Mantan Ketua DPR Setnov Mengaku Hilang Kesadaran Saat Kecelakaan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 27 April 2018 - 23:58 WIB

Setya Novanto Mantan Ketua DPR RI (Foto Ist)
Setya Novanto Mantan Ketua DPR RI (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua DPR Setya Novanto mengaku dirinya langsung kehilangan kesadaran saat terjadi kecelakaan mobil pada 16 November 2017.

"Saat itu di daerah Permata Hijau menuju ke Metro TV, kalau tidak salah waktu Hilman (Mattauch) mengatakan 10 menit lagi sampai, jadi 'ngebut', tahu-tahu menabrak. Saya tidak tahu kebentur sana, kebentur sini, meletek, sudah hilang saja," kata Setya Novanto dalam sidang di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jumat (27/4/2018)

Novanto menjadi saksi untuk terdakwa dokter RS Medika Permata Hijau Bimanesh Sutarjo yang didakwa bekerja sama dengan advokat Fredrich Yunadi untuk menghindarkan Ketua DPR Setya Novanto diperiksa dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi KTP-Elektronik.

"Lalu saya sudah di RS, di kamar sudah pakai baju biru dan udah pakai itu semua, saya tidak sadar sampai dokter Bimanesh mengenalkan diri," ungkap Novanto.

Novanto pada 16 November 2018 itu awalnya pada pukul 18.30 WIB direncanakan melakukan wawancara secara langsung di Metro TV.

Ia pun berangkat bersama dengan Hilman Mattauch, yang saat itu adalah wartawan Metro TV dan bekas koordinator wartawan DPR.

Namun dalam perjalanan karena Hilman bolak-balik menelepon sambil mengemudi, mobil Toyota Fortuner milik mantan wartawan Metro TV ini pun menabrak tiang penerangan jalan.

"Saat mobil berjalan itu ada wawancara lewat telepon, mungkin 2-3 menit tapi 'live'. Dia (Hilman) kasih 'handhone'-nya sambil menyetir, lalu kasih ke saya dan saya bicara. Dia beberapa nengok ke saya tapi sambil ngebut," jelas Novanto.

"Kalau ngebut kira-kira berapa kecepatannya?" tanya ketua majelis hakim Mahfudin.

"Saya tidak ingat ya, suasana hujan dan dia ngebut, tahu-tahu begitu lihat ada jalan, harusnya ke kiri kayaknya ada batu besar di tengahnya dia menghindar, tidak tahu saya sudah hilang saja," ungkap Setnov.

"Katanya Hilman saat wawancara berhenti baru jalan lagi, kemudian berhenti, jalan dan kecepatannya juga tidak terlalu cepat karena jalannya kecil?" tanya hakim Mahfudin.

"Mohon maaf yang mulia saya tidak begitu ingat yang jelas waktu itu karena saat menelepon juga saya berpkir harus bertemu ketemu DPD I lalu ke KPK terus juga ke pers, saya sedang berpikir mau bicara apa di Metro TV, apakah mobil berhenti atau tidak yang tahu Hilman, yang jelas mobilnya pelan," jelas Setnov.

"Kok keteranganya beda dengan Hilman?" tanya hakim lagi.

"Mungkin Pak Hilman yang benar, saat itu saya sedang bicara 'live' tapi saya gak tau suasananya," jawab Setnov.

"Posisi Hilman bagaimana bisa menabrak?" tanya hakim Mahfudin.

"Saat nabrak itu setelah bicara 'live' 3-4 menit, yang jelas cukup intensif, setelah itu handphone saya serahkan ke Hilman, 'Man hati-hati' dia jawab 'Sudah tenang saja bos pokoknya kita sampai cepat'. Berkali-kali Metro TV menelepon karena ingin saya cepat sampai di sana," ungkap Setnov.

"Yang ditabrak apa?" tanya Mahfudin, seperti dilansir Antara.

"Tidak tahu, tiba-tiba saja gubrak, saya pingsan, entah menabrak pohon atau jembatan tidak tahu apa, gubrak begitu, lalu ada benturan di kepala, benturan di badan saya sebelah kiri, di sini kena," jawab Setnov sambil menunjuk jidatnya.

Novanto juga mengaku sempat membentur kaca samping mobil.

"Yang jelas kencengnya bukan main, jadi saya 'dhuar' karena begitu cepatnya, sempat 'nyusruk' ke depan lalu ke samping dan tahu-tahu saya sudah hilang saja," tambah Novanto.

"Pas menabrak tahu persis apakaha mobil terbalik atau oleng saja?" tanya hakim.

"Saya tahu menabrak, seperti terbalik tapi jelasnya tidak tahu, hahaha," kata Novanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…