Sambut Imlek, Banyuwangi Gelar Malam Budaya Tionghoa

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 26 Januari 2017 - 14:33 WIB

Perayaan Tahun Baru Imlek (Barcroft Media/Getty Images)
Perayaan Tahun Baru Imlek (Barcroft Media/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Banyuwangi - Pada Rabu malam (25/01/2017), Kabupaten Banyuwangi adalah sebuah Provinsi di Jawa Timur, menggelar kegiatan Malam Budaya Tionghoa dalam rangka menyambut perayaan Tahun Baru Imlek yang ke 2568, di Gelanggang Seni Budaya Blambangan.

Dengan mengenakan baju khas warna merah, ratusan warga Tionghoa dari berbagai wilayah di Banyuwangi berkumpul bersama. Lampu lampion yang menerangi malam itu memeriahkan suasana di jantung Kota Banyuwangi. Penampilan khas Kesenian masyarakat Tionghoa dipadupadankan dengan masyarakat khas Suku Using yang disebut dengan masyarakat asli Banyuwangi seperti penampilan musik pengiring angklung, tari pitik-pitikan, hingga kesenian barong.  

Pek Ing Gwan selaku Ketua Paguyuban Warga Tionghoa Banyuwangi mengatakan, sangat mengapresiasi dengan digelarnya kegiatan tersebut karena hal itu menununjukkan bahwa keberagaman yang ada di Banyuwangi menghasilkan masyarakat yang harmonis.

"Acara ini sangat bagus untuk memupuk rasa saling memahami dan menghormati. Di setiap acara hari besar yang kami gelar, kami juga selalu melengkapi suguhan dengan mengangkat budaya lokal untuk tampil bersama, sehingga semua hidup dalam harmoni," kata, Pek Ing Gwan, Banyuwangi, Rabu (25/01/2017)

Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi turut hadir bersama dengan Wakil Bupati, Yusuf Widiyatmoko. Beliau mengatakan, dengan digelarnya acara ini bertujuan untuk memupuk kebersamaan antar masyarakat.

"Tak hanya kesenian warga Tionghoa yang ditampilkan, namun juga kesenian lokal. Ini benar-benar wujud dari keberagaman di Banyuwangi yang harus dimaknai sebagai realitas sosial yang mesti disikapi dengan bijak, yaitu dengan saling menghargai dan menghormati," ujar Anas.

"Meski di Banyuwangi banyak etnis, budaya, dan agama, tidak pernah ada polemik, Banyuwangi daerah aman dan damai sehingga tidak pernah ada konflik antarumat," tegasnya.

Anas menambahkan, perayaan Imlek ini juga sebagai upaya penguatan bersama warga Tionghoa dalam membangun Banyuwangi. Warga Tionghoa dan kelompok masyarakat lain mesti berpadu bersama pemerintah dalam membantu penyelesaian permasalahan kemasyarakatan, seperti problem siswa putus sekolah dan warga miskin.

Sudah tercatat, di Banyuwangi ada lima ribu anak yang putus sekolah. Saat ini, hanya tersisa 93 anak yang belum teratasi. Program ini akan lebih hebat jika para warga Tionghoa ikut serta terlibat bersama membantu pemerintah. Tidak hanya masyarakat Tionghoa, jika seluruh lapisan masyarakat di Banyuwangi program ini akan lebih mudah diselesaikan, tegasnya.

Suasana menjelang Imlek mengingatkannya kepada sosok KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Presiden keempat RI. Gus Dur merupakan tokoh yang memberi ruang bagi upaya saling menghargai dalam perbedaan. Gus Dur pula yang berinisiatif membuka ruang ekspresi kebudayaan bagi warga Tionghoa di negara ini.

"Pada masa Beliau menjabat sebagai Presiden, Budaya Tionghoa diberi ruang yang luas. Beliau adalah tokoh besar sekaligus ulama yang menjunjung tinggi toleransi. Karena itu, dalam peringatan semacam ini, kita harus berterima kasih kepada Almarhum (Gus Dur)," tutupnya, Anas. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.