Mensos: Penyaluran PKH Dihitung Berdasarkan Beban Keluarga

Oleh : Dina Astria | Selasa, 15 Mei 2018 - 06:48 WIB

Idrus Marham (Foto Dok Industry.co.id)
Idrus Marham (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bandarlampung- Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan bahwa penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) akan diperhitungkan berdasarkan beban keluarga penerima manfaat.

"Pada 2019 bantuan khusus masyarakat miskin itu diperhitungkan berdasarkan beban keluarga sehingga santunan yang diterima akan berbeda-beda," kata Mensos di Gedung Graha Bakti Kwartir Daerah Pramuka Lampung, Bandarlampung, Senin (14/5/2018)

Ia mencontohkan, penerima bantuan itu, mulai Rp2 juta hingga Rp3,5 juta, tergantung beban keluarganya.

Menteri Sosial itu menyebutkan, penyaluran PKH tahun 2019 akan ada penambahan jumlah dana bantuan dengan perubahan sistem, yakni berdasarkan beban yang ditanggung KPM.

Ia menjelaskan semakin banyak beban yang masuk kategori penerima manfaat, dana bantuan semakin besar.

"Apabila dalam satu KPM itu ada ibu hamil, anak disabilitas, anaknya yang sekolah juga ada, dan ada orang tua yang diurus, itu semua akan diperhitungkan, jadi jumlahnya berbeda-beda," kata Idrus pula.

Perhitungan beban itu, lanjutnya, tidak memiliki batasan terhadap setiap KPM. Dengan syarat beban yang menjadi tanggung jawabnya masuk kedalam kategori penerima PKH.

"Tapi, jika bantuan ini digunakan tidak sesuai peruntukkannya maka bantuannya bisa dicabut," tambahnya.

Di sisi lain, Idrus Marham meminta pendamping PKH untuk tidak ikut dalam politik praktis pada pemilihan kepala daerah pada tahun ini.

"Termasuk tahun politik 2019, jangan coba-coba masuk dalam politik praktis untuk menjadi tim sukses karena bertentangan dengan komitmen yang ditandatangani dalam fakta integritas," ujarnya pula.

Pada kegiatan penyaluran PKH itu dihadiri sekitar 500 keluarga penerima manfaat.

Selain menyerahkan PKH, Mensos Idrus Marham dalam kunjungan kerja di Lampung juga menjadi pembicara dalam Dialog Nasional yang digelar di Kampus Pasca Sarjana Universitas Bandarlampung, bersama dua menteri lainnya, yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Masudi dan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir.

Pada acara dialog nasional itu dihadiri sekitar 7.000 mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di wilayah Sumbagsel.

Kemudian Idrus Marham juga jadi pembicara di Kampus Darmajaya, dan hadir pada acara Kamar Dagang dan Industri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…