Menteri Yuhana: Perluas Partisipasi Perempuan dalam Pembangunan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 29 April 2018 - 14:00 WIB

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip, Apling, MA., PhD. bersama Lansia
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip, Apling, MA., PhD. bersama Lansia

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Yohana Yembise mendorong perluasan akses dan partisipasi perempuan di seluruh bidang pembangunan bangsa untuk mengatasi permasalahan yang kerap terjadi seperti kekerasan fisik, psikis dan seksual.

"Sehingga perempuan dapat merasakan manfaat pembangunan mulai dari proses persiapan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi program pembangunan," kata Yohana ketika membuka peringatan Hari Kartini yang digelar Parisadha Buddha Dharma Niciren Syosyu Indonesia (NSI) di Denpasar, Sabtu (28/4/2018)

Menurut Yohana, perempuan memiliki potensi yang sangat besar untuk membangun bangsa sehingga pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi menjadi faktor yang sangat penting untuk ditingkatkan.

Yohana juga mengingatkan bahwa perempuan juga harus diberikan kesempatan melakukan kontrol terhadap proses pembangunan.

"Dengan demikian kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dapat terwujud dan pembangunan dapat berjalan dengan baik," ucapnya dalam sambutan kepada para peserta yang dalam malam peringatan Hari Kartini itu.

Perempuan di beberapa daerah, lanjut dia, masih ada yang mengalami "stereotype", marginalisasi, subordinasi, dan beban ganda.

"Stereotype", kata dia, merupakan pencitraan mengenai individu atau kelompok yang tidak sesuai dengan kenyataan empiris yang ada, seperti tugas perempuan dianggap hanya melaksanakan pekerjaan yang berkaitan dengan rumah tangga saja.

Kemudian perempuan yang mengalami marjinalisasi atau proses peminggiran atau pemiskinan dapat mengakibatkan kemiskinan secara ekonomi.

Hal lainnya lagi, ucap Yohana, perempuan masih ada yang mengalami "subordinasi" atau penomorduaan, seperti prioritas untuk memperoleh hak pendidikan.

"Pada saat kondisi ekonomi keluarga terbatas, maka pendidikan bagi laki-laki lebih diprioritaskan dibandingkan perempuan," ujar Yohana.

Permasalahan lainnya yang dihadapi perempuan yaitu beban ganda kaum hawa yang bekerja mempunyai beban sebagai pencari nafkah sekaligus manajer dalam pekerjaan rumah tangga.

Pada peringatan Hari Kartini itu Yohana mengharapkan perempuan Indonesia untuk mengambil contoh teladan dari sosok pahlawan kelahiran Jepara, Jawa Tengah itu yang memikirkan kemajuan bangsa di tengah pengetahuan yang terbatas dalam kungkungan feodal.

"Kartini mampu menembus kebuntuan, berkirim surat dengan sahabatnya dari berbagai belahan dunia. Kartini ketika itu sudah melampaui kaumnya, bahkan di antara kaum laki-laki kebanyakan zaman itu," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Yohana mengharapkan NSI dapat meningkatkan peran yang lebih konstruktif kepada umatnya dan berkontribusi dalam melindungi, memberdayakan dan memajukan kaum perempuan.

"Bagaimana NSI benar-benar dapat ikut berpartisipasi dan berkontribusi serta berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan negara," ucap Yohana Yembise.

Sementara itu Ketua Umum Parisadha Buddha Dharma NSI Suhadi Sendjaja mengatakan peringatan tokoh emansipasi wanita itu diharapkan menjadi wadah pembinaan umat Buddha NSI di seluruh Indonesia.

Kegiatan itu, lanjut dia, dihadiri ratusan peserta dari seluruh Indonesia yang salah satunya juga diisi lokakarya mengenai peran perempuan dalam membangun bangsa dan negara.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…