Ini Manfaat Senyum Bagi Kesehatan

Oleh : Anisa Triyuli | Sabtu, 05 Mei 2018 - 16:00 WIB

Press Conference Pepsodent #SenyumSatuIndonesia (Foto: Anisa Triyuli)
Press Conference Pepsodent #SenyumSatuIndonesia (Foto: Anisa Triyuli)

INDUSTRY co.id, Jakarta -  Senyum yang sering kita anggap sederhana, merupakan sumber kekuatan yang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Unilever Indonesia Foundation, Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc mengatakan, riset yang dilakukan oleh Universitas Missouri, Kansas City tahun 2016 menunjukkan banyak manfaat yang diperoleh dari kebiasaan tersenyum bagi kesehatan.

Kebiasaan tersenyum mampu meningkatkan mood dan sense of well-being , menurunkan tekanan darah, mengurangi dampak stres.

"Bahkan rentang senyum dapat memprediksi usia, membuat seseorang terlihat lebih muda sehingga menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi sangat penting agar kita dapat tersenyum dengan percaya diri,” kata Ratu Mirah Afifah pada conference press Pepsodent #SenyumSatuIndonesia di Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Pada dasarnya tersenyum merupakan kebiasaan yang menular atau dapat dibagikan pada orang lain. Menurut penelitian, 50% orang akan membalas senyuman yang diberikan.

"Ketika tersenyum, ujung pipi naik, otomatis pipi, rahang dan leher juga naik jadi seperti mini face lift, makanya orang yang suka senyum itu terlihat awet muda," katanya.

Hormon-hormon yang membuat bahagia di antaranya endorfin, dopamin, dan serotonin keluar ketika seseorang tersenyum. Yang membuat seseorang menjadi merasa lebih bahagia ketika tersenyum.

"Orang sakit ketika tersenyum jadi pain relief dan mood naik, Senyum tak cuma berdampak baik untuk kesehatan, tetapi juga mencairkan suasana dalam interaksi dengan orang lain" imbuhnya.

Namun perlu diingat untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara rutin pagi dan malam, serta memilih pasta gigi yang tepat. Dengan demikian senyum kesehatan gigi dan mulut terjaga.

Pepsodent melalui gerakan #SenyumSatuIndonesia Ingin mengajak masyarakat untuk berbagi senyum dan terus menjaga senyum kita dengan rutin menyikat gigi dua kali sehari setiap pagi dan malam.

Gerakan #SenyumSatuIndonesia ini semakin memperkuat komitmen pepsodent dalam menciptakan senyum cemerlang masyarakat Indonesia.

"Gerakan ini merupakan salah satu wujud dari komitmen Unilever Sustainable Living Plan dalam mendorong 1 milyar orang diseluruh dunia untuk mengambil tindakan dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan termasuk kesehatan gigi dan mulut di Indonesia", ungkapnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…