Gadget di Tangan Buah Hati, Ini Cara Pengawasannya

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 12 Mei 2018 - 22:53 WIB

Prof. Dr. Euis Sunarti, (paling kanan) dosen bidang ketahanan dan pemberdayaan keluarga, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (IPB)
Prof. Dr. Euis Sunarti, (paling kanan) dosen bidang ketahanan dan pemberdayaan keluarga, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (IPB)

INDUSTRY co.idJakarta-Mendidik anak bagi kedua orang tua sangatlah penting, agar anak mempunyai keindahan ahklaq dan cerdas. Namun punya tantangan era digital, karena anak mau tidak mau tersentuh dengan gadget.

Prof. Dr. Euis Sunarti, dosen bidang ketahanan dan pemberdayaan keluarga, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan, sebagai orang tua, tetap mengawasi gadget yang dipegang anak.

"Anak tetap boleh pegang gadget, namun itu dalam kontrol kedua orang tua. Bagaimana orang tua membatasi penggunaan gadget di tangan anak," kata dia pada seminar Parenting Keluarga di Jakarta, Sabtu (12/5/2018).

Menurut dia, monitoring penggunaan gadget pada anak, agar anak tidak terpapar pada link-link negatif yang itu tidak layak untuk dikonsumsi oleh anak.

Monitoring lanjut dia, setelah anak dibekali mana yang harus diakses dan mana yang tidak boleh. Peran orang tua, di sini sangat menentukan perilaku sang anak terhadap penggunaan gadget.

"Keluargalah yang membentuk karakter anak. Sebab anak sudah di lingkungan yang bergadeget," katanya.

Untuk memonitoring anak, lanjut dia, diperlukan sang ibu saat sang ayah bekerja mencari nafkah. Kalau keduanya pergi, dikawatirkan anak tidak terkontrol.

Kalaupun ibu bekerja juga, kata dia, disarankan mencari pekerjaan yang mempunyai waktu longgar. Meskipun akan berdampak ke jumlah penghasilan. Itu risiko demi menjaga sang buah hati, jika sang ibu benar-benar tidak bisa lepas dari pekerjaan.

"Ini bukan lagi bicara kesetaraan gender, peran ibu penting dalam membina karakter anak, agar anak bisa mandiri dan menjadi generasi yang beradab," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…