Indahnya Wisata Bahari di Togean Island Sulawesi Tengah

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 12 Mei 2018 - 14:40 WIB

 Togean Island Sulawesi Tengah (Foto Dok Industry.co.id)
Togean Island Sulawesi Tengah (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pencinta wisata bahari wajib tahu Togean Islands atau Pulau Togean. Pulau Togean ini merupakan kepulauan yang sejak tahun 2004 berstatus taman nasional terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah, tepatnya di Kabupaten Tojo Una-una.

Pulau Togean dengan luas mencapai 292.000 hektar yang berupa lautan dan daratan seluas 70.000 hektar. Dengan luas ini menjadikan Togean taman nasional laut terbesar di Indonesia. Togean sendiri terdiri dari 6 pulau utama yaitu Pulau Batudaka, Waleabahi, Malenge, Una-una, Talatakoh, dan Waleakodi beserta ratusan pulau-pulau kecil lainnya.

Togean dikenal kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Togean Islands memiliki keindahan dan keajaiban panorama atas dan bawah lautnya. Dengan lokasi yang berada di jantung coral triangle, Togean memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi di laut. Bomba Atoll adalah satu tempat dari puluhan site untuk wisata snorkeling/diving yang terbaik. Dan menjadikan pulau ini sebagai wisata bahari yang indah di Indonesia.

“Keunggulan Togean Islands ini kita termasuk di coral triangle, terumbu karang di triangle itu ekosistem terumbu karang yang penting, meliputi gugusan dari Filipina, Malaysia, Papua Nugini, Jepang dan Australia. Terumbu karang di Kepulauan Togean kaya akan keanekaragaman hayati laut dengan 4 type terumbu karang yakni, karang tepi (fringing reef), karang penghalang (barrier reef), karang tompok (patch reef), dan karang cincin (atoll),” ujar Fandi Staff Pusat Dinas Pariwisata Tojo Una-Una pada Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara Expo 2018 (11/5), di Jakarta.

Mayoritas suku disini adalah Suku Bajo dengan sebutannya “sea gypsy” atau “manusia laut”, dan juga suku togean. Untuk akses menuju pulau togean ini sudah mudah dijangkau. 

“sekarang kita ada penerbangan  dari kota palu ke ampana, penerbangan sehari sekali dan rutin. Dari ampana sudah ada kapal cepat yang langsung ke togean kurang lebih memakan waktu 1,5 jam. Jadi aksesnya sudah ada dan mudah” katanya.

Penginapan di pulau Togean pun sudah banyak tersedia.

“Penginapan disana sudah banyak, resort kelas-kelas bintang 2, 3 dan ada sekitar 60 hotel penginapan termasuk resort” ungkapnya

Untuk kulinernya sendiri pulau Togean memiliki ciri khas makanan yang terbuat dari bahan dasar sagu dan jagung.

“Kuliner disana ciri khasnya berbahan dasar sagu, jagung dan bahan-bahan laut seperti kerang” imbuhnya.

Pulau Togean juga sudah banyak dikunjungi wisatawan dari mancanegara seperti dari eropa, pada 2017 kunjungan wistawan asing mencapai 16 ribu orang. Dari wisatawan nusantara sendiri sudah mencapai 30 ribu orang. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…