Kuartal Pertama 2018, Holcim Catatkan Peningkatan Penjualan Menjadi Rp2.201 Miliar

Oleh : Ridwan | Selasa, 15 Mei 2018 - 07:45 WIB

PT Holcim Indonesia Tbk (Foto Ist)
PT Holcim Indonesia Tbk (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Holcim Indonesia Tbk mengumumkan kinerja keuangan perusahaan pada kuartal pertama tahun 2018. Di tengah tekanan akibat persaingan pasar, Holcim Indonesia mampu mencatatkan peningkatan penjualan bersih sebanyak 2% dari Rp 2.158 miliar di tahun 2017 menjadi Rp 2.201 miliar pada tahun 2018. 

Asosiasi Semen Indonesia melaporkan terjadi pertumbuhan penjualan semen pada tahun 2018 sebesar 6.6% jika dibandingkan tahun 2017 pada periode yang sama. 

Terjadinya peningkatan konsumsi di Sumatra dan Kalimantan yang masing-masing mencapai 9% dan 7%, juga mendorong pertumbuhan permintaan semen dan membantu penyerapan pasokan yang berlebih, disamping upaya ekspor yang dilakukan oleh pelaku bisnis semen. 

Meskipun mengalami peningkatan pada penjualan, Holcim mencatatkan kerugian sebesar Rp332 miliar yang disebabkan oleh menurunnya harga jual serta tingginya biaya energi jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. 

Tingginya curah hujan serta jam kerja yang berkurang dikarenakan ada banyak hari libur juga berkontribusi pada pencapaian yang lebih rendah.

Menanggapi hasil kuartal pertama, Presiden Direktur PT Holcim Indonesia, Gary Schutz mengatakan, situasi di pasar Indonesia masih terus menantang di kuartal pertama 2018. Sebagai langkah antisipasi, Holcim juga melakukan efisiensi biaya dan mengambil langkah-langkah transformasi komersial. 

"Holcim berada di dalam posisi yang baik dengan jaringan yang lebih terintegrasi dan lini produk yang lebih lengkap. Kami juga siap untuk melayani pasar serta memenuhi kebutuhan pelanggan, mulai dari pemilik rumah hingga proyek infrastruktur dan proyek pembangunan gedung bertingkat," kata Gary melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (14/5/2018).

Menurutnya, komitmen kami adalah untuk menyediakan solusi-solusi inovatif dan nilai tambah bagi pelanggan. Hal ini yang membedakan kami dari kompetitor.

Seperti diketahui, Asosiasi Semen Indonesia telah menyampaikan perhatiannya terhadap peraturan pemerintah mengenai impor semen dan klinker yang dapat mempengaruhi keuangan dan bisnis perusahaan semen di Indonesia. 

Sementara Pemerintah terus melanjutkan proyek infrastruktur, pihak pengembang juga memberikan kemudahan bagi pemilik rumah untuk mendorong pertumbuhan pasar melalui program pembiayaan dan cicilan yang mudah. Hal ini mencerminkan bentuk kerjasama untuk menciptakan peluang bagi pertumbuhan. 

Dikenal terdepan dalam inovasi, kualitas produk dan layanan Holcim Indonesia mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah untuk proyek revitalisasi kompleks olahraga terbesar di Indonesia, Gelora Bung Karno. 

Baru-baru ini Holcim mengadakan acara media gathering dengan Kementerian Perumahan Rakyat dan Pekerjaan Umum Republik Indonesia, pihak Manajemen PPKGBK serta Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) mengenai proyek revitalisasi kawasan olahraga Gelora Bung Karno untuk menyambut Asian Games mendatang. 

Holcim terpilih karena memiliki produk beton berpori ThruCrete dan ColoCrete yang dapat menyerapkan air langsung ke dalam tanah sehingga dapat digunakan pada lintasan jogging, taman serta jalur pejalan kaki yang ada di kawasan GBK ini. Beton berpori ini juga mampu mencegah genangan air sehingga sangat aman bagi para pelari. 

“Kami sangat bangga bisa menjadi bagian dari saksi sejarah Indonesia yang menjadi tuan rumah Asian Games tahun ini. Keterlibatan Holcim merupakan bukti bahwa kami memiliki keunggulan yang dibutuhkan oleh pelanggan dan masyarakat pada umumnya," tutup Gary.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…