Ini Dia, Tips Investasi Properti Bagi Generasi Milenial

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 06 Mei 2018 - 06:45 WIB

Ilustrasi Properti
Ilustrasi Properti

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Mungkinkah bila generasi milenial berinvestasi di bidang properti? Jawabannya jika tingginya harga properti dianggap sebagai halangan maka jelas tidak mungkin. Sebaliknya, jika tingginya harga properti dianggap sebagai peluang maka investasi di bidang properti jelas perlu dilirik generasi milenial.

Ya, tingginya harga properti bukan hanya terjadi di pusat kota, namun juga sejumlah area penyangga di sekitarnya. Dan meski membutuhkan modal yang cukup besar, namun peluang bisnis ini juga cocok dijajal generasi milenial.

Harus diakui, masalah utama yang menjadi kendala investor muda seperti generasi milenial adalah soal pembiayaan. Tidak hanya tabungan yang terbatas, mereka pastinya akan kesulitan untuk mendapat pinjaman dalam jumlah besar.

Tapi, jangan menyerah dulu. Disadur dari artikel realestate.com.au, Rumah.com akan menjabarkan beberapa tips investasi properti bagi generasi milenial. Simak tipsnya berikut ini.

    Mengurangi pengeluaran bulanan

Generasi milenial yang baru saja lulus kuliah dan baru mulai bekerja biasanya akan mengalami perubahan pola hidup. Pengeluaran yang cenderung boros sebaiknya mulai dihindari sebelum Anda terjebak dalam gaya hidup yang salah.

Soal tempat tinggal, sebaiknya tetap tinggal dengan orangtua demi menekan biaya sewa hunian dan konsumsi sehari-hari.

    Terbebas dari hutang

Jika ingin meminjam uang dari bank, katakan saja lewat pengajuan KPR, maka semua catatan keuangan Anda akan dicek secara rinci. Mulai dari pinjaman cicilan mobil sampai dengan limit kartu kredit yang dimiliki.

Hal seperti ini jelas berpengaruh besar terhadap kemampuan Anda untuk membayar cicilan per bulannya. Untuk itu pastikan Anda terbebas dari segala bentuk utang, baik yang berkaitan langsung dengan bank ataupun tidak.

    Mulai menabung sedini mungkin

Mulai biasakan diri untuk menyisihkan sebagian penghasilan Anda ke dalam tabungan. Ingat, semakin besar jumlah tabungan Anda maka akan memengaruhi kemampuan Anda untuk membayar DP rumah atau apartemen yang akan Anda beli. Semakin besar DP maka akan semakin kecil pula cicilan per bulannya.

    Pertimbangkan untuk kerja sambilan

Tidak ada salahnya juga untuk memulai kerja sambilan. Bekerja sambilan bisa dilakukan dari hobi atau passion yang Anda miliki. Dengan memiliki penghasilan ekstra maka Anda juga akan mendapat prioritas lebih dari bank untuk meminjam uang lebih.

    Pertahankan riwayat pinjaman yang bersih

Sekali lagi, bank sangat selektif untuk menentukan calon nasabah kreditnya. Jika Anda pernah memiliki riwayat pinjaman yang buruk atau masuk dalam daftar hitam BI maka peluang persetujuan pengajuan pinjaman Anda akan sangat kecil sekali.

 

Untuk memastikan catatan pinjaman Anda selalu lancar, pastikan Anda selalu membayar tagihan tepat waktu.

    Minta bantuan dari orangtua atau kolega

Ini adalah cara paling mudah untuk mendapatkan pembiayaan ketika ingin berinvestasi di pasar properti. Anda bisa meminjam dana yang cukup besar tanpa perlu khawatir soal bunga pinjamannya. Meski begitu, Anda tetap harus profesional dan memastikan uang pinjaman tersebut dikembalikan tepat waktu.

Dengan beberapa cara di atas, Anda bisa mulai memilih berinvestasi properti dengan harga yang relatif terjangkau. Seperti apartemen di pinggiran kota, atau rumah tapak tipe sederhana. Semakin cepat Anda memulai, maka akan semakin cepat Anda untuk mendapat return of investment (balik modal).

Nah, salah satu apartemen di pinggiran kota yang bisa Anda lirik misalnya seperti Kawana Golf Residence yang berada di kawasan Jababeka Residence, Cikarang, Jawa Barat. Apartemen ini sangat potensial dijadikan investasi mengingat ada lebih dari 1.700 perusahaan multinasional dari 30 negara di sekitar kawasan industri Cikarang.

Apartemen ini pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mempunyai akses langsung bermain golf sehingga disambut dengan antusiasme tinggi dari para investor. Terbukti hingga April 2018, tower I Kawana Golf Residence yang mencakup 234 unit sudah terserap 100%.

Keunggulan lainnya, jaringan infrastruktur transportasi juga menjadi daya tarik Kawana Golf Residence. Misalnya seperti pembangunan stasiun MRT Balaraja-Cikarang yang akan terletak di pusat CBD Jababeka, elevated toll road Jakarta-Cikampek yang akan beroperasi pada 2019 dan perpanjangan jalur LRT sampai Cikarang.

Pembangunan tersebut melengkapi 3 akses pintu tol Cikarang dan Stasiun KRL Commuter Line yang hanya berjarak tempuh 15 menit dari kawasan Jababeka. Itulah tips investasi properti bagi generasi milenial.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…