Promosi Destinasi Wisata Halal di Sumbar Dinilai Masih Minim

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 16 Mei 2018 - 14:00 WIB

Masjid Raya Sumatera Barat, Padang (mzaim_unp/Instagram)
Masjid Raya Sumatera Barat, Padang (mzaim_unp/Instagram)

INDUSTRY.co.id, Padang - Sumatera Barat, terkenal juga sebagai destinasi wisata halalnya namun, menurut Asosiasi Pengusaha Travel Indonesia (Asita) Sumatera Barat (Sumbar) menilai promosi wisata halal daerah itu masih sangat minim hingga belum dikenal oleh wisatawan dunia.

"Saya baru kembali dari Dubai terkait wisata. Ternyata tidak ada yang tahu Sumbar sebagai destinasi wisata halal. Itu karena promosi kurang," kata Ketua Asita Sumbar, Ian Hanafiah di Padang, Selasa (15/5/2018).

Destinasi wisata halal di Indonesia yang telah dikenal dunia baru Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) sementara Sumbar belum dikenal.

Jika ingin menggaet wisatawan dengan status sebagai destinasi wisata halal, perlu promosi yang lebih baik dan dukungan semua pihak.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengakui wisatawan yang datang ke Sumbar karena status wisata halal memang belum banyak.

Hal itu disebabkan target pasar wisatawan yang disasar itu tidak jelas sehingga hasilnya tidak maksimal.

"Wisatawan nusantara yang datang ke Sumbar bukan karena wisata halal, tetapi karena destinasinya. Meski tidak disebut halal, mereka sudah yakin semua di Sumbar itu halal," jelasnya.

Sementara wisatawan dari Timur Tengah dan negara islam lain yang dibidik, juga tidak bisa maksimal karena mereka ternyata lebih memilih plesiran ke Bali atau Puncak, Bogor.

Padahal Sumbar sudah menyiapkan infrastruktur pendukung untuk wisata halal seperti hotel dan rumah makan, tetapi target wisatawan yang disasar masih tidak juga jelas.

Sebagian pelaku usaha pariwisata malah mulai mengganti "image" wisata halal itu dengan "family friendly" untuk menarik wisatawan datang ke Sumbar. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BGR Logistics Jalin Kerjasama Dengan INKA

Jumat, 18 Januari 2019 - 15:58 WIB

BGR Logistics Jalin Kerjasama Dengan INKA Terkait Pemanfaatan Sumber Daya Perusahaan

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA tentang…

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:30 WIB

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mempertahankan prestasi dan kembali memperoleh sertifikat ISO 9001-2015 dari Worldwide Quality Assurance (WQA), sebuah lembaga sertifikasi manajemen berstandar…

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:23 WIB

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Berkembang dari tema sebelumnya yaitu "Transmutation" yang berarti transformasi, tema kali ini adalah "Alteration" yang berarti "perubahan" untuk menandakan penyatuan antara kedua merek - Timberland…

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…