahun sebelumnya…

Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla (Foto Setkab)

Rabu, 23 Mei 2018 - 13:21 WIB

Presiden Jokowi Tandatangani PP THR Pensiunan ASN

Presiden Joko Widodo menandatangani peraturan pemerintah tentang pemberian tunjangan hari raya kepada aparatur sipil negara, termasuk kepada para pensiunan ASN.