PLTP Sarulla Beroperasi, Kapasitas Pembangkit Terpasang Menjadi 1.948,5 MW

Oleh : Hariyanto | Jumat, 11 Mei 2018 - 08:31 WIB

PLTP Sarulla
PLTP Sarulla

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) Unit III Sarulla medio bulan Mei ini sudah beroperasi penuh, sehingga menambah kapasitas pembangkit menjadi 330 MW yang sebelumnya 306 MW. Keberadaan PLTP Sarulla dibutuhkan guna mengurangi defisit listrik di Provinsi Sumatera Utara. 

Informasi yang diterima INDUSTRY.co.id Jumat, (11/5/2018) menyebutkan, dengan beroperasinya PLTP Sarulla Unit III, kapasitas terpasang PLTP di Indonesia sampai dengan saat sekitar 1.948,5 MW dan merupakan peringkat kedua terbesar penghasil listrik dari panas bumi di dunia, setelah Amerika Serikat.

Operasi komersil PLTP sarulla Unit III lebih cepat dari perkiraan yang awalnya ditargetkan pada Kuartal II Tahun 2018. Sedangkan untuk operasional komersial unit pertama dan kedua sudah dimulai pada tanggal 18 Maret 2017 dan 2 Oktober 2017. Dengan beroperasi penuh diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tenaga listrik bagi 2,1 juta rumah tangga Indonesia

"Kami senang sekali dengan beroperasi penuhnya PLTP Sarulla ini , membuat ketahanan energi kita akan lebih baik, sekarang sudah mencapai 1.948,5 MW, kami harapkan di tahun 2018 kita bisa menambah 110 MW lagi dari 4 PLTP" ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama, Agung Pribadi.

PLTP Sarrula yang merupakan proyek pembangkit listrik panas bumi dengan perjanjian jual beli listrik (power purchase agreement/PPA) tunggal terbesar di dunia telah dimulai konstruksinya pada 2014. 

Proyek dengan skema pengembang swasta (independent power producer/IPP) tersebut dibangun oleh konsorsium Medco Power Indonesia, ITOCHU Corporation, Kyushu Electric Power Co., INPEX, dan Ormat Technologies. Sedangkan untuk produksi listrik dijual kepada PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dengan jangka waktu 30 tahun. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suasana diskusi yang bertajuk “Kasus Privatisasi JICT Jilid II (2015-2039), Kemana Pemerintah dan KPK” yang digelar Serikat Pekerja (SP) JICT di Hotel Sunlake, Sunter, Jakarta, Kamis (21/03/2019) petang.

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:49 WIB

Pakar Hukum UGM: Perpanjangan Kontrak Pelindo II dan Hutchison Ports Tetap Sah

Oce Madril, pakar Tindak Pidana Korupsi Universitas Gajah Mada (UGM), menilai perjanjian perpanjangan kontrak PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dan Hutchison…

Tommy Soeharto Ketum Partai Berkarya (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:00 WIB

Tommy Soeharto: Kami Hadir Memberi Bukti, Bukan Janji

Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto mengatakan partainya berkomitmen memberi solusi dan bukti, bukan janji, untuk meningkatkan produksi pangan nasional.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Jumat, 22 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong IKM Logam Perluas Kemitraan Dengan Perusahaan Otomotif

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menegah dan Aneka (IKMA) meenggelar acara Kick-Off IKM dalam Supply Chain Industri Otomotif Nasional.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ketika mengunjungi sentra IKM logam Ngingas, Sidoarjo, Jawa Timur

Jumat, 22 Maret 2019 - 18:18 WIB

IKM Siap Berkontribusi dalam Rantai Pasok Industri Otomotif Nasional

Industri Kecil Menengah (IKM) siap berkontribusi dalam rantai pasok industri otomotif nasional yang diwujudkan melalui keberhasilan Koperasi Batur Jaya (KBJ) yang sejak awal Januari 2019 berhasil…

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Jumat, 22 Maret 2019 - 18:00 WIB

Tingkat Layanan Jalan Tol, Menteri Rini Ikut Simulasi RFID Jasa Marga

PT Jasa Marga Tbk menggelar simulasi transaksi nir sentuh berbasis Radio-Frequency Identification (RFID) atau Single Lane Free Flow (SLFF) untuk meningkatkan layanan dan kenyamanan bagi para…