PT BAL Bangun Cold Storage 5000 Ton di Probolinggo

Oleh : Herry Barus | Minggu, 29 April 2018 - 16:03 WIB

Komisaris PT BAL HM Soenarto Sholahuddin (tengah) melakukan peletakan batu pertama cold storage di Probolinggo, Minggu (29/4/2018).
Komisaris PT BAL HM Soenarto Sholahuddin (tengah) melakukan peletakan batu pertama cold storage di Probolinggo, Minggu (29/4/2018).

INDUSTRY.co.id - Probolinggo - PT Berkah Aneka Laut (BAL), sebuah perusahaan perikanan tangkap segera akan memiliki gudang penyimpanan dingin (cold storage) yang berkapasitas 5000 ton. Cold Storage itu terbilang yang cukup besar untuk menampung ikan hasil tangkapan nelayan setempat ditambah ikan yang ditangkap para nelayan pekerja PT BAL yang beroperasi di kawasan Indonesia Timur.

“Kami sudah cek beberapa lokasi di beberapa tempat untuk pembangunan cold storage ini paling ideal di Probolinggo. Harapannya segera di bangun dan bisa langsung digunakan tahun ini,” ujar Komisaris PT BAL HM Soenarto Sholahuddin di Probolinggo, Minggu (29/4/2018).

Perseroan sengaja memilih sebuah tempat tak jauh dari Pelabuhan Internasional Probolinggo untuk lokasi cold storage yang ditarget rampung akhir tahun. Soenarto mengungkapkan, dengan pembangunan cold storage ini diharapkan mampu menampung hasil tangkapan nelayan setempat. Dengan demikian ikan hasil tangkapan ini bisa disimpan sebagai stok saat ada permintaan yang tinggi.

“Cold storage sangat penting untuk menjaga kualitas ikan, dan tentu jika ada cold storage stok ikan juga bisa terjaga. Kami memiliki cita-cita untuk bisa memasarkan ikan Grade A untuk pasar domestik. Kami ingin meningkatkan konsumsi ikan kepada generasi Bangsa Indonesia,” dia menjelaskan.

Dengan begitu, pembangunan sarana penyimpanan ikan ini juga dalam rangka menstabilkan harga ikan. Karena dengan adanya sarana tersebut, ikan hasil tangkapan nelayan bisa disimpan lebih lama dan bisa diekspor ke luar negeri lantaran Pelabuhan Probolinggo merupakan pelabuhan yang segera disahkan menjadi pelabuhan internasional.

"Selain untuk jaga stok, dan menstabilkan harga, Probolinggo juga bisa menjadi salah satu pintu ekspor hasil perikanan karena Probolinggo berstatus pelabuhan internasional," tutur dia.
 
Awalnya, Soenarto mengakui pembangunan cold storage baru ini adalah dengan niat menekan biaya. Hampir saban bulan perusahaannya harus merogoh kocek Rp600 juta untuk sewa cold storage ke pihak lain.

"Dengan memiliki storage sendiri kami yakin harga ikan dari PT BAL akan makin kompetitif di pasaran. Yang untung konsumen karena bisa mendapat ikan dengan harga lebih murah," ujar Soenarto berapi-api.

Diungkapkan Direktur PT BAL Redjo Supangat, untuk proyek ini, perusahaannya akan mengucurkan anggaran sekitar Rp150 miliar yang berasal dari kredit perbankan. Fasilitas penyimpanan ikan ini akan berdiri di lahan 1,1 hektare yang akan dibangun secara bertahap oleh kontraktor berpengalaman di Jawa Timur.

"Targetnya dalam enam bulan kami sudah bisa mengoperasikan kapasitas 2000 ton. Selanjutnya di tahap dua barulah kami akan mencapai target kapasitas penyimpanan 5000 ton," ujar Redjo.

Redjo berharap perusahaannya bisa meningkatkan kapasitas produksinya dan bisa menyumbang pada kapasitas produksi perikanan nasional secara signifikan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…