Ekonomi Sumbar Triwulan Tumbuh 4,71 Persen

Oleh : Herry Barus | Selasa, 08 Mei 2018 - 14:42 WIB

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Foto Ist)
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Padang - Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat mencatat, ekonomi Sumbar triwulan I 2018 tumbuh sebesar 4,71 persen dengan besaran Produk Domestik Regional Bruto mencapai Rp55,41 triliun.

"Angka ini sedikit melambat dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu yang berada pada posisi 5,01 persen," kata Kepala BPS Sumbar Sukardi di Padang, Senin (7/5/2018)

Menurutnya penurunan terjadi dari sisi produksi bersumber dari lapangan usaha industri pengolahan sebesar 4,86 persen serta turunnya kinerja komponen pengeluaran pemerintah hingga minus 44,48 persen.

"Salah satu industri pengolahan yang mengalami penurunan adalah minyak kelapa sawit karena perkebunan yang ada saat ini kondisinya sudah tua sehingga tidak produktif lagi," kata dia.

Sukardi memaparkan struktur perekonomian Sumbar pada triwulan I 2018 didominasi oleh tiga kategori utama yaitu pertanian, kehutanan dan perikanan 23,59 persen, perdagangan besar, eceran dan reparasi mobil, sepeda motor 15,20 persen dan transportasi dan pergudangan 12,46 persen.

Sementara sektor yang tumbuh paling pesat adalah lapangan informasi dan komunikasi tumbuh 9,60 persen, jasa 8,94 persen, jasa kesehatan dan kegiatan sosial 8,4 persen, katanya.

Bila dilihat dari penciptaan sumber pertumbuhan ekonomi trasnportasi dan pergudangan merupakan sumber pertumbuhan tertinggi sebesar 0,95 persen, perdagangan besar, eceran dan reparasi mobil, sepeda motor 0,85 persen dan konstruksi 0,68 persen.

Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi triwulan I 2018 terjadi pada hampir semua komponen kecuali ekspor luar negeri.

"Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh pengeluaran konsumsi lembaga nonprofit sebesar 8,91 persen, konsumsi rumah tangga 5,21 persen dan pembentukan modal tetap uto 4,11 persen," ujar dia seperti dilansir Antara.

Ia menilai tingginya pengeluaran konsumsi lembaga nonprofit karena pada empat daerah di Sumbar saat ini sedang melaksananan pilkada.

Sebelumnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menilai salah satu cara mempercepat pertumbuhan ekonomi adalah melalui investasi karena Anggaran Pendapatan Belanja Daerah nilainya kecil.

"Memang ada banyak dana dari pusat, namun semuanya sudah ada ketentuan dan peruntukan, mengandalkan APBD sulit karena minim," lanjutnya.

Ia menambahkan salah satu sektor yang potensial untuk investasi di Sumbar saat ini adalah pariwisata karena pada daerah lain sudah jenuh, sementara di sini sedang menggeliat pertumbuhannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian Koperasi Gelar Bimtek Pengawsan Koperasi yang dilaksanakan di Gorontalo 19-20 September 2018 ini diikuti Satgas Pengawas Koperasi dan Satgas Pengawas Usaha Simpan Pinjam se Provinsi Gorontalo.

Rabu, 19 September 2018 - 21:34 WIB

Perkuat Pengawasan Koperasi Melalui Peningkatan IT

Kementerian Koperasi dan UKM terus memberikan pembekalan terhadap satuan tugas pengawasan koperasi di daerah terkait pemahaman regulasi. Pembekalan ini sekaligus memberikan dukungan kepada satgas…

Ruben Onsu Selaku Pemilik Geprek Bensu saat menyerahkan secara simbolis hadiah Umroh dan Holy Trip kepada pemenang (Foto: Dok. Geprek Bensu)

Rabu, 19 September 2018 - 21:05 WIB

Geprek Bensu Umumkan Undian Hadiah Umroh dan Holy Trip Kepada Empat Pemenang Beruntung

Outlet Geprek Bensu yang memiliki khas ayam geprek sangat di minati oleh masyarakat luas, BrandGeprek bensu yang berdiri sejak 17 April 2017 ini menargetkan mampu membuka 100outlet di seluruh…

Press conference CDE Product information di JIExpo Kemayoran

Rabu, 19 September 2018 - 20:55 WIB

Terus Berinovasi, Produk CDE Sand Washing Plant PT. Adi Satya Sentosa Jadi Solusi Hindari Illegal Mining

Perusahaan yang bergerak dibidang perusahaan umum hingga ke industri berskala besar, PT. Adi Satya Sentosa terus berinovasi dan mengembangkan diri sebagai instansi penyedia jasa terbaik dibidang…

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Rabu, 19 September 2018 - 19:00 WIB

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Citi Indonesia (Citibank) hari ini mengumumkan dukungannya terhadap penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games sebagai Official Sponsor, yang akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 6…

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat membuka pameran Ulos Hangoluan (Foto: Dok. Kemenpar)

Rabu, 19 September 2018 - 18:45 WIB

Buka Pameran Ulos Hangoluan dan Tondi, Menpar Dibuat Kagum

Kain khas Suku Batak, Ulos, ternyata memiliki nilai yang sangat tinggi. Ulos pun punya peranan penting dalam kehidupan warga Suku Batak. Makna inilah yang coba disampaikan dalam pameran Ulos,…