Asyfa Fuadi Rancang Busana Unik Perpaduan dari Tenun dan Denim

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 28 April 2018 - 10:37 WIB

Desainer muda, Raden Asyfa Fuadi berhasil menerima penghargaan Asosiasi Eksportir Handicraft Indonesia (Asephi) Emerging Award 2018.
Desainer muda, Raden Asyfa Fuadi berhasil menerima penghargaan Asosiasi Eksportir Handicraft Indonesia (Asephi) Emerging Award 2018.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Desainer muda, Raden Asyfa Fuadi berhasil  menerima penghargaan Asosiasi Eksportir Handicraft Indonesia (Asephi) Emerging Award 2018. Dirinya menginginkan membangkitkan kain tradisional menjadi item fesyen yang tak kalah saing dengan karya desainer internasional. Salah satu kain tradisional yang selalu digunakannya adalah tenun.

Ia mengatakan, pihaknya berusaha memproduksi kain tenun yang bisa dipakai anak muda generasi sekarang dan generasi masa depan, tanpa ada kesan klasik.

“Sayang sekali kalau kain tenun akan punah. Karena biasanya kain tenun dipakai orang-orang yang sudah berumur dan acara tertentu saja,"papar dia

Asyfa mengatakan pihaknya menciptakan tenun untuk kebutuhan denim, kanvas celana, jaket  dan kemeja, dengan desain simple dan warna alam sehingga tidak mencemari lingkungan. Pihaknya juga memperhatikan generasi penenun dengan melatih anak-anak yang putus sekolah menenun.

“Dalam sebulan kita bisa berproduksi hingga 500-800 yard,” ujar dia. Pihaknya hanya menggunakan tenaga manusia, tanpa mesin dan warna alam juga tidak bisa cepat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Berhenti Merokok (ist)

Minggu, 27 Mei 2018 - 07:00 WIB

Jadikan Bulan Ramadhan Momentum Berhenti Merokok

Kementerian Kesehatan menyarankan agar bulan suci Ramadhan menjadi momentum untuk berhenti merokok dengan adanya ibadah puasa dan dilanjutkan tidak merokok di bulan-bulan berikutnya.

 Haji DKI

Minggu, 27 Mei 2018 - 06:00 WIB

Pelunasan BPIH Tahap II Ditutup

Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2018 tahap II ditutup pada Jumat sore (25/5/2018) dan masih menyisakan kuota 943 porsi sehingga sisa itu akan diisi jamaah cadangan.

Mensos Idrus Marham (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 27 Mei 2018 - 05:30 WIB

Mensos Idrus Borong Kaus Buatan Penderita HIV Sukabumi

Menteri Sosial Idrus Marham memborong 500 kaus buatan penderita HIV yang direhabilitasi di Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV (ODHIV) Kahuripan Sukabumi, Jawa Barat.

Mensos Idrus Marham dan Dirjen Rehabilitasi Sosial Edi Suharto dan Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Rachmat Koesnadi

Minggu, 27 Mei 2018 - 05:00 WIB

Mensos Idrus Ajak Masyarakat Terima Penderita Gangguan Jiwa

Menteri Sosial Idrus Marham mengajak masyarakat untuk menerima Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dalam keluarga sehingga tidak ada kasus pemasungan.

Asosiasi Wartawan Korea (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 22:37 WIB

Wartawan Negeri K-Pop Kunjungi Pulau Bali

Presiden Asosiasi Wartawan Korea Jung Kyu Sung disertai sembilan orang wartawan Korea Selatan saat ini tengah berada di Pulau Dewata. Selama tujuh hari, 24-31 Mei, para wartawan negeri K-Pop…