Asyfa Fuadi Rancang Busana Unik Perpaduan dari Tenun dan Denim

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 28 April 2018 - 10:37 WIB

Desainer muda, Raden Asyfa Fuadi berhasil menerima penghargaan Asosiasi Eksportir Handicraft Indonesia (Asephi) Emerging Award 2018.
Desainer muda, Raden Asyfa Fuadi berhasil menerima penghargaan Asosiasi Eksportir Handicraft Indonesia (Asephi) Emerging Award 2018.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Desainer muda, Raden Asyfa Fuadi berhasil  menerima penghargaan Asosiasi Eksportir Handicraft Indonesia (Asephi) Emerging Award 2018. Dirinya menginginkan membangkitkan kain tradisional menjadi item fesyen yang tak kalah saing dengan karya desainer internasional. Salah satu kain tradisional yang selalu digunakannya adalah tenun.

Ia mengatakan, pihaknya berusaha memproduksi kain tenun yang bisa dipakai anak muda generasi sekarang dan generasi masa depan, tanpa ada kesan klasik.

“Sayang sekali kalau kain tenun akan punah. Karena biasanya kain tenun dipakai orang-orang yang sudah berumur dan acara tertentu saja,"papar dia

Asyfa mengatakan pihaknya menciptakan tenun untuk kebutuhan denim, kanvas celana, jaket  dan kemeja, dengan desain simple dan warna alam sehingga tidak mencemari lingkungan. Pihaknya juga memperhatikan generasi penenun dengan melatih anak-anak yang putus sekolah menenun.

“Dalam sebulan kita bisa berproduksi hingga 500-800 yard,” ujar dia. Pihaknya hanya menggunakan tenaga manusia, tanpa mesin dan warna alam juga tidak bisa cepat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tokocrypto Tawarkan Keunggulan Ekosistem Blockchain yang Terintegrasi (Foto Kormen)

Jumat, 16 November 2018 - 13:27 WIB

Tokocrypto Gandeng Infonesia Sebagai Sarana Edukasi Publik Terkait Blockchain dan Aset Kripto

Salah satu platform jual beli aset kripto, Tokocrypto menggandeng aplikasi sosial media baru produk anak bangsa, Infonesia, sebagai salah satu saluran resmi untuk mengedukasi publik.

Tiga artis senior, Ratna Riantiarno, Ninikl Karim dan Widyawati beradu akting dalam film "Mama Mama Jagoan" (Foto Amz)

Jumat, 16 November 2018 - 12:00 WIB

Tiga Aktris Wanita Senior Masuk Penjara di Film 'Mama-Mama Jagoan'

Sungguh suatu keberanian luar biasa dari produser film pendatang baru Buddy-buddy Pictures ketika meluncurkan film terbaru bergene komedi berjudul Mama-mama Jagoan. Film yang digarap oleh sutradara…

Monumen Kapsul Waktu

Jumat, 16 November 2018 - 12:00 WIB

Hari ini Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke

Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua, yang menyimpan Impian Indonesia 2015-2085, telah rampung dibangun. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan meresmikan monumen seluas 2,5 ha tersebut pada…

Dirut BRI Suprajarto Dinobatkan Sebagai Tokoh Profesional Terbaik (Rizki Meirino)

Jumat, 16 November 2018 - 11:53 WIB

Dirut BRI Suprajarto Dinobatkan Sebagai Tokoh Profesional Terbaik

Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Suprajarto dinobatkan sebagai sebagai Tokoh Profesional terbaik dalam acara Indonesia Awards 2018 yang digelar di Jakarta, Kamis (15/11). Sosok Suprajarto…

Bendungan Logung Kudus

Jumat, 16 November 2018 - 11:34 WIB

Pembangunan Rampung, Bendungan Logung Kudus Akan Tingkatkan Suplai Air Untuk Lahan Pertanian

Pembangunan Bendungan Logung di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah saat ini telah rampung dan siap diisi air atau impounding pada akhir November 2018.