Asyfa Fuadi Rancang Busana Unik Perpaduan dari Tenun dan Denim

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 28 April 2018 - 10:37 WIB

Desainer muda, Raden Asyfa Fuadi berhasil menerima penghargaan Asosiasi Eksportir Handicraft Indonesia (Asephi) Emerging Award 2018.
Desainer muda, Raden Asyfa Fuadi berhasil menerima penghargaan Asosiasi Eksportir Handicraft Indonesia (Asephi) Emerging Award 2018.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Desainer muda, Raden Asyfa Fuadi berhasil  menerima penghargaan Asosiasi Eksportir Handicraft Indonesia (Asephi) Emerging Award 2018. Dirinya menginginkan membangkitkan kain tradisional menjadi item fesyen yang tak kalah saing dengan karya desainer internasional. Salah satu kain tradisional yang selalu digunakannya adalah tenun.

Ia mengatakan, pihaknya berusaha memproduksi kain tenun yang bisa dipakai anak muda generasi sekarang dan generasi masa depan, tanpa ada kesan klasik.

“Sayang sekali kalau kain tenun akan punah. Karena biasanya kain tenun dipakai orang-orang yang sudah berumur dan acara tertentu saja,"papar dia

Asyfa mengatakan pihaknya menciptakan tenun untuk kebutuhan denim, kanvas celana, jaket  dan kemeja, dengan desain simple dan warna alam sehingga tidak mencemari lingkungan. Pihaknya juga memperhatikan generasi penenun dengan melatih anak-anak yang putus sekolah menenun.

“Dalam sebulan kita bisa berproduksi hingga 500-800 yard,” ujar dia. Pihaknya hanya menggunakan tenaga manusia, tanpa mesin dan warna alam juga tidak bisa cepat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Speaker HomePod milik Apple versi harga murah.

Rabu, 23 Mei 2018 - 14:19 WIB

Speaker HomePod Versi Murah Milik Apple Tengah Dipersiapkan

Apple Inc. saat ini tengah mempersiapkan HomePod baru dengan harga yang lebih terjangkau. HomePod versi murah milik Apple ini akan diberi nama Beats. Sebelumnya, HomePod Apple sedikit tertinggal…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 23 Mei 2018 - 14:15 WIB

BI: Kebutuhan Uang Tunai Lebaran Rp188,2 Triliun

Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi memperkirakan kebutuhan uang tunai selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 2018 mencapai Rp188,2 triliun secara nasional.

Ilustrasi Dana Haji

Rabu, 23 Mei 2018 - 14:15 WIB

23 Proyek Pembangunan Pakai Skema Pembiayaan Dana Haji

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengalokasikan dana Rp13 triliun untuk investasi proyek-proyek pembangunan di dalam negeri. Proyek tersebut akan difasilitasi Center for Private Investment…

Klappertaart (Foto : Galena)

Rabu, 23 Mei 2018 - 14:00 WIB

Ini Dia, Resep Klappertaart Kurma Hidangan Manis untuk Berbuka Puasa

INDUSTRY.co.id - Jakarta Klappertaart merupakan kue khas Manado, Sulawesi Utara, yang berbahan dasar tepung terigu, telur, dan susu. Biasanya klappertaart menjadi makan penutup hidangan. Rasanya…

Kabupaten Garut, Jawa Barat memiliki jumlah usaha mikro yang cukup banyak mencapai 53.431 unit. Omzet yang diperoleh usaha mikro tersebut hingga Rp1,79 triliun pada 2017 naik dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp1,56 triliun.

Rabu, 23 Mei 2018 - 13:51 WIB

Kinerja Usaha Mikro Kabupaten Garut Capai Rp 1,79 triliun

Kabupaten Garut, Jawa Barat memiliki jumlah usaha mikro yang cukup banyak mencapai 53.431 unit. Omzet yang diperoleh usaha mikro tersebut hingga Rp1,79 triliun pada 2017 naik dari tahun sebelumnya…