Mahasiswa dan Pelajar Indonesia di Kanada Bersatu dalam PERMIKA

Oleh : Candra Mata | Selasa, 15 Mei 2018 - 23:24 WIB

Mahasiwa Indonesia di Kanada (dok INDUSTRY.co.id)
Mahasiwa Indonesia di Kanada (dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Montreal, Dua puluh mahasiswa Indonesia dari 4 kota di Kanada (Montreal, Ottawa, Toronto, dan Newfoundland & Labrador) berhimpun di Montreal pada tanggal 12-13 Mei 2018 dalam rangka Kongres Persatuan Mahasiswa Indonesia di Kanada (PERMIKA) Nasional ke-III.

Dalam pembukaan Kongres tersebut, Duta Besar RI untuk Kanada, Dr. Teuku Faizarsyah menyampaikan pesan kepada seluruh pelajar dan mahasiswa Indonesia di Kanada untuk terus mewarisi api Sumpah Pemuda.

"Mahasiswa perlu berkomitmen merajut persatuan serta memupuk semangat untuk menghasilkan karya dan inovasi unggul sebagaimana dipesankan oleh Bapak Pendiri Bangsa kita yaitu Bung Karno, " ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia, Pandu Utama Manggala (PPI Jepang), menyambut hangat penyelenggaraan Kongres PERMIKA Nasional III.

Menurutnya, pelajar dan mahasiswa Indonesia di luar negeri sangat perlu untuk berhimpun dalam kerangka memberikan kontribusi bagi pembangunan di tanah air.

Adapun ide pembentukkan PERMIKA sendiri, awalnya digagas oleh Mahasiswa Indonesia di Montreal dan Calgary untuk membahas peran mahasiswa Indonesia di Kanada.

Sebagai bagian dari Diaspora Indonesia, PERMIKA diharapkan dapat berkontribusi pada keberhasilan pembangunan bangsa.

Pada bulan Mei 2013, Kongres Pertama PERMIKA Nasional berhasil diselenggarakan di Ottawa.

Lalu, pada tahun 2017, kembali diselenggarakan Kongres Kedua di Toronto untuk mendiskusikan modalitas perhimpunan pelajar dan mahasiswa Indonesia di Kanada.

Sejak Kongres kedua ini, PERMIKA Nasional mulai mengambil bagian dalam sejumlah kegiatan yang diselenggarakan oleh PPI Dunia dan PPI Kawasan Amerika-Eropa.

Dan barulah pada Kongres Ketiga ini dirumuskan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PERMIKA Nasional serta pemilihan pengurus untuk periode 2018-2019.

Saat ini PERMIKA Nasional memiliki cabang di 6 kota di Kanada, yakni Montreal, Ottawa, Toronto, Calgary, Winnipeg, dan Edmonton, serta dua Asosiasi Mahasiswa Indonesia yang berafiliasi dengan Universitas di Vancouver dan Waterloo.

Ketua Umum PERMIKA Nasional Periode 2018-2019 terpilih, Livia Djelani (Mahasiswa Mc.Gill University, PPI Montreal), mengutarakan harapannya agar PERMIKA Nasional dapat menciptakan komunitas yang hangat dan inklusif untuk semua mahasiswa Indonesia yang tinggal di Kanada serta mampu merajut ikatan untuk melayani tujuan pendidikan dan sosial.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.

THR Emas Pegadaian

Kamis, 18 April 2024 - 16:51 WIB

Pegadaian Catat Transaksi Tabungan Emas Naik Sebesar 8,33% Pada Maret 2024

PT Pegadaian mencatat penjualan Tabungan Emas pada momen lebaran tahun 2024 mengalami peningkatan signifikan. Pada Maret 2024 atau menjelang lebaran, transaksi Tabungan Emas naik sebesar 8,33%…