PKBL Diketahui Halayak Ramai Positif ke Perusahaan

Oleh : Wiyanto | Selasa, 01 Mei 2018 - 05:43 WIB

Mohammad Ihsan Pemred Warta Ekonomi kiri
Mohammad Ihsan Pemred Warta Ekonomi kiri

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Program Kemitraan dan Bina lingkungan (PKBL) yang disalurkan ke masyarakat oleh perusahaan apalagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), harus dapat berdampak positif ke kinerja perusahaan.

Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi Mohammad Ihsan mengatakan, berdasarkan riset, PKBL yang bernuansa edukasi peringkat teratas yang disukai.

"Menunjukan riset yang kami lakukan. Program CSR atau PKBL banyak tidak disadari masyarakat, kami pertanyakan ke responden secara terbuka yang tahu sedikit. Menunjukan, prinsip tangan kanan beri, tangan kiri enggak tahu. Kebanyakan perusahaan belum banyak sosialisasi. Hingga profit enggak maksimal," kata dia pada 'Apresiasi Kemitraan Program Bina Lingkungan' yang diselenggarakan Warta Ekonomi di Jakarta, Senin (30/4/2018).

Ia katan PKBL tidak hanya amal yang tercatat oleh Malaikat namun mempunyai harmonisasi antara masyarakat dengan perusahaan.  Oleh karena itu untuk menjaga dampak negative kegiatan ekonomi, pemerintah telah menetapkan Undang-Undang yang ditujukan untuk perseroan sebagai pelaku ekonomi. Perseroan wajib bertanggung jawab secara sosial maupun lingkungan atas eksternalitas yang diciptakannya, dan tidak terkecuali Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

BUMN sebagai perusahaan padat modal memiliki tugas khusus tersendiri yang diberikan pemerintah. Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) adalah kegiatan yang harus dijalankan BUMN sebagai bentuk tanggung jawab yang dilakukan perusahaan untuk memberikan manfaat atas segala dampak yang diterima masyarakat.

"Kegiatan PKBL berbeda dengan tanggung jawab sosial perusahaan swasta. Program PKBL merupakan kombinasi program BUMN yang berfokus pada program kemitraan dan program bina lingkungan.  Kemitraan BUMN merupakan program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri. Sedangkan program bina lingkungan merupakan program permberdayaan kondisi social masyarakat.
Program kemitraan merupakan  bentuk pembiayaan BUMN untuk Usaha Kecil yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil dalam mencapai kemandirian dan dapat menciptakan lapangan kerja baru. Program kemitraan ini akan menjadikan alternatif pembiayaan UKM, dalam pemenuhan modal untuk dapat terus berkembang dan mandiri kelak," katanya.

Menurut dia, keberhasilan berjalannya PKBL BUMN dapat dilihat dari dampak positif di sekitar operasional BUMN. Selain itu program yang berkaitan dengan pelestarian dan pembangunan ekonomi ini dapat dikatakan berhasil ketika program tersebut bersifat sustainable atau terus berjalan dalam jangka waktu yang panjang dan keberlanjutan. 
Warta Ekonomi dalam mendukung kegiatan BUMN melaksanakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), memberikan penghargaan kepada kepada BUMN yang selalu konsisten dan berhasil dalam melaksanakan PKBLnya.

Warta Ekonomi melakukan beberapa tahapan kegiatan riset untuk menentukan penerima apresiasi ini. Pada tahap awal, Kami melakukan pemetaan kegiatan PKBL masing-masing BUMN berdasarkan publikasi resmi internal perusahaan BUMN. Hsail tahap awal ini kami lengkapi dengan tracking media melalui aplikasi Media Monitoring yang kami miliki. Media monitoring kami lakukan pada 40 media main stream di Indonesia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…