Regulasi Tepat Mendorong Naiknya Penjualan Mobil Indonesia 2017

Oleh : Ridwan | Kamis, 26 Januari 2017 - 10:06 WIB

Ilustrasi pameran otomotif di Jakarta. (Agoes Rudianto/Anadolu Agency/Getty Images)
Ilustrasi pameran otomotif di Jakarta. (Agoes Rudianto/Anadolu Agency/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Tahun ini penjualan mobil nasional akan tumbuh sekitar 6 persen. Untuk pasar domestik, pertumbuhan yang cukup signifikan diperkirakan akan terjadi di luar Jawa, khususnya di wilayah timur Indonesia.

Pertumbuhan ini diprediksi seiring membaiknya infrastruktur di wilayah tersebut.

"Proyeksi tumbuhnya penjualan mobil tahun ini juga ditentukan oleh regulasi tepat yang berujung pada membaiknya daya beli masyarakat. Kontrol ketat pemerintah atas situasi fiskal, berbagai paket stimulus perokonomian, dan skema tax amnesty membantu membangkitkan kepercayaan pasar" terang Senior Vice President of Mobility, Frost & Sullivan, Vivek Vaidya kepaa INDUSTRY.co.id di Jakarta (25/1/2017).

Tahun ini penjualan mobil akan tumbuh sekitar 5 persen hingga mencapai 1,1 juta unit. Permintaan mobil penumpang akan mendorong pertumbuhan volume industri mobil.

Sebelumnya, sepanjang 2016 tercatat penjualan mobil sebanyak 1,06 juta, naik 4,5 persen dibandingkan 2015.

Dalam lima tahun terakhir, penjualan mobil cenderung tumbuh di wilayah timur Indonesia. Di Papua misalnya, tahun lalu ada 5.088 unit mobil terjual. Jumlah itu memang hanya 0,48 persen dari total penjualan mobil di Nusantara, namun pertumbuhannya mencapai 59,73 persen dibandingkan tahun 2015.

Pada tahun lalu penjualan mobil masih didominasi oleh penjualan mobil penumpang sebanyak 854 ribu unit. Sementara mobil komersial terjual sebanyak 206 ribu unit.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Baywalk Mall Rayakan Pengibaran Bendera Merah Putih di Laut, Kamis (17/8/2017) Photo: INDUSTRY.co.id

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:47 WIB

Baywalk Watersport Arena Olahraga Air Pertama di Pusat Perbelanjaan

Beragam cara dalam memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, salah satunya yang dilakukan Baywalk Mall Pluit dengan pengibaran bendera Merah Putih dengan menggunakan…

Gedung Bank DKI

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:21 WIB

Bank DKI Dukung Peresmian Gerai Samsat Pluit Village

Dukung pelayanan kepada wajib pajak di DKI Jakarta, Bank DKI menyambut baik keberadaan Gerai Samsat Mall Pluit Vilage yang belum lama diresmikan. Peresmian tersebut dilakukan oleh Sekretaris…

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kedua dari kiri) turut memeriahkan lomba khas 17 Agustus bersama dengan Staf Khusus Menteri BUMN Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin (paling kanan), Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi (

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:06 WIB

Telkom dan Krakatau Steel Tegaskan Komitmen BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Banten

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk beserta BUMN lain yang ada di Provinsi Banten melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia…

Logo Pikulbareng

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:53 WIB

Sof Launching Pikulbareng, Fokus Pembiayaan Syariah

Lembaga bisnis sekaligus amal sosial atau dikenal istilahnya crowdfunding mulai unjuk gigi di Indonesia. Keberadaan model bisnis ini terbilang baru.

OSO Ketua DPD mendapat sepeda dalam peringatan kemerdekaan 72 tahun RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8). (Foto: Humas/Oji).

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:47 WIB

Pemakai Baju Adat Terbaik Dapat Hadiah Sepeda

Pemakai baju adat terbaik dalam upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka Jakarta mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo.