Mencicipi Hidangan Musakhan, Kuliner Khas Ramadan di Palestina

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 16 Mei 2018 - 12:00 WIB

Hidangan Musakhan, Kuliner Khas Ramadan di Palestina (Foto: Istimewa)
Hidangan Musakhan, Kuliner Khas Ramadan di Palestina (Foto: Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menyambut Bulan Suci Ramadan, berbagai hidangan kuliner khas disajikan di berbagai negara. Seperti, kuliner tradisional "Musakhan" yang meruapakan hidangan khas Palestina. Musakhan merupakan kuliner berupa ayam panggang yang teridiri dari bawang, roti, sumac (rempah-rempah), dan kacang pinus goreng.

Jika Kamu ingin mencoba membuat hidangan ini untuk berbuka puasa, berikut ini bahan dan cara pembuatannya dikutip dari egypttoday, Rabu (16/5/2018) :

Bahan:

- 1 potong ayam, potong 4 porsi saji
- ¼ cangkir sumac kering
- 1 sendok teh bubuk kayu manis
- Garam, lada, dan merica
- ½ lemon
- 2 siung bawang putih
- 2 cangkir minyak zaitun segar
- 1 kg bawang, kupas dan cincang. Pastikan bahwa Anda tidak memotong bawang terlalu halus, karena mereka dapat kehilangan tekstur dengan memasak.
- Dua roti besar Taboon. Orang Palestina menggunakan roti yang disebut shrak atau marquq untuk hidangan ini.
- Kacang-kacangan untuk topping dan dekorasi (kacang pinus dan almond adalah yang paling umum digunakan)

Sumac adalah rempah-rempah yang berasal dari buah kering dan tanah dari semak-semak Rhus, yang berbentuk bubuk merah tua keunguan yang asam. Sumac digunakan untuk memberi rasa asam, degan memberikan lemon ke ayam, atau digunakan di Salad ala Timur Tengah.

Roti taboon biasanya dipanggang dalam oven yang sangat panas dilapisi dengan batu halus bulat atau, bisa diganti dengan roti pipih asalkan tidak terlalu tipis, karena harus tahan menahan bawang dan ayam.

Cara Pembuatan :

- Dalam mangkuk, campurkan ayam, sumac, bumbu, lemon, bawang putih, garam, dan lada. Rendam dalam kulkas setidaknya selama 30 menit, atau lebih baik selama beberapa jam.

- Panaskan minyak zaitun dalam panci besar atau panci di atas api sedang-tinggi. Tambahkan ayam, kulit bagian bawah, dan masak sampai kulit coklat keemasan (20-30 menit). Setelah ayam selesai, pindahkan potongan ke piring.

- Kecilkan api dan tambahkan bawang ke dalam panci pastikan bahwa ada cukup minyak zaitun untuk merendam bawang sepenuhnya dan aduk sampai bawang matang dan mulai mengaramel. Setelah bawang selesai, letakkan dalam saringan untuk mengalirkan minyak yang berlebihan.

- Taburkan bawang dengan sumac, kayu manis, lada hitam dan merica, dan aduk hingga benar-benar terlapisi dengan campuran.

- Lapisi bagian bawah loyang dengan roti Taboon dan sikat dengan beberapa minyak zaitun, lalu taburkan setengah bawang diatasnya. Taruh ayam di atas bawang dan masukkan ayam dengan bawang yang tersisa.

- Tempatkan loyang dalam oven yang dipanaskan menjadi 180 derajat selsius dan panggang selama 10 menit.

- Keluarkan hidangan dari oven dan diamkan sekitar 10 menit.

- Atas dengan kacang dan taburi dengan sumac. Kamu bisa menyajikan Musakhan dengan yogurt polos.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Pegadaian (Persero)

Rabu, 21 November 2018 - 14:35 WIB

Perkembangan Kinerja Pegadaian Selama Lima Tahun Terakhir Positif

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk, Harianto Widodo mengatakan, perkembangan kinerja Pegadaian selama 5 tahun belakangan ini selalu menunjukkan hal yang positif.

Pegadaian Raih Penghargaan Winner of The Best Marketing

Rabu, 21 November 2018 - 14:16 WIB

Tumbuh Dengan Produk Inovatif, Pegadaian Raih Penghargaan Winner of The Best Marketing

PT Pegadaian (persero) menerima penghargaan sebagai Winner of The Best Marketing untuk Chief Marketing Officer pada acara BUMN Branding & Marketing Award 2018, yang di selenggarakan oleh Majalah…

Pameran kuliner internasional Sial Interfood 2018 yang dibuka hari ini Rabu 21 hingga 24 November 2018 di JIExpo Kemayoran (Foto: INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 November 2018 - 13:52 WIB

Sial Intefood Dongkrak Kuliner Nusantara Tembus Pasar Internasional

Pameran Sial Interfood 2018 resmi dibuka hari ini. Pameran kuliner internasional ini diharapkan memperkenalkan dan semakin mempopulerkan kuliner khas Indonesia. Pameran yang berlangsung empat…

PIK Avenue hadirkan program Disneys Ralph Breaks The Internet: Wreck-It-Ralph 2

Rabu, 21 November 2018 - 13:30 WIB

Serunya Rangkaian Christmas Experience di PIK Avenue

Memeriahkan perayaan Natal dan Tahun Baru, PIK Avenue kembali menggelar rangkaian acara dan program belanja menarik untuk para pengunjung setianya mulai dari November 2018 hingga Januari 2019.

Pameran kuliner internasional Sial Interfood 2018 yang dibuka hari ini Rabu 21 hingga 24 November 2018 di JIExpo Kemayoran (Foto: INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 November 2018 - 13:24 WIB

Kembali Digelar, Pameran Kuliner Internasional Sial Interfood 2018 Targetkan Transaksi Rp 2 Triliun

Kabar gembira bagi Anda pecinta kuliner atau bahkan yang ingin memulai bisnis kuliner, sebabnya kini kembali hadir pameran Sial Interfood 2018 yang dibuka hari ini Rabu 21 hingga 24 November…