Tekan Gas Emisi, Pemerintah Resmikan Fasilitas Uji Emisi Euro 4

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 04 Mei 2018 - 14:26 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi meresmikan Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (3/5).
Menhub Budi Karya Sumadi meresmikan Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (3/5).

INDUSTRY.co.id, Bekasi - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan fasilitas uji emisi mobil berpenumpang euro 4 dengan standar kualitas internasional. Nama fasilitas gedung tersebut ialah, Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (3/5).

"Kita tahu bahwa kita salah satu negara yang ingin meningkatkan mutu lingkungan, kita akan menjadikan daerah Bekasi menjadi suatu industri otomotif dan akan dibangun Pelabuhan Patimban, Subang maka fasilitas ini akan relevan," kata Budi Karya.

Dalam siaran persnya, ia berharap balai pengujian juga diharapkan dapat menekan pembuangan gas emisi. Balai dengan memiliki fasilitas uji emisi euro 4 dengan standar kualitas internasional.

Selain itu, dengan adanya uji emisi euro 4, diakuinya dapat memudahkan produsen otomotif. Sebab kendaraan yang akan di kirim ke luar negeri tidak lagi diuji di negara pengekspor.

"Semua kendaraan wajib untuk melalukan pengujian, kalau tidak mengikuti tidak akan dapat suatu sertifikat laik," tandasnya.

Sementara itu, Kepala BPLJSKB Caroline Noorida Aryani, peralatan pengujian emisi ini guna menjamin baku mutu terhadap emisi gas buang dari kendaraan bermotor.

“Peralatan pengujian emisi ini diharapkan dapat mendukung pelaksanaan pengujian tipe kendaraan bermotor di BPLJSKB guna menjamin baku mutu terhadap emisi gas buang dari kendaraan bermotor tipe baru,” tutur Caroline.

Selain aspek keselamatan, lebih lanjut Menhub menjelaskan ada hal lain yang menjadi perhatian dunia saat ini yaitu isu lingkungan. Pemerintah telah berkomitmen untuk menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 26% pada tahun 2020.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…

Penyerahan donasi 500 liter Cairan Antiseptic Secret Clean untuk korban banjir Semarang.

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:58 WIB

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) Salurkan Donasi 500 Liter Cairan Antiseptic Secret Clean Untuk Korban Banjir Semarang

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) menyalurkan donasi untuk membantu korban banjir di Semarang berupa 500 liter Secret Clean Antiseptic.