BPJS-Kesehatan Siapkan Rp3 T untuk Dana Cadangan

Oleh : Irvan AF | Rabu, 25 Januari 2017 - 14:26 WIB

BPJS Kesehatan. (Foto: IST)
BPJS Kesehatan. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Palembang - Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fahmi Idris mengatakan telah menyiapkan dana cadangan lebih dari Rp3 triliun untuk antisipasi defisit anggaran pada 2017.

"Kalau yang dialokasikan Rp3 (triliun) sekian dana cadangan dari APBN. Detilnya nanti, saya lupa detilnya Rp3,6 (triliun) atau koma berapa," kata Fahmi di Palembang seperti dilansir Antara, Rabu (25/1/2017).

Fahmi menyebut nilai dana cadangan senilai Rp3 triliun lebih tersebut, sudah diperhitungkan oleh BPJS Kesehatan dan juga Kementerian Keuangan untuk antisipasi defisit.

"Ya itu antisipasi, dana cadangan disiapkan. Kita berupaya jangan lebih dari itu," ucapnya.

Namun, Fahmi menekankan angka tersebut belum tetap dan masih bisa berubah dengan berabagai faktor pertimbangan yang dapat mempengaruhi.

"Nanti kita berbicara lagi mungkin tarif, penyesuaian, belum lagi nanti ada lagi inflasi, kan semua ada pengaruhnya," tuturnya.

Fahmi menyebutkan defisit keuangan BPJS Kesehatan pada 2016 sebesar Rp6,8 triliun dikarenakan ketidaksesuaian iuran yang dibayarkan dengan besaran nilai klaim masyarakat.

Dia mengemukakan meningkatnya kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan menjadi salah satu faktor membengkaknya defisit.

Fahmi berharap jumlah ketidaksesuaian antara besaran klaim dan banyaknya iuran menurun untuk memperkecil defisit.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe saat menerima piagam penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Aawrds

Minggu, 23 September 2018 - 10:04 WIB

Sinar Mas Land Raih Tiga Penghargaan di Ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards

Pengembang kenamaan tanah air, Sinar Mas Land meraih penghargaan di ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards 2018 yang diselengarakan oleh PropertyGuru bekerjasama dengan KOHLER.

(Foto: Tripjalanjalan)

Minggu, 23 September 2018 - 10:00 WIB

Ini Dia 4 Tempat Wisata di Madiun untuk Liburan Menyenangkan bersama Keluarga

Selain terkenal dengan sejumlah wisata alamnya, salah satu kota dan kabupaten di Jawa Timur ini ternyata juga memiliki daftar objek wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto (Foto Dok KPU)

Minggu, 23 September 2018 - 09:00 WIB

Raih Tiga Smartphone dan Hadiah Menarik dengan Nyanyikan "Jokowi Lagi"

Sederet keberhasilan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini bisa dinikmati dalam lagu bergenre rock and roll "Jokowi Lagi".

Mendagri Tjahjo Kumolo (Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 08:40 WIB

Perhatikan, ASN Jangan Ikut Kelapa Daerah Dukung Mendukung Capres

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kembali mengingatkan seluruh aparatur sipil negara untuk bersikap netral dan tidak ikut-ikutan dengan kepala daerah dalam dukung-mendukung calon presiden pada…

Prof Dr KH Din Syamsuddin MA (Foto Ist)

Minggu, 23 September 2018 - 08:20 WIB

Din Syamsudin akan Mundur Sebagai Utusan Khusus Presiden

Presiden Joko Widodo mengatakan akan menerima kedatangan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin terkait pengunduran dirinya sebagai utusan khusus presiden untuk dialog dan kerja sama…