BPJS-Kesehatan Siapkan Rp3 T untuk Dana Cadangan

Oleh : Irvan AF | Rabu, 25 Januari 2017 - 14:26 WIB

BPJS Kesehatan. (Foto: IST)
BPJS Kesehatan. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Palembang - Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fahmi Idris mengatakan telah menyiapkan dana cadangan lebih dari Rp3 triliun untuk antisipasi defisit anggaran pada 2017.

"Kalau yang dialokasikan Rp3 (triliun) sekian dana cadangan dari APBN. Detilnya nanti, saya lupa detilnya Rp3,6 (triliun) atau koma berapa," kata Fahmi di Palembang seperti dilansir Antara, Rabu (25/1/2017).

Fahmi menyebut nilai dana cadangan senilai Rp3 triliun lebih tersebut, sudah diperhitungkan oleh BPJS Kesehatan dan juga Kementerian Keuangan untuk antisipasi defisit.

"Ya itu antisipasi, dana cadangan disiapkan. Kita berupaya jangan lebih dari itu," ucapnya.

Namun, Fahmi menekankan angka tersebut belum tetap dan masih bisa berubah dengan berabagai faktor pertimbangan yang dapat mempengaruhi.

"Nanti kita berbicara lagi mungkin tarif, penyesuaian, belum lagi nanti ada lagi inflasi, kan semua ada pengaruhnya," tuturnya.

Fahmi menyebutkan defisit keuangan BPJS Kesehatan pada 2016 sebesar Rp6,8 triliun dikarenakan ketidaksesuaian iuran yang dibayarkan dengan besaran nilai klaim masyarakat.

Dia mengemukakan meningkatnya kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan menjadi salah satu faktor membengkaknya defisit.

Fahmi berharap jumlah ketidaksesuaian antara besaran klaim dan banyaknya iuran menurun untuk memperkecil defisit.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

NIVEA

Sabtu, 17 November 2018 - 14:42 WIB

Ternyata Inilah yang Direkomendasikan oleh Make-up Experts untuk Pembersih Make-up

NIVEA sebagai Make Up Care Expert meluncurkan inovasi terbaru NIVEA MicellAIR Skin Breathe XPERT yang direkomendasikan oleh Make-up Experts

Tim Mekanik asal Indonesia yg diwakili oleh (ki-ka) Hari Wijaya (Nusantara Motor Jakarta), Rohim (Vergita Motor Sidoarjo), Mualim (Berkat Motor Tangerang)

Sabtu, 17 November 2018 - 13:40 WIB

Castrol Asia Pacific Bikes Super Mechanic Contest 2018 Ditutup Meriah

Tim mekanik asal Indonesia bersaing ketat di ajang kompetisi mekanik tingkat asia pasifik.

Greenna Juarai Kompetisi Shell LiveWIRE Top Ten Inovator 2018

Sabtu, 17 November 2018 - 13:00 WIB

Wirausaha Sosial Asal Indonesia, Greenna Juarai Kompetisi Shell LiveWIRE Top Ten Inovator 2018

Greenna, inovator dari Indonesia, menerima penghargaan tertinggi dalam kategoriSocial Enterprises(wirausaha sosial)Shell LiveWIRE Top Ten Innovators Awards, sebuah kompetisikewirausahaanglobal…

Link Net First Media. (Foto: IST)

Sabtu, 17 November 2018 - 12:41 WIB

Gugatan PT First Media Tbk Tidak Terkait dengan layanan First Media

PT First Media Tbk (KBLV) merupakan penyelenggara jaringan telekomunikasi, yang memiliki izin penyelenggaraan jaringan tetap lokal berbasis packet switched baik melalui kabel maupun pita frekuensi…

SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi

Sabtu, 17 November 2018 - 11:00 WIB

Grand Launching Pembukaan KCP BNI Syariah Pematang Siantar

INDUSTRY.co.id -

Medan - Untuk meningkatkan layanan bagi masyarakat kota Medan, BNI Syariah hadir di Pematang Siantar yang beralamat di Jalan Sutomo No 15 Kota Pematang…