Rupiah Tembus Rp14 Ribu, BPJS Ketenagakerjaan Berharap Tidak Berdampak ke Dunia Usaha

Oleh : Wiyanto | Selasa, 08 Mei 2018 - 17:33 WIB

Rupiah (Foto/Rizki Meirino)
Rupiah (Foto/Rizki Meirino)

INDUSTRY co.idJakarta-Rupiah sudah di atas Rp14.000 terhadap US dolar. BPJS Ketenagakerjaan berharap Bank Indonesia (BI) bisa melakukan intervensi pasar agar dunia usaha kondusif dan tidak memberhentikan pegawainya.

Amran Nasution, Direktur Pengembangan Investasi BPJS Ketenagakerjaan mengatakan, dengan kondusifnya pasar, BPJS Ketenagakerjaan aman dari klaim PHK. Ini yang sangat diharapkan pihaknya, yaitu tetap berlangsungnya dunia usaha tanpa adanya pemutusan hubungan kerja.

"Dengan  terjaga dunia usaha karena BI intervensi maka dunia usaha kondusif lebih baik karena 70 persen low material  tidak melonjak tinggi. Dunia usaha membaik maka buat BPJS Ketenagakerjaan,  kepesertaan tidak banyak klaim," katanya di Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Makanya kepentingan pihaknya terhadap redanya pasar akibat rupiah terpuruk, mengamankan nasib pekerja. Dari sini, tegas sekali keberpihakan BPJS Ketenagakerjaan terhadap nasib pekerja.

"Intervensi itu menolong orang keluar capital flow, lepas saham dapat rupiah tukar dolar. Sehingga uang keluar, tetapi tujuan 70 persen low material dari impor, kepentingan BI intervensi mengamankan itu," katanya.

 
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT PP

Jumat, 20 Juli 2018 - 21:04 WIB

Dewan Komisaris PTPP Kunjungi Proyek Runway 3 Bandara dan Urbantown

Jakarta PT PP Tbk tengah mengerjakan proyek pembangunan Runway 3 Section 2 Bandara Soekarno Hatta. Melihat kebutuhan Runway Eksisting yang ada saat ini sudah melebihi kapasitas, maka diperlukan…

China dan Amerika

Jumat, 20 Juli 2018 - 20:04 WIB

Perang Dagang, RI berpotensi jadi Repacking produk China

Dirjen Perundingan Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Iman Pambagyo mengungkapkan beberapa hal yang harus diwaspadai dari perang dagang AS-China. Salah satunya adalah…

Pameran "Karya Kreatif Indonesia-Pameran Kerajinan UMKM Binaan Bank Indonesia

Jumat, 20 Juli 2018 - 19:52 WIB

BI Terapkan Tiga Hal Ini Pasarkan UMKM Go Internasional

Bank Indonesia (BI) menyatakan, pameran "Karya Kreatif Indonesia-Pameran Kerajinan UMKM Binaan Bank Indonesia tidak saja untuk mengangkat karya kreatif dan UMKM binaan BI kepada masyarakat luas,…

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 Juli 2018 - 17:50 WIB

Pemerintah Harus Dorong Intensifikasi Jagung Nasional

Pemerintah harus dapat mendorong beragam upaya intensifikasi dalam rangka meningkatkan produktivitas komoditas jagung nasional sehingga ke depannya Indonesia juga bisa benar-benar berswasembada…

Telur ayam (Foto Dok Industry.c.id)

Jumat, 20 Juli 2018 - 17:45 WIB

Pemerintah Perlu Dalami Permasalahan Pasokan Telur Ayam

Pemerintah perlu benar-benar mendalami berbagai hal yang terkait dengan permasalahan berkurangnya pasokan telur ayam ke berbagai daerah yang juga mengakibatkan melonjaknya harga komoditas tersebut.