Bersama dengan NMW Skincare, BPOM Kampanyekan Waspada Kosmetika Berbahan Berbahaya

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 05 Mei 2018 - 15:00 WIB

NMW Skin Care X BPOM Waspada Kosmetika Berbahan Berbahaya
NMW Skin Care X BPOM Waspada Kosmetika Berbahan Berbahaya

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Saat ini, dunia kecantikan mulai digandrungi oleh masyarakat kalangan muda dan banyak bermunculan berbagai merek kosmetik baru yang rawan bahaya yang mengakibatkan dapat merusak kulit. Oleh karena itu, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melakukan giat penertiban kosmetik berbahaya melalui Aksi Nasional Pemberantasan Bahan Kosmetika Berbahaya.

Kepala Deputi IV Pengawasan Hukum, Bapak Hendri Siswandi, SH, BPOM berupaya memaksimalkan program pencanangan aksi pemberantasan kosmetika berbahaya berdasarkan pada tiga aspek penting yang menjadi landasan pelaksanaan program ini yakni, Strategi Deteksi dengan melakukan pengawasan berbasis risiko dengan melibatkan Kementerian/Lembaga terkait (kerjasama lintas sektoral) untuk memetakan peredaran obat ilegal dan penelusuran kebocoran obat yang sering disalahgunakan serta perkuatan regulasi BPOM.

Strategi Pencegahan yang meliputi pemberian edukasi kepada masyarakat melalui program Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat, pembuatan posko terpadu pengawasan obat dan makanan serta perkuatan regulasi distribusi obat.

Upaya yang dijalanin ialah Edukasi kepada masyarakat bekerjasama dengan Kemendikbud, Kemenpora dan Ormas Kepemudaan disertai pembentukan duta dan kader dalam rangka peningkatan kewaspadaan penyalahgunaan obat ilegal di ka-langan pelajar dan pemuda.

Strategi penindakan dengan meningkatkan kerjasama lintas sektoral khususnya antar aparat penegakan hukum (Criminal Justice System) dalam rangka membangun persamaan persepsi tentang penyalahgunaan obat ilegal dan investigasi bersama dengan fokus target pada produsen/ distributor utama, perkuatan pertukaran informasi intelijen dengan Badan Intelijen Negara dalam  rangka pengungkapan jaringan obat ilegal, cyber patrol serta operasi bersama pada skala nasional dan internasional. Hadir pula sebagai pembicara, Drs. Arustiyono, Apt. MPH selaku Direktur Pengawasan Kosmetik BPOM Republik Indonesia.

Disisi lain, NMW Skincare sebagai salah satu produsen produk kecantikan memahami bahwa langkah yang diambil oleh BPOM ini bukanlah merupakan kendala yang menyebabkan bisnis sejenis sulit untuk berkembang. Namun justru melalui program ini, Para Produsen akan dilindungi dalam aktivitas sehari harinya.

Terutama bagi para produsen yang mengikuti aturan yang benar, maka para produsen tidak perlu khawatir dalam mengembangkan bisnis mereka.

Dari sisi medis, diwakili oleh dr. Shakti Indraprasta, SpKk, mengatakan bahwa melalui program BPOM ini masyarakat akan paham bahwa produk kecantikan yang memberikan hasil instant dan signifikan perlu diwaspadai, karena besar kemungkinan menggunakan bahan berbahaya seperti merkuri dan hydroquinone yang dampaknya akan fatal bagi kulit.

Melalui talkshow ini, diharapkan selain masyarakat paham tentang kampanye program yang dilakukan oleh BPOM, NMW Skincare juga berupaya untuk terus meyakinkan konsumen bahwa di era dimana untuk mengakses produk kecantikan sangatlah mudah, konsumen juga harus tetap waspada dan tetap selektif dalam memilih jenis produk dan ragam tindakan oleh dokter yang memang ahli dibidangnya.

Jangan hanya berharap dari hasil instant yang dijanjikan, namun tetap harus memikirikan efek jangka panjang dari penggunaan produk atau tindakan yang diambil.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…

Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso

Kamis, 25 April 2024 - 11:26 WIB

Konsisten Bagikan Dividen, DRMA Incar Pertumbuhan Dobel Digit di 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

AMMAIA Ecoforest Raih Sertifikasi Greenship Neighborhood

Kamis, 25 April 2024 - 11:17 WIB

Tawarkan Keseimbangan Hunian Berkelanjutan dan Kenyamanan Ekosistem Terpadu, AMMAIA Ecoforest Raih Sertifikasi Greenship Neighborhood

AMMAIA Ecoforest, dikembangkan oleh Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan sebuah kawasan perumahan eksklusif…