Selama Puasa, Wagub Sandiaga Minta Dinas KPKP Awasi Panganan Takjil

Oleh : Herry Barus | Selasa, 15 Mei 2018 - 14:09 WIB

Sandiaga Uno Wagub DKI (Foto Dok Industry.co.id)
Sandiaga Uno Wagub DKI (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI agar melakukan pengawasan terhadap panganan berbuka puasa atau takjil.

"Saya sudah minta kepada Dinas KPKP supaya melakukan pengawasan ke pasar tradisional maupun modern, atau ke pedagang-pedagang takjil selama Ramadhan," kata Sandiaga di Jakarta, Selasa (15/5/2018)

Menurut dia, pengawasan itu dilakukan untuk memastikan seluruh makanan yang dijual sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan tidak mengandung bahan-bahan kimia yang berdampak pada kesehatan.

"Selama Ramadhan, takjil itu pasti jadi favorit masyarakat. Oleh karena itu, pengawasannya harus dilakukan secara intensif. Takjil itu harus dipastikan aman dikonsumsi," ujar Sandiaga kepada awak media.

Sementara itu, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni menuturkan sampai dengan saat ini, pihaknya masih terus melakukan pengawasan, baik di pasar tradisional maupun pasar modern.

"Pengawasan itu rutin kami lakukan di pasar tradisional dan juga pasar modern bersama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)," tutur Sandiaga.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan hingga Mei 2018, pihaknya mencatat sudah ada 69 dari total 113 pasar atau sekitar 61 persen pasar tradisional yang dinyatakan aman dari zat-zat berbahaya.

"Masih ada pasar-pasar yang belum kami lakukan pengecekan. Tentunya, pasar-pasar itu akan kami awasi. Kami ingin pastikan pasar-pasar itu tidak menjual makanan atau minuman yang mengandung zat berbahaya," ungkap Sandiaga

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…

Petani Padi (Ilustrasi)

Minggu, 18 November 2018 - 10:46 WIB

Agroekologi Bisa Jadi Solusi Pertanian Masa Depan

Agroekologi sesungguhnya memiliki kemampuan menghasilkan produksi pertanian lebih tinggi dibanding pola pertanian konvensional. Sayangnya, agroekologi masih belum mendapatkan perhatian dan dukungan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:34 WIB

KTT APEC akan Bahas Konektivitas Untuk Pertumbuhan Inklusif

Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2018 hari kedua, Minggu (18/11/2018) di Port Moresby, Papua Nugini, antara lain akan membahas konektivitas untuk pertumbuhan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:29 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Pertemuan Dewan Bisnis APEC

Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan Dewan Bisnis Asia-Pacific Economic Cooperation atau APEC Business Advisory Council (ABAC) di Port Moresby, Papua Nugini, Sabtu (17/11/2018).