Mencicipi Hidangan Musakhan, Kuliner Khas Ramadan di Palestina

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 16 Mei 2018 - 12:00 WIB

Hidangan Musakhan, Kuliner Khas Ramadan di Palestina (Foto: Istimewa)
Hidangan Musakhan, Kuliner Khas Ramadan di Palestina (Foto: Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menyambut Bulan Suci Ramadan, berbagai hidangan kuliner khas disajikan di berbagai negara. Seperti, kuliner tradisional "Musakhan" yang meruapakan hidangan khas Palestina. Musakhan merupakan kuliner berupa ayam panggang yang teridiri dari bawang, roti, sumac (rempah-rempah), dan kacang pinus goreng.

Jika Kamu ingin mencoba membuat hidangan ini untuk berbuka puasa, berikut ini bahan dan cara pembuatannya dikutip dari egypttoday, Rabu (16/5/2018) :

Bahan:

- 1 potong ayam, potong 4 porsi saji
- ¼ cangkir sumac kering
- 1 sendok teh bubuk kayu manis
- Garam, lada, dan merica
- ½ lemon
- 2 siung bawang putih
- 2 cangkir minyak zaitun segar
- 1 kg bawang, kupas dan cincang. Pastikan bahwa Anda tidak memotong bawang terlalu halus, karena mereka dapat kehilangan tekstur dengan memasak.
- Dua roti besar Taboon. Orang Palestina menggunakan roti yang disebut shrak atau marquq untuk hidangan ini.
- Kacang-kacangan untuk topping dan dekorasi (kacang pinus dan almond adalah yang paling umum digunakan)

Sumac adalah rempah-rempah yang berasal dari buah kering dan tanah dari semak-semak Rhus, yang berbentuk bubuk merah tua keunguan yang asam. Sumac digunakan untuk memberi rasa asam, degan memberikan lemon ke ayam, atau digunakan di Salad ala Timur Tengah.

Roti taboon biasanya dipanggang dalam oven yang sangat panas dilapisi dengan batu halus bulat atau, bisa diganti dengan roti pipih asalkan tidak terlalu tipis, karena harus tahan menahan bawang dan ayam.

Cara Pembuatan :

- Dalam mangkuk, campurkan ayam, sumac, bumbu, lemon, bawang putih, garam, dan lada. Rendam dalam kulkas setidaknya selama 30 menit, atau lebih baik selama beberapa jam.

- Panaskan minyak zaitun dalam panci besar atau panci di atas api sedang-tinggi. Tambahkan ayam, kulit bagian bawah, dan masak sampai kulit coklat keemasan (20-30 menit). Setelah ayam selesai, pindahkan potongan ke piring.

- Kecilkan api dan tambahkan bawang ke dalam panci pastikan bahwa ada cukup minyak zaitun untuk merendam bawang sepenuhnya dan aduk sampai bawang matang dan mulai mengaramel. Setelah bawang selesai, letakkan dalam saringan untuk mengalirkan minyak yang berlebihan.

- Taburkan bawang dengan sumac, kayu manis, lada hitam dan merica, dan aduk hingga benar-benar terlapisi dengan campuran.

- Lapisi bagian bawah loyang dengan roti Taboon dan sikat dengan beberapa minyak zaitun, lalu taburkan setengah bawang diatasnya. Taruh ayam di atas bawang dan masukkan ayam dengan bawang yang tersisa.

- Tempatkan loyang dalam oven yang dipanaskan menjadi 180 derajat selsius dan panggang selama 10 menit.

- Keluarkan hidangan dari oven dan diamkan sekitar 10 menit.

- Atas dengan kacang dan taburi dengan sumac. Kamu bisa menyajikan Musakhan dengan yogurt polos.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Jaringan 5G

Senin, 21 Januari 2019 - 20:50 WIB

China Unicom dan ZTE Selesaikan Panggilan Telepon 5G Pertama di Dunia dengan Smartphone Prototipe 5G ZTE

ZTE Corporation, penyedia solusi telekomunikasi, perusahaan, dan teknologi terkemuka untuk internet seluler, mengumumkan bahwa China Unicom cabang Guangdong dan ZTE telah melakukan panggilan…

ACE Hardware

Senin, 21 Januari 2019 - 20:25 WIB

Tawarkan Solusi Kebutuhan Produk Harian, ACE Hadirkan Program Your Everyday Solutions

Terus manjakan konsumen dengan berbagai pilihan produk inovatif dan berkualitas, ACE tawarkan promo menarik untuk berbagai produk yang memudahkan kegiatan keseharian melalui program Your Everyday…

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)

Senin, 21 Januari 2019 - 20:10 WIB

Menperin Pastikan Produksi Massal AMMDes Akan Dimulai pada 2019

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terus memacu peningkatan produktivitas dan daya saing alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) agar mampu kompetitif di pasar domestik hingga ekspor.…

Kemenperin serahkan AMMDes Pengolahan Air Jernih ke Sulteng (Foto: Kemenperin)

Senin, 21 Januari 2019 - 19:45 WIB

Kemenperin Salurkan Lima Unit AMMDes Pengolah Air Jernih ke Sulteng

Kementerian Perindustrian akan menyalurkan lima unit alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) yang berfungsi sebagai pengolah air jernih untuk tiga wilayah yang terkena dampak gempa di Provinsi…

Ilustrasi buku bacaan

Senin, 21 Januari 2019 - 18:08 WIB

Dua Belas Penulis Indonesia Hadir di London Fair 2019

Jakarta - British Council dan Komite Nasional menyeleksi penulis yang akan ditampilkan di London Book Fair 2019 dalam sejumlah acara yang bertujuan memperkenalkan kekayaan literasi Indonesia.