Jakarta Performing Arts Community Mempersembahkan Pertunjukan Dreamgirls untuk Para Pemimpi

Oleh : Dina Astria | Minggu, 29 April 2018 - 16:00 WIB

Main poster drama musikal 'Dreamgirls'. (Foto: JPAC)
Main poster drama musikal 'Dreamgirls'. (Foto: JPAC)

INDUSTRY.co.id - Jakarta -Setelah sukses menggelar pertunjukan berlisensi Musical Theatre International (MTI) pertama di Indonesia tahun 2017 lalu, Jakarta Performing Arts Community (JPAC) kembali menghadirkan drama musikal favorit dunia berlisensi resmi di Indonesia. Kali ini, JPAC akan membawakan lakon Dreamgirls karya Tom Eyen pada tanggal 25-27 Mei 2018 di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Dreamgirls adalah drama musikal karya Tom Eyen dengan musik dan lirik oleh Henry Krieger. Drama ini menceritakan potongan sejarah musik R&B, soul, pop, dan disko di Amerika Serikat tahun 1960-1980. Pertunjukan ini pertama kali ditampilkan di Broadway pada tahun 1981 dan berhasil memenangkan 6 kategori Tony Award. Adaptasi filmnya yang tayang tahun 2006 dan dibintangi oleh aktor dan musisi ternama seperti Jennifer Hudson, Beyonce, dan Eddie Murphy juga meraih banyak penghargaan. Secara khusus, kisah Dreamgirls diangkat dari perjalanan karir grup musik The Supremes dan Motown Records yang mengorbitkan Diana Ross, salah satu penyanyi paling dikenal abad ini.

Dreamgirls menggambarkan perjuangan para tokoh untuk mencapai mimpi mereka di tengah industri musik yang masih sarat dengan unsur patriarki dan diskriminasi. Melalui kisah ini, JPAC ingin berbagi kisah inspiratif Effie, Deena, dan Lorell yang berjuang meraih cita-cita dengan melawan pengharapan patriarkis mengenai peran, sifat, hingga penampilan seorang wanita. Dinamika kehidupan kaum hawa di Amerika yang menjadi latar cerita Dreamgirls juga diharapkan dapat membangkitkan semangat untuk menolak segala bentuk kekerasan dan diskriminasi serta merayakan pemberdayaan wanita di Jakarta dan seluruh Indonesia.

Pementasan Dreamgirls ini akan menjadi produksi JPAC yang kesembilan. Sebagai komunitas yang bersifat nirlaba, JPAC menjadi wadah berkarya bagi bakat-bakat terpendam di Jakarta melalui lakon Dreamgirls yang menuntut kemampuan vokal yang tinggi. Sejak pertama kali didirikan pada tahun 2014, JPAC juga senantiasa memberi pengalaman belajar bagi mereka yang ingin berkenalan dengan dunia teater musikal Broadway.

Meski merupakan teater amatir, JPAC siap menghadirkan pertunjukan berlisensi dengan kualitas yang setara dengan pertunjukan profesional. Kami harap ke depannya semakin banyak teater di Indonesia yang meningkatkan skala produksi mereka dan menghadirkan pertunjukan teater profesional, pesan Hans De Waal, salah satu board member JPAC sekaligus sutradara pertunjukan Dreamgirls.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.