Kementerian ESDM Bangun PLTMH Berkapasitas 35 kW, Hadirkan Listrik di Batu Belerang

Oleh : Hariyanto | Senin, 14 Mei 2018 - 09:33 WIB

Kementerian ESDM Bangun PLTMH
Kementerian ESDM Bangun PLTMH

INDUSTRY.co.id - Sinjai - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) telah membangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) di Desa Batu Belerang, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, 72 tahun gelap gulita karena belum ada adanya jaringan PLN di desa tersebut.

"Keadaan Desa Batu Belerang sebelumnya hanya diramaikan dengan suara burung, alhamdulillah sekarang sudah menikmati listrik, setelah 72 tahun Indonesia merdeka," ungkap Kepala Desa Batu Belerang, Ahmad dalam sambutannya saat peresmian PLTMH Kabupaten Sinjai pada Sabtu (12/5/2018).

PLTMH ini dibangun pada tahun 2017 menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Ditjen EBTKE. Berlokasi di Desa Batu Belerang, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai dengan kapasitas 35 kW yang menerangi 70 rumah dan 5 fasilitas umum.

Secara morfologi, Kabupaten Sinjai merupakan daerah perbukitan dan pegunungan dengan rasio elektrifikasi sebesar 80%, namun masih ada daerah yang belum terlistriki.

"Meskipun pembangunan PLTMH perlu investasi yang cukup besar, tapi nilai ekonominya sangat dirasakan masyarakat, saat ini Kabupaten Sinjai sudah menikmati 4 unit PLTMH dan pembangunan PLTMH ini memberikan manfaat khususnya membangun hubungan positif antara hutan dan masyarakat," ungkap Plt. Bupati Sinjai, H. Andi Anwar.

Saat ini sistem pengoperasian PLTMH dilakukan secara off grid, yang pengelolaannya dilaksanakan secara swadaya oleh masyarakat setempat. Iuran masyarakat untuk operasional PLTMH sebesar Rp. 30.000 per bulan per KK.

Anggota komisi VII DPR RI, Andi Yuliani Paris yang turut hadir berharap masyarakat Desa Belerang dapat menjaga PLTMH dengan menjaga hutan agar debit air terpelihara.

Senada dengan Andi, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE, Noor Arifin M, juga mengharapkan PLTMH yang telah dibangun menggunakan uang rakyat ini dapat dirawat dan terus dirasakan kebermanfaatannya.

"Pesan Pak Menteri dan Pak Dirjen EBTKE agar PLTMH bisa dirawat karena mesinnya bersifat long life atau seumur hidup, jika ada keluhan bisa mengontak kami karena masih masa garansi. Untuk merawatnya bisa melakukan pelatihan, PLTMH bisa diperbaiki sendiri karena mekanik," ungkapnya.

Pembangunan PLTMH di Desa Batu Belerang merupakan salah satu wujud upaya Pemerintah mewujudkan keadilan sosial melalui pemenuhan dan pemanfaatan energi terbarukan untuk masyarakat di daerah terpencil, terluar dan terisolir. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:44 WIB

BMKG: Gelombang Laut Laut Sawu NTT Diprediksi Capai 3,5 Meter

Badan Meteorologi, Klimatologi dan dan Geofisika (BMKG) menyatakan gelombang tinggi yang terjadi pada beberapa wilayah perairan laut di Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini, akibat siklon tropis…

Kondisi Jalan Pasca Banjir Bandang Sentani Jayapura

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:37 WIB

11.156 Orang Pengungsi Banjir Jayapura Papua

Jumlah pengungsi yang terdampak banjir bandang di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, hingga Kamis (21/3/2019) mencapai 11.156 orang.

Mbak Tutut (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:29 WIB

Mbak Tutut : Perbedaan Memperkaya Indonesia Kita

Siti Hardijanti Rukmana, putri sulung Presiden Soeharto yang akrab disapa Mbak Tutut mengatakan, perbedaan dan keanekaragam di berbagai aspek di nusantara tercinta, justru akan memperkaya Indonesia.

Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:00 WIB

Capres Prabowo dan AHY Dijadwalkan Kampanye Akbar di Makassar

Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dijadwalkan melaksanakan kampanye akbar pada Minggu, 24 Maret 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eksplorasi Budaya Betawi Dalam Desain Kontemporer di Superdesign Show Milan 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:52 WIB

Delapan Ikon Betawi Pamer Budaya di Milan Design Week 2019

Setelah melewati proses kurasi, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) oleh Artura kembali menampilkan karya desain kontemporer kreatif dalam ajang Super Design Show, yang merupakan bagian…