Kuartal Pertama 2018, Holcim Catatkan Peningkatan Penjualan Menjadi Rp2.201 Miliar

Oleh : Ridwan | Selasa, 15 Mei 2018 - 07:45 WIB

PT Holcim Indonesia Tbk (Foto Ist)
PT Holcim Indonesia Tbk (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Holcim Indonesia Tbk mengumumkan kinerja keuangan perusahaan pada kuartal pertama tahun 2018. Di tengah tekanan akibat persaingan pasar, Holcim Indonesia mampu mencatatkan peningkatan penjualan bersih sebanyak 2% dari Rp 2.158 miliar di tahun 2017 menjadi Rp 2.201 miliar pada tahun 2018. 

Asosiasi Semen Indonesia melaporkan terjadi pertumbuhan penjualan semen pada tahun 2018 sebesar 6.6% jika dibandingkan tahun 2017 pada periode yang sama. 

Terjadinya peningkatan konsumsi di Sumatra dan Kalimantan yang masing-masing mencapai 9% dan 7%, juga mendorong pertumbuhan permintaan semen dan membantu penyerapan pasokan yang berlebih, disamping upaya ekspor yang dilakukan oleh pelaku bisnis semen. 

Meskipun mengalami peningkatan pada penjualan, Holcim mencatatkan kerugian sebesar Rp332 miliar yang disebabkan oleh menurunnya harga jual serta tingginya biaya energi jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. 

Tingginya curah hujan serta jam kerja yang berkurang dikarenakan ada banyak hari libur juga berkontribusi pada pencapaian yang lebih rendah.

Menanggapi hasil kuartal pertama, Presiden Direktur PT Holcim Indonesia, Gary Schutz mengatakan, situasi di pasar Indonesia masih terus menantang di kuartal pertama 2018. Sebagai langkah antisipasi, Holcim juga melakukan efisiensi biaya dan mengambil langkah-langkah transformasi komersial. 

"Holcim berada di dalam posisi yang baik dengan jaringan yang lebih terintegrasi dan lini produk yang lebih lengkap. Kami juga siap untuk melayani pasar serta memenuhi kebutuhan pelanggan, mulai dari pemilik rumah hingga proyek infrastruktur dan proyek pembangunan gedung bertingkat," kata Gary melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (14/5/2018).

Menurutnya, komitmen kami adalah untuk menyediakan solusi-solusi inovatif dan nilai tambah bagi pelanggan. Hal ini yang membedakan kami dari kompetitor.

Seperti diketahui, Asosiasi Semen Indonesia telah menyampaikan perhatiannya terhadap peraturan pemerintah mengenai impor semen dan klinker yang dapat mempengaruhi keuangan dan bisnis perusahaan semen di Indonesia. 

Sementara Pemerintah terus melanjutkan proyek infrastruktur, pihak pengembang juga memberikan kemudahan bagi pemilik rumah untuk mendorong pertumbuhan pasar melalui program pembiayaan dan cicilan yang mudah. Hal ini mencerminkan bentuk kerjasama untuk menciptakan peluang bagi pertumbuhan. 

Dikenal terdepan dalam inovasi, kualitas produk dan layanan Holcim Indonesia mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah untuk proyek revitalisasi kompleks olahraga terbesar di Indonesia, Gelora Bung Karno. 

Baru-baru ini Holcim mengadakan acara media gathering dengan Kementerian Perumahan Rakyat dan Pekerjaan Umum Republik Indonesia, pihak Manajemen PPKGBK serta Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) mengenai proyek revitalisasi kawasan olahraga Gelora Bung Karno untuk menyambut Asian Games mendatang. 

Holcim terpilih karena memiliki produk beton berpori ThruCrete dan ColoCrete yang dapat menyerapkan air langsung ke dalam tanah sehingga dapat digunakan pada lintasan jogging, taman serta jalur pejalan kaki yang ada di kawasan GBK ini. Beton berpori ini juga mampu mencegah genangan air sehingga sangat aman bagi para pelari. 

“Kami sangat bangga bisa menjadi bagian dari saksi sejarah Indonesia yang menjadi tuan rumah Asian Games tahun ini. Keterlibatan Holcim merupakan bukti bahwa kami memiliki keunggulan yang dibutuhkan oleh pelanggan dan masyarakat pada umumnya," tutup Gary.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Indonesia

Jumat, 15 Februari 2019 - 21:00 WIB

Utang Luar Negeri Naik Menjadi Rp5.312 Triliun

Utang luar negeri Indonesia naik 6,9 persen secara tahun ke tahun pada akhir triwulan IV 2018 menjadi 376,8 miliar dolar AS atau setara dengan Rp5.312 triliun (asumsi kurs Rp14.100 per dolar…

Ilustrasi Nyamuk Demam Berdarah

Jumat, 15 Februari 2019 - 20:40 WIB

Hati-Hati! Anak yang Terinfeksi Kedua Kali oleh Virus Dengue dapat Berakibat Fatal

Jumlah kasus DBD tertinggi di Indonesia terjadi di Jawa Timur, yakni2.657kasus dan47 orang diantaranya meninggal dunia.

CEO &Founder; Pintro Syarif Hidayat

Jumat, 15 Februari 2019 - 20:37 WIB

Pintro Hadirkan Platform Digital Layanan Pendidikan Terintegrasi

Satu lagi platform aplikasi berbasis pendidikan turut meramaikan dunia pendidikan tanah air yaitu Pintro. Pintro merupakan platform digital aplikasi sistem tata kelola administrasi dan manajemen…

BMW Indonesia Gelar BMW Exhibition

Jumat, 15 Februari 2019 - 20:02 WIB

BMW Indonesia Gelar BMW Exhibition Hadirkan Program Khusus

BMW Indonesia menggelar BMW Exhibition selama 3 hari pada tanggal 15-17 Februari 2019 di Plaza Senayan Atrium. Beberapa program khusus diperkenalkan lebih luas seperti program khusus Drive to…

All New Suzuki Ertiga

Jumat, 15 Februari 2019 - 19:03 WIB

Terbukti Makin Diminati, Suzuki Tambah Fitur All New Ertiga

Untuk terus memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen akan kendaraan multiguna yang modern, All New Ertiga kini tampil lebih menarik dengan beberapa perubahan signifikan.