Tingkatkan Industri Logistik, Realisasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dipercepat

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 28 April 2018 - 11:15 WIB

Ilustrasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Ilustrasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah masih terus mengupayakan agar proyek kereta cepat Jakarta-Bandung terealisasi meski belum mengalami perkembangan signifikan sejak ditetapkan sebagai Proyek Startegis Nasional (PSN) sejak 2016.

Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo dalam Forum Merdeka Barat bertajuk "Progres Proyek Startegis Nasional 2018" di Jakarta, Jumat (27/4/2018) mengatakan sejauh ini status proyek tersebut memang dipertahankan.

"Kita masih upaya terus masalah tanah sama teman-teman BPN (Badan Pertanahan Nasional) untuk membereskan masalah tanah," katanya.

Meski masih mengalami kendala lantaran progres pembebasan lahan yang tak kunjung rampung, Wahyu mengatakan pemerintah masih optimis proyek itu bisa terealisasi walaupun mundur dari target awal beroperasi yang semula 2019 menjadi 2020.

"Saya lihat sih kita masih optimis karena ini sudah perintah juga dan menurut saya ini strategis untuk menyiapkan metropolitan Jakarta dan Bandung," katanya.

Pembangunan transportasi massal itu, menurut Wahyu, juga wajar dibangun sama halnya dengan di negara-negara lain. Belum lagi kebutuhan akan transportasi berbasis rel kini semakin tinggi terutama di wilayah perkotaan.

Ada empat kriteria utama agar proyek tetap bisa tetap menyandang status sebagai PSN sehingga mendapatkan fasilitas percepatan dari pemerintah.

Kriteria pertama adalah sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional atau Rencana Startegis, sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) atau diatur khusus dalam payung hukum Peraturan Pemerintah atau Peraturan Presiden.

Proyek juga harus memenuhi kriteria berperan strategis, juga selaras dengan berbagai sektor infrastruktur.

Kriteria lainnya, yakni harus dimulai paling lambat sebelum kuartal ketiga 2019 atau setidaknya mencapai Financial Close sebelum kuartal ketiga 2019; khusus sektor migas dan industri pesawat, persetujuan Plan of Development (PoD) paling lambat pada kuartal ketiga 2019; proyek jiga harus memiliki studi kelayakan berkualitas; dan bernilai di atas Rp100 miliar.

Kriteria terakhir yakni proyek harus memiliki Penanggung Jawab Proyek yang jelas dan kementerian terkait memiliki komitmen dalam menjalankan proyek (dalam bentuk rencana aksi dan jadwal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…