Prajurit Kopassus dan Marinir Unjuk Ketangkasan di Hadapan Sultan Brunei

Oleh : Herry Barus | Jumat, 04 Mei 2018 - 06:37 WIB

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) (Foto Ist)
Komando Pasukan Khusus (Kopassus) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dan Korps Marinir "unjuk gigi" dihadapan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah didampingi Presiden Joko Widodo dengan melakukan berbagai atraksi bela diri saat kunjungan kehormatannya di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (3/5/2018)

Diwarnai hujan yang cukup deras di Lapangan Plaza Mabes TNI, pasukan elit TNI Angkatan Darat dan TNI Angkatan Laut itu melakukan atraksi bela diri pencak silat dan Yong Moodo.

Mereka membuat decak kagum Sultan Brunei Darussalam dan Presiden Jokowi yang mengenakan baju loreng. Presiden Jokowi mengenakan pakaian loreng hijau dengan baret berwarna hitam dengan logo Mabes TNI dan berpin garuda, sementara Sultan Brunei mengenakan baret berwarna merah milik Kopassus dengan bintang lima.

Dihadapan Presiden Jokowi, Sultan Brunei dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, para prajurit TNI juga melakukan atraksi meminum darah ular kobra. Prajurit Kopassus dan Marinir secara bergantian mematahkan plat besi yang ditumpuk.

Yang lebih mengagumkan lagi, dua orang prajurit Kopassus memecahkan 52 batu habel dengan menggunakan satu tangan hingga terbelah menjadi dua bagian. Semua orang yang berada di dalam tena pun bertepuk tangan dengan riuh.

Setelah melihat penampilan prajurit yang melakukan atraksi bela diri, Mabes TNI juga menyuguhkan atraksi pembebasan sandera. Dengan menggunakan dua helikopter, sejumlah prajurit turun dengan menggunakan tali dengan ketinggian sekitar 10 meter.

Setelah itu, pasukan intai tempur dengan menggunakan dua unit mobil mengejar satu mobil yang diduga membawa sandera. Mereka menghadang satu mobil yang ditumpangi tiga orang pelaku yang membawa senjata api.

Dengan kecepatan tiga ekor anjing pelacak dan personil intai tempur, tiga orang pelaku berhasil dilumpuhkan dan satu orang sandera berhasil diselamatkan.

Usai melihat atraksi para prajurit TNI itu, Sultan Brunei juga melihat pameran beberapa industri pertahanan, seperti PT Pindad. Sultan Brunei juga melihat beberapa kendaraan taktis buatan PT Pindad, seperti Panser Anoa dan Panser Komodo.

Hadir dalam kesempatan itu, Menko Polhukam Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Pertahanan Ryamizard, Mensesneg Pratikno, Menseskab Pramono Anung dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…