Kuliner Indonesia Meriahkan Festival Kuliner di Rusia

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 01 Mei 2018 - 10:00 WIB

Kuliner Indonesia, Sate Ayam (Ist)
Kuliner Indonesia, Sate Ayam (Ist)

INDUSTRY.co.id, London - Bekerja sama dengan Restoran Grabli Moskow, Keduataan Besar RI Moskow mengelar Festival Kuliner Indonesia yang berlangsung secara serentak di delapan gerai restoran selama tiga minggu, 27 April-18 Mei 2018.

Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana, Senin menyebutkan acara pembukaan secara resmi dipusatkan di salah satu Restoran Grabli di sebuah pusat perbelanjaan yang besar dan strategis Children`s World Department Store (Detskiy Mir) di Lubyanka, sekitar 750 meter dari Lapangan Merah dan Kremlin.

Direktur Komersial Restoran Grabli, Alexander Rozhnikovsky mengatakan festival seperti ini baru pertama kali dilakukan di Grabli. Pengunjung tidak hanya menikmati makanan Indonesia, tetapi juga nuansa Indonesia melalui dekorasi dan iringan musik, serta pertunjukan budaya Indonesia.

"Mengembangkan menu eksotis dengan bahan langka di Rusia untuk jaringan besar restoran seperti Grabli dengan harga kompetitif merupakan suatu tantangan nyata. "Tapi kami mendapat dukungan dan kerja sama dari juru masak profesional Indonesia dan KBRI Moskow," ujar Alexander Rozhnikovksy salah satu pemilik dari Restoran Grabli.

Menurut Alexander, setiap hari sekitar 20 ribu orang mengunjungi seluruh jaringan Restoran Grabli. Diharapkan festival ini dapat turut memperkenalkan Indonesia dan budayanya kepada warga Moskow dan pengunjung Ibukota Rusia ini.

Festival Kuliner Indonesia menampilkan berbagai sajian makanan Indonesia yang eksotik mulai dari menu pembuka, menu utama hingga menu penutup.

Terdapat 10 menu yang disajikan selama festival, di antaranya urap, soto ayam, nasi goreng, risoles, sate ayam, semur daging dan lainnya.

Makanan Indonesia diolah dan disiapkan lima juru masak profesional Indonesia yang didatangkan dari Belanda.

Menurut salah seorang warga Rusia, Inna Izykheeva, Festival Kulier Indonesia akan sangat menarik bagi warga dan tamu Moskow. Kuliner Indonesia memiliki ciri khas dan cita rasa tersendiri dengan bumbu yang digunakannya dibandingkan kuliner negara lain.

Sementara itu Dubes Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi mengatakan Festival Kuliner Indonesia ini dilaksanakan tidak hanya untuk mempromosikan kuliner dan budaya Indonesia di Rusia, tetapi juga peluang ekonomi, bisnis, dan pariwisata.

Di Rusia tidak ada kecap dan beberapa rempah-rempah, seperti kemiri, laos, dan lainnya. Grabli bersedia untuk impor dari Indonesia, ujarnya dan ia berharap akan ada restoran di Moskow menyajikan kuliner Indonesia.

Semakin populernya masakan Indonesia diharapkan dapat mendorong warga Rusia untuk berwisata ke Indonesia, ujarnya.(Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:30 WIB

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mempertahankan prestasi dan kembali memperoleh sertifikat ISO 9001-2015 dari Worldwide Quality Assurance (WQA), sebuah lembaga sertifikasi manajemen berstandar…

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…

Stephanie Tangkilisan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 11:59 WIB

Politik Identitas VS Hoaks Jelang Pemilu 2019

Pertanyaan-pertanyaan yang umumnya timbul adalah apakah isu politik identitas dan hoaks benar-benar akan menurunkan kualitas demokrasi Indonesia di Pemilu nanti?

MRT akan mulai proses uji coba operasi secara penuh mulai tanggal 26 Februari 2019.

Jumat, 18 Januari 2019 - 10:40 WIB

Mulai 26 Februari, Warga Jakarta Bisa Jajal MRT Jakarta Gratis

PT Moda raya terpadu (MRT) Jakarta segera beroperasi pada bulan Maret 2019 mendatang. Namun masyarakat sudah mulai bisa menjajal Ratangga, sebutan untuk kereta MRT, pada akhir Februari mendatang.