Askarindo: Pengadaan Bus Truk Pemerintah Utamakan Karoseri Lokal

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 25 Januari 2017 - 13:50 WIB

Ilustrasi PO Bus. (Robertus Pudyanto/Getty Images)
Ilustrasi PO Bus. (Robertus Pudyanto/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua Umum DPP Askarindo (Asosiasi Karoseri Indonesia), Sommy Lumadjeng mengatakan, industri karoseri nasional pada umumnya mampu membuat karoseri bus dan truk, baik terkait kualitas maupun desain yang menarik.

"Semetara dua, tiga tahun terakkhir industri karoseri di dalam negeri lesu, karena minimnya order pembuatan karoseri kendaraan bus, truk maupun niaga. Lesunya permintaan pembuatan karoseri ini dampak dari menurunnya aktivitas bisnis di sektor lain, seperti pertambangan batu bara maupun pekebunan kelapa sawit dan sektor usaha lainnya," paparnya kepada INDUSTRY.c.id,  Rabu (26/1/2017)

Ungkapan Ketua Umum DPP Askarindo ini berkaitan akan diselenggarakannya pameran Indonesia Internasional Bus & Truck (IIBT) 2017 kembali akan digelar mulai 29 Maret hingga 1 April mendatang di JIExpo Kemayoran. Pameran ini juga menjadi berkumpulnya industri kendaraan komersial (Bus, Truck, dan Peralatan berat) .

Pada kesempatan itu Sommy berharap adanya dukungan pemerintah yang konkrit, agar industri karoseri Indonesia bisa menggeliat kembali. Diantara dukungan nyata tersebut, yaitu dalam setiap pengadaan barang berupa bus dan truk di lingkungan instansi pemerintah maupun BUMN atau BUMD lebih mengutamakan buatan industri karoseri nasional.

"JIka pemerintah memberikan order kepada industri karoseri di dalam negeri, tentu industri ini akan maju. Karena industri karoseri ini merupakan industri padat karya yang banyak melibatkan tenaga kerja, sehingga masyarakat pun memiliki penghasilan. Ini berarti termasuk dari upaya penghematan devisa," imbuhnya.

Menurut dia, apabila pemerintah mengutamakan bus dan truk impor dalam setiap pengadaan barang, berarti sama saja tidak berpihak kepada industri dalam negeri. Sementara yang menimpa devisa adalah warga negara dan industri pembuat bus dan truk di luar negeri.

"Askarindo siap mengerjakan atau membuat karoseri bus maupun truk sesuai spesifikasi, asalkan pemesanannya tidak mendadak, melainkan dengan perencanaan yang matang. Sementara ini tender pengadaan bus, truk maupun kendaraan lainnya di lingkungan instansi sering mendadak," ujar Sommy.

Sementara Sekretaris Jenderal DPP Askarindo, T.Y. Subagio menambahkan permintaan bus dalam proyek pengadaan barang pemerintah pada tahun 2016 lalu sangat sedikit, yaitu hanya 600 unit.

"Saya yakin pada tahun 2017 akan ada peningkatan permintaan bus di lingkungan pemerintah sebanyak 1000 unit," jelas Subagio

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo

Kamis, 21 September 2017 - 21:00 WIB

Groundbreaking Tol Layang Makassar Dimulai 12 Oktober

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan "groundbreaking" atau peletakan batu pertama pembangunan proyek tol layang Pettarani Makassar sesuai rencana dimulai 12 Oktober…

 Calon Bupati Jaya Pura Nomor 3 Godlief Ohee

Kamis, 21 September 2017 - 20:25 WIB

Pilkada Kabupaten Jayapura, Calon Petahana Mathius Awitauw Didiskualifikasi Bawaslu

Jakarta- Bawaslu RI merekomendasikan pembatalan Mathius Awitauw Sebagai Calon Bupati Jayapura. Hal itu disampaikan Calon Bupati Nomor Urut Nomor 3 Godlief Ohee.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Direktur Utama PT Inti Darman Mappangara berjabat tangan.

Kamis, 21 September 2017 - 20:16 WIB

Telkom dan PT INTI Bersinergi Garap Layanan Internet of Things Devices

Jakarta-PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan sinergi kedua BUMN, serta untuk mendukung…

Direktur Wholesale & Internasional Service Telkom Abdus Somad Arief (kedua dari kanan) bersama Staf Khusus Kementerian BUMN bidang Rumah Kreatif BUMN (RKB) Asmawi Syam (tengah).

Kamis, 21 September 2017 - 20:07 WIB

TelkomGroup Latih E-Commerce dan Pemasaran Online UMKM Indonesia Go Global

Jakarta-Dalam rangka mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia menembus pasar global di era digital, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus optimalkan keberadaan…

PT Paramount Land

Kamis, 21 September 2017 - 19:30 WIB

Paramount Land Raih Penghargaan Dot Property Indonesia

Paramount Land meraih 3 penghargaan sekaligus atas komitmennya dalam menciptakan produk-produk properti terbaik dalam ajang Dot Property Indonesia Awards 2017.