Blue Bird Luncurkan Buku Kartini Blue Bird: The Spirit of Emak-Emak

Oleh : Dina Astria | Minggu, 13 Mei 2018 - 00:55 WIB

Kartini Blue Bird: The Spirit of Emak-Emak oleh Blue Bird
Kartini Blue Bird: The Spirit of Emak-Emak oleh Blue Bird

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sebagai bagian dari bentuk komitmen perusahaan dalam memberdayakan perempuan sebagai sosok yang mampu memberikan kontribusi pada kesejahteraan keluarga serta kegiatan perekonomian secara umum, PT Blue Bird (Persero) Tbk, hari ini, Jumat (11/5) meluncurkan buku berjudul “Kartini Blue Bird : The Spirit of Emak-Emak”.

Peluncuran buku ini merupakan bagian program Blue Bird bernama Kartini Blue Bird (KBB) yang pada awalnya digagas oleh Noni Purnomo sebagai upaya untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan Indonesia, khususnya ibu-ibu rumah tangga dan para istri dari pengemudi Blue Bird. Melalui program KBB, Blue Bird memberikan kesempatan kepada para kaum perempuan untuk memperoleh pelatihan dalam berbagai bidang keahlian, seperti tata-boga, jahit-menjahit, serta diberikan pendidikan dan pelatihan untuk memasarkan barang dan mengembangkan bisnis.

Acara peluncuran buku “Kartini Blue Bird: The Spirit of Emak-Emak” dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembisetersebut dilaksanakan di Gedung Training Center Blue Bird yang didampingi oleh Koordinator Blue Bird Peduli, Noni Purnomo.

Ditulis oleh Maria Hartiningsih, buku “Kartini Blue Bird : The Spirit of Emak-Emak” menceritakan tentang upaya, kerja keras dan perjuangan luar biasa yang dilakukan oleh kaum perempuan – terutama para isteri pengemudi Blue Bird - untuk meraih kesempatan, mendapatkan skill dan keahlian, hingga pada akhirnya dapat membantu perekonomian dan kesejahteraan keluarganya.

Lebih lanjut, buku “Kartini Blue Bird : The Spirit of Emak-Emak” menggambarkan bagaimana para isteri pengemudi Blue Bird meyakinkan para suami agar dapat mengikuti pelatihan, perjuangan mereka memahami teknik menjahit, keberhasilan membuat baju, membuat kue beraroma lezat, hingga keberhasilan melakukan usaha kecil-kecilan yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya, sehingga hal ini menumbuhkan dan menjadikan individu dan pribadi-pribadi yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan mampu memberikan kontribusi pada kesejahteraan keluarganya.

“Program Kartini Blue Bird merupakan harapan dan usaha dari Blue Bird dalam memberikan peluang kepada wanita untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan dirinya melalui pelatihan keahlian yang melahirkan industri-industri rumah tangga yang kuat; dengan tujuan bukan hanya untuk mencari keuntungan, namun juga mampu memberikan manfaat sosial yang lebih luas kepada para kaum perempuan Indonesia dan keluarganya,” ujar Noni Purnomo.

Lebih lanjut Noni mengatakan “Peluncuran buku “Kartini Blue Bird : The Spirit of Emak-Emak” ini merupakan upaya dan langkah kami untuk menunjukkan bahwa dengan pendidikan, keahlian dan keterampilan yang dimiliki, setiap perempuan Indonesia mampu memberikan kontribusi untuk peningkatan kualitas kehidupan keluarganya serta kegiatan perekonomian pada umumnya”.

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise mengatakan, “Saya sangat mengapresiasi langkah Blue Bird melalui program Kartini Blue Bird sebagai suatu kegiatan yang sangat mendukung pemberdayaan perempuan, dan hal ini kiranya dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi perusahaan dan korporasi lain dalam memberdayakan dan meningkatkan harkat wanita”.

Kegiatan peluncuran buku “Kartini Blue Bird : The Spirit of Emak-Emak” tersebut ditandai dengan talkshow dengan tema “Women Empowerment” yang diikuti oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise, Noni Purnomo, Maria Hartiningsih selaku penulis buku Kartini Blue Bird, serta perwakilan dari ibu-ibu Kartini Blue Bird.

Pada acara yang sama juga dilaksanakan peresmian “Gallery Kartini” yang menyimpan dan menampilkan berbagai produk dan barang UKM dari Kartini Blue Bird binaan PT Blue Bird (Persero) Tbk.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo (Foto Ist)

Rabu, 12 Desember 2018 - 06:20 WIB

2023 Diprediski Industri Pasar Keuangan Syariah Tembus 20 Persen

Bank Indonesia yakin pangsa pasar keuangan syariah dapat meningkat cukup signifikan hingga 20 persen dari total pasar keuangan nasional pada 2023, dengan beberapa upaya, salah satunya memperluas…

Bahana Artha Ventura (Foto Kontan)

Rabu, 12 Desember 2018 - 06:00 WIB

2018, Bahana Salurkan Dana bagi Usaha Ultra Mikro hingga Rp 557 Miliar

Perkembangan teknologi yang begitu cepat telah menyentuh hampir seluruh sektor dan aspek kehidupan masyarakat, terutama dalam era revolusi industri keempat atau yang lebih dikenal dengan istilah…

Pemerintah meluncurkan digitalisasi Kredit Ultra Mikro (UMi) untuk memperluas akses kredit bagi masyarakat lapisan bawah yang belum bankable. (INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 05:20 WIB

Pemerintah Luncurkan Layanan Kredit Ultra Mikro Berbasis Digital

Pemerintah meluncurkan digitalisasi Kredit Ultra Mikro (UMi) untuk memperluas akses kredit bagi masyarakat lapisan bawah yang belum bankable.

Direktur Eksekutif IHW Ikhsan Abdullah saat bedah buku karyanya berjudul Mere(i)butkan Sertifikasi Halal di Jakarta, Selasa (11/12) (INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 05:08 WIB

Jaga Iklim Usaha, Pemerintah Diminta Jalankan Sertifikasi Halal

Lembaga advokasi Indonesia Halal Watch (IHW) mendorong pemerintah untuk menjalankan Undang-Undang No 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH). Dengan memperkuat LPPOM MUI melalui…

Kue jajanan (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 04:35 WIB

Waspada! Banyak Jajanan Sekolah Tak Higienis

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Surabaya menyatakan masih banyak ditemukan jajanan sekolah di Jawa Timur tidak higienis meski temuan jajanan pangan di tempat pendidikan yang mengandung…